Srikandi Kota Ale – Ale Ketapang Merintis di Dunia Akademis dan Pecinta Sastra

- Wartawan

Rabu, 10 Juli 2024 - 12:32 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA – KETAPANG, Orang hebat tidak dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan, atau kenyamanan. Mereka dibentuk melalui kesukaran, tantangan dan air mata.

Siapa yang pernah menyangka nak dare (bahasa daerah untuk anak perempuan) ketapang, bisa meraih mimpi dan cita-cita nya yang begitu luar biasa, menjadi Dosen, penulis, sekretaris Asosiasi Dosem Republik Indonesia (ADRI) wilayah pontianak, dll.

IMG 20240709 WA0030 1 Srikandi Kota Ale - Ale Ketapang Merintis di Dunia Akademis dan Pecinta Sastra Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto yuyun safitri dan teman.

Siapa orang itu, mari kita simak penelusuran Media Suara Utama lewat wawancara khusus di bawah ini.

Dialah Yuyun Safitri dengan sapaan akrab nya Yuyun, wanita kelahiran 28 Oktober 1974 tepatnya di kelurahan Mulia Baru Ketapang Kalimantan Barat.

Setelah selesai SMA 1992 saudari Yuyun Melanjutkan pendidikan di Pontianak hingga kini berkarir di Pontianak sebagai Dosen di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, tepatnya di program studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

IMG 20240709 WA0035 Srikandi Kota Ale - Ale Ketapang Merintis di Dunia Akademis dan Pecinta Sastra Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto saat di ruang kerja universitas PGRI.

” memulai karir sebagai dosen sejak tahun 2005 kata Yuyun”.
Selain Dosen di IKIP PGRI PONTIANAK jelas Yuyun kembali “Aku juga mendapatkan tugas tambahan sebagai Kepala Humas, Publikasi, Dokumentasi, dan Protokoler di universitas PGRI Pontianak,

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Srikandi Kota Ale - Ale Ketapang Merintis di Dunia Akademis dan Pecinta Sastra Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

IMG 20240709 WA0029 1 Srikandi Kota Ale - Ale Ketapang Merintis di Dunia Akademis dan Pecinta Sastra Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto bersama wisudawati tahun 2023

Dan ketika di tanya seberapa berat tantangan tugas tambahan itu dan kiat menghadapinya? Yuyun menjelaskan “dalam menjalankan tugas tambahan ini , seperti kawan-kawan lain, jelas nya “setiap tanggung jawab yang kita emban akan memiliki ritme dan dinamikanya masing-masing.

” Sebagai dosen aku sudah menjalani selama 19 tahun dan aku selalu mencoba mengembangkan diri sebagai penunjang karirku. Kata Yuyun.

Sambung Yuyun kembali ” Aku Pernah menjadi sekretaris umum Asosiasi Dosen Republik Indonesia (ADRI) wilayah Kalbar, Ketua Asosiasi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. tentu nya tugas tambahan dan tugas utama tersebut akan terselesaikan sesuai ritme dan dinamika nya.

IMG 20240709 WA0031 Srikandi Kota Ale - Ale Ketapang Merintis di Dunia Akademis dan Pecinta Sastra Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto saat diskusi dengan para dosen

Ketika ditanya selain menjadi dosen apakah punya hobi atau kegiatan lainya? Yuyun dengan penuh semangat menjelaskan.

” banyak hal menarik yang aku lalui sehubungan dengan karir dan hobiku.
Kebetulan aku sangat menyukai dunia seni dan sastra mungkin ini warisan yang bakat dari Ayahku yang juga pecinta seni,

Jelas Yuyun kembali ” saat masih hidup almarhum sempat menghadiahkan Ketapang sebuah lagu daerah berjudul “Tembang Sungai Pawan”. Beliau adalah Haji Herkan Effendi yang mengalirkan sedikit darah seninya untuk ku.

” tetapi seni sastra ku berbeda dengan Ayahku, aku lebih kepada membaca dan menulis di bidang tersebut seperti membaca puisi, menulis puisi, menulis cerpen dan buku-buku non-fiksi serta artikel di jurnal ilmiah luar dan dalam negeri sebagai penunjang karirku di dunia pendidikan.

Tulis-menulis bagiku hal yang tidak bisa terpisahkan dari keseharian yang aku lalui, seperti pemberitaan yang sifatnya menginformasikan perihal kampus tempatku bekerja.

IKIP PGRI Pontianak yang kini sudah berubah status menjadi Universitas PGRI Pontianak
tambah Yuyun lagi ” Universitas PGRI ini lah yang banyak berkontribusi dalam karirku.

Dalam dunia tulis menulis baik fiksi ataupun nonfiksi Yuyu mengatakan juga sering berdiskusi dengan teman-teman pegiat literasi khususnya di Pontianak dan Kubu Raya .
karena domisilinya sekarang di Pontianak dengan tujuan berbagi ilmu dan mencari ilmu tentunya,

karena Yuyun berprinsif ilmu bermanfaat bisa diperoleh dari mana pun dan oleh siapa pun, sedangkan berbagi ilmu bermanfaat adalah sebuah keharusan.

Sehubungan dengan kecintaannya di dunia sastra Jurnalis Suara utama menanyakan karya apa saja yang sudah pernah di tulis?

dengan agak merendah Yuyun mengatakan “
Karya-karya buku yang ditulis belum begitu banyak karena aku berasal dari Ketapang Kalimantan Barat aku pernah menulis buku dengan penelitian yang berjudul “Nilai Budaya dalam Cerita Lisan Beliung Betuah”.

BACA JUGA :  Pondok Pesantren Al Aziz Membangun Masyarakat Melalui Moderasi Beragama
IMG 20240709 WA0018 Srikandi Kota Ale - Ale Ketapang Merintis di Dunia Akademis dan Pecinta Sastra Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Gambar salah satu karya sastra.

Kata Yuyun kembali “
Buku ini sangat banyak memberiku wawasan tentang adat budaya daerah dalam tradisi lisan dan seni.

Karya fiksiku antara lain buku Kumpulan Puisi berjudul “Testimoni Kejora Menembus Lapisan Langit Ke-7” ini juga menarik karena sempat terjadi kontroversi berkaitan judul, tapi Alhamdulillah sebuah karya yang bernilai pasti ada pro dan kontranya.

IMG 20240709 WA0017 Srikandi Kota Ale - Ale Ketapang Merintis di Dunia Akademis dan Pecinta Sastra Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Gambar Salah satu karya fiksi.

Kemudian novelku yang belum rilis adalah berjudul “Cemburu pun Aku Dilarang”

Oh iya kata Yuyun mengingat satu hal”
Sebagai Dosen Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni kami berkewajiban menulis artikel di jurnal-Jurnal ilmiah baik di dalam negeri mau pun luar negeri beberapa tulisan terbit di skala internasional, dan masih banyak yang terbit di jurnal-jurnal nasional.

menutup wawancara khusus ini ada beberapa pesan dan Quote dari yuyun.
” berrkecimpung di dunia akademisi dan dunia pendidikan banyak mengajarkan aku tentang bermasyarakat baik di lingkungan kampus, sekolah, dan masyarakat umum.

sambil di iringi senyum nya Yuyun kembali memgatakan “
Bagi ku bisa berkontribusi di dunia pendidikan hingga bisa berhubungan langsung dengan calon-calon pendidik di negeri ini, mewujudkan impianku menjadi mahluk yang bermanfaat bagi orang lain apalagi bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Quote favorit ku
Tak pernah ada individu yang ingin memburukkan dirinya sendiri kecuali dalam kondisi tidak baik-baik saja, maka jangan pernah merendahkan orang-orang yang dalam kesusahan.

Nah Jurnalis Suara Utama mengingtkan untuk bisa sukses, kamu harus memiliki kemauan sukses yang lebih besar daripada ketakutan untuk gagal.”

Berita Terkait

Parkir Liar di Purbalingga Semakin Merajalela
Ditahun 2024, Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya Kembali Mendapat DAK Fisik Senilai 71,8 Miliar Untuk Tiga Sub Bidang, Berikut Rinciannya!!!
Bersumber Dari DAK Fisik 2024, SMP Negeri 2 Cigalontang Rehab 6 RKB, 1 Laboratorium, 1 Jamban Dan Bangun Laboratorium TIK, Ini Harapannya!!!
Chandra Foetra ; Menikahkan Anak Dibawah Umur Dengan Alasan Apapun Bukan Solusi, Ini Hukumnya!!!
Dosen PAI Harus Menjadi Ruh Masjid Kampus: Mengokohkan Peran dalam Pembangunan Peradaban
Naila Aqilah Azzahra (Duta Green Youth Movement BPHL 2024 dari SMAIT Bina Ilmi Palembang) : Kami Menjadi Lebih Menghargai Lingkungan
Mahasiswa Boston University Selesaikan Program Magang JPP Di DPD PWRI Jabar
Mahasiswa Wirausaha Pemenang Hibah P2MW 2024 Ikuti Pelatihan Manajemen Bisnis
Berita ini 146 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 19:08 WIB

Parkir Liar di Purbalingga Semakin Merajalela

Senin, 22 Juli 2024 - 18:44 WIB

Ditahun 2024, Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya Kembali Mendapat DAK Fisik Senilai 71,8 Miliar Untuk Tiga Sub Bidang, Berikut Rinciannya!!!

Senin, 22 Juli 2024 - 12:53 WIB

Bersumber Dari DAK Fisik 2024, SMP Negeri 2 Cigalontang Rehab 6 RKB, 1 Laboratorium, 1 Jamban Dan Bangun Laboratorium TIK, Ini Harapannya!!!

Minggu, 21 Juli 2024 - 22:59 WIB

Chandra Foetra ; Menikahkan Anak Dibawah Umur Dengan Alasan Apapun Bukan Solusi, Ini Hukumnya!!!

Minggu, 21 Juli 2024 - 19:42 WIB

Dosen PAI Harus Menjadi Ruh Masjid Kampus: Mengokohkan Peran dalam Pembangunan Peradaban

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:59 WIB

Naila Aqilah Azzahra (Duta Green Youth Movement BPHL 2024 dari SMAIT Bina Ilmi Palembang) : Kami Menjadi Lebih Menghargai Lingkungan

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:22 WIB

Mahasiswa Boston University Selesaikan Program Magang JPP Di DPD PWRI Jabar

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:36 WIB

Mahasiswa Wirausaha Pemenang Hibah P2MW 2024 Ikuti Pelatihan Manajemen Bisnis

Berita Terbaru

MOU Lazismu dan Kemenag

Berita Utama

Reformulasi Pelatihan Keagamaan, Kemenag dan Lazismu Tandatangani MoU

Selasa, 23 Jul 2024 - 11:54 WIB

Parkir Liar di Purbalingga -
suarautama.id 22/7

Liputan Khusus

Parkir Liar di Purbalingga Semakin Merajalela

Senin, 22 Jul 2024 - 19:08 WIB