SUARA UTAMA, NGAWI – Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui di Kelompok A TKIT Taruna Sakinah Kota Surabaya Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023
Bu Rorik Widiyanti sedang mempraktekan – Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui di Kelompok A TKIT Taruna Sakinah Kota Surabaya Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Foto & Gambar: Dokumentasi Pribadi Bu Rorik Widiyanti
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Guru yang Profesional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan mutu Pendidikan yang ada di sekolah, kemampuan guru selalu diperbaharui melalui pengembangan keprofesian , tidak hanya dengan melalui pengembangan keprofesian guru yang professional tetapi juga melakukan penelitian Tindakan kelas yang ada di sekolah. Kompetensi yang dituntut dari guru profesional adalah memiliki kebiasaan dan kemampuan ilmiah dalam merancang, melaksanakan, menemukan kekuatan dan kelemahan dalam kegiatan pengembangan, serta memanfaatkannya untuk perbaikan kegiatan selanjutnya.
Anak usia dini (AUD) adalah periode perkembangan yang berbeda, karena proses perkembangan ini bertepatan dengan masa keemasan (masa sensitif). Masa emas merupakan masa yang paling tepat untuk membekali anak dengan bekal yang kuat agar dapat memaksimalkan potensi kecerdasan anak secara maksimal yang mencakup enam komponen perkembangan anak, termasuk perkembangan kecerdasan fisik motorik kasar dan halus, serta perkembangan kecerdasan kognitif, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional sosial, kecerdasan bahasa dan komunikasinya, dan tahap perkembangan serta kebutuhannya pada masa kanak-kanak.
Pengertian bahasa merupakan proses yang mencakup komunikasi dua arah dan kemampuan memahami bahasa lawan bicara sesuai tahapan anak usia dini. Keterampilan Bahasa ini sangat berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pola pikir anak, karena meliputin kemmpuanm menyimak, berbicara, dan menulis.
Permasalahan yang sering kali terjadi pada anak-anak berusia lima hingga enam tahun dapat mengenal dan membaca kata seringkali masih kesulitan pada saat pembelajaran berlangsung saat guru memanggil anak untuk menyebutkan kata mereka masih banyak yang kebingungan.
Berdasarkan masalah di atas, ada beberapa penyebab rendahnya kemampuan bahasa anak berusia lima hingga enam tahun di TKIT Taruna Sakinah Sawahan yakni dikarenakan minimnya media atau sumber belajar yang disajikan oleh guru sehingga anak kurang tertarik dan membosankan, misalnya guru menyuruh anak untuk membaca kata dipapan tulis ditemukan dari sepuluh anak dikelompak B Hanya dua anak yang mengikuti perkembangan yang diharapkan. dan yang delapan anak lainnya mereka masih meraba-raba saat menjawab.
Untuk memperbaiki permasalahan pembelajaran diatas maka saya sebagai penulis mengangkat judul penelitian tindakan kelas ( PTK) ini yaitu “peningkatan kemampuan bahasa anak melalui media kartu Baca di kelompok A di TKIT Taruna Sakinah Sawahan, Surabaya Jawa Timur”.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak-anak kelompok A dalam mengenal kata melalui media kartu baca di TKIT Taruna Sakinah Sawahan.
Hasil penelitian Tindakan kelas ini data perbaikan pembelajaran anak kelompok A semester II Tahun Pelajaran 2020-2021 di TKIT Taruna Sakinah Surabaya dapat peneliti simpulkan sebagai berikut :
- Penerapan metode pemberian tugas dengan menyebutkan kata meningkatkan kemampuan bahasa anak di TKIT taruna Sakinah Sawahan, Ini terlihat dari jumlah anak yang mampu menyelesaikan tugas meningkat yang pada kondisi awal dari 2 menjadi 10 anak yang dapat mencapai keberhasilan.
- Aktivitas anak melalui media kartu Baca dengan kegiatan bermain tebak Kata meningkatkan keterampilan bahasa nanak dalam menyebutkan lima kata .
- Hasil peningkatan kemampuan bahasa anak dengan media kartu huruf melalui permainan menebak kata TKIT taruna Sakinah Sawahan pada kelompok B berkembang sangat baik.
Kondisi awal kemampuan anak hanya 20% ( 2 anak)
Siklus 1 kemampuan anak mencapai 60% (6 anak)
Siklus 2 kemampuan anak meningkat menjadi 100% ( 10 anak)
Dan Pada kegiatan Refleksi penelitian Tindakan kelas ini saya merasakan adanya masalah dan kekurangan yang muncul pada saat melakukan penelitian tndakan kelas sebagai berikut :
- Strategi mengajar guru yang membosankan
- Kurangnya media atau sumber belajar yang unik dan menarik belajar anak.
- Kosakata anak yang masih kurang
- Pendidik kurang memahami karakteristik kemampuan bahasa anak
- Fasilitas yang kurang memadai.
Penyelesaian permasalahan yang terjadi Dari masalah-masalah yang teridentifikasi, terutama pada anak-anak berusia 4- 5 tahun di TKIT Taruna Sakinah Sawahan pada kemampuan bahasa mengenal kata melalui media kartu baca. Adapun, harapan dari adanya media kartu baca ini dengan sasaran anak senang, tertarik serta antusias dalam proses pembelajaran sehingga mereka dapat tertanam dengan baik di memori mereka sehingga proses pembelajaran berjalan secara optimal.
Sam Foundation adakan Diklat Kupas Tuntas dan kiat-kiat menghadapi Soal Pre Test PPG 2023
Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya
Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)
Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama[/caption]