banner 728x250

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Adakan Seminar Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bekerjasama Dengan Fakultas Syariah dan Hukum Institut Parahikma Indonesia

mbkmfoto Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Adakan Seminar Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bekerjasama Dengan Fakultas Syariah dan Hukum Institut Parahikma Indonesia Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
170 Kali Dibaca

mbkmfoto1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Adakan Seminar Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bekerjasama Dengan Fakultas Syariah dan Hukum Institut Parahikma Indonesia Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SUARA UTAMA, GOWA – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan bekerjasama dengan Fakultas Syariah dan Hukum Institut Parahikma Indonesia mengadakan Seminar MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang bertema “aktualisasi program MBKM di PTKIS yang progresif dan kompetitif”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa, 05 Juli 2022 yang bertempat di Aula Gedung B lantai 2. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Mansyur, S.Pd.I.,M.Pd.I. seminar ini dihadiri oleh seluruh pejabat struktural dari kedua fakultas mulai dari dekan, wakil dekan, ketua prodi, sekretaris prodi beserta staff hingga beberapa mahasiswa. Selasa, (05/07/2022)


Pada sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menyampaikan bahwa pada prakteknya Institut Parahikma Indonesia telah melaksanakan program MBKM ini namun belum terlalu efektif “ini juga menjadi penyampaian bagi kita semua bahwa di Institut Parahikma Indonesia ini sebenarnya telah menjalankan MBKM namun belum tertata rapi baik secara kurikulum maupun administrasinya, sehingga harapan kami setelah seminar ini kita bisa mulai bergerak perlahan untuk merealisasikan program ini”.


Usai acara pembukaan, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi secara bergantian yang dipandu oleh moderator Musafir, M.H. yang diawali dengan pembacaan Curiculum Vitae singkat kedua pemateri.


Pada kesempatan ini selaku pemateri pertama yaitu Dr.Andi Hudiah, M.Pd. yang merupakan ex ketua program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dan merupakan dosen pendamping lapangan kampus mengajar 1 tahun 2021 dan DPL KM3 2022. Dalam paparannya di awal materi, Dr.Hudiah mengungkapkan kesannya yang mendalam atas kehadirannya dan sangat terharu ketika mendengar Hymne Institut Parahikma Indonesia yang dinyanyikan setelah Indonesia Raya.
Selanjutnya beliau menjelaskan terkait 8 BKP (bentuk kegiatan pembelajaran) mulai dari pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian/riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi independen, dan kegiatan membangun desa.


“terimakasih kepada Institut Parahikma Indonesia yang telah mengundang saya untuk berbagi ilmu dan sharing terkait penerapan MBKM ini, jujur saya sangat terharu mendengar Hymne Institut Parahikma Indonesia”.


Setelah pemaparan materi oleh Dr.Hudiah, seminar dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Professor Dr Muhammad Yaumi, M.Hum.,M.A. beliau merupakan Guru Besar UIN Alauddin Makassar dan Juga menjabat sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IPI Gowa. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan beberapa poin yang menjadi kesamaan dan perbedaan diantara landasan hukum MBKM terkhusus bagi peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama kemudian dilanjutkan dengan pemaparan 8 bentuk BKP yang lebih spesifik dilakukan oleh IPI kemudian ditutup dengan menyajikan contoh-contoh kegiatan.


“pertama saya mengucapkan terimakasih kepada Ibu Dr.Andi Hudiah, M.Pd. yang telah menyempatkan hadir bersama kami di Institut Parahikma Indonesia, selanjutnya saya tidak akan menjelaskan lebih luas karena telah dijelaskan oleh pemateri sebelumnya, yang perlu saya jelaskan adalah realisasi kedalamnya di IPI ini sehingga seluruh fakultas mampu melaksanakan program MBKM ini terlebih lagi kita memiliki 3 program unggulan yang mampu menarik banyak mahasiswa untuk bertukar dan belajar dikampus kita ini”.


Turut hadir dalam kesempatan ini Wakil Rektor II dan Wakil Rektor III beserta seluruh pejabat structural beserta dosen dan staff dalam lingkup IPI Gowa. kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan sertifikat beserta kenang-kenangan dari panitia kepada seluruh pemateri.

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90