Apakah Yang Dimaksud Dengan TPK Desa, Ini Definisi dan Tugasnya

- Jurnalis

Selasa, 30 April 2024 - 12:58 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA, TPK adalah istilah yang banyak digunakan dalam instansi pemerintahan. Lantas, apakah yang dimaksud dengan TPK?

TPK merupakan dari singkatan Tim Pelaksana Kegiatan. Dalam suatu instansi atau lembaga, TPK bertugas membantu kepala seksi atau kepala bidang lainnya dalam melaksanakan tugasnya.

Untuk memahami lebih lanjut apa yang dimaksud dengan TPK dan apa saja fungsinya, simak penjelasannya di bawah ini.

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Apakah Yang Dimaksud Dengan TPK Desa, Ini Definisi dan Tugasnya Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

TPK merupakan tim yang dibentuk untuk membantu Kasi (Kepala Seksi) dan Kaur (Kepala Urusan) dalam pelaksanaan kegiatan pengadaan barang/jasa di desa, yang karena sifat dan jenisnya tidak dapat dilakukan sendiri oleh Kasi/Kaur.

Tugas dan fungsi TPK atau TPBJ (Tim Pengadaan Barang/Jasa) adalah untuk membantu melaksanakan tugas-tugas Kasi dan Kaur sesuai dengan bidang tugas mereka masing-masing.

BACA :  Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara: “Kemerdekaan Belajar” Pasca Pandemi Covid 19

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, yang menyebutkan bahwa Kaur dan Kasi dapat dibantu oleh TPK dalam melaksanakan kegiatan pengadaan barang/jasa.

TPK juga bertugas mengumumkan dan melaksanakan lelang untuk pengadaan melalui penyedia, memeriksa dan melaporkan hasil pengadaan kepada Kasi/Kaur.

Tugas pertama TPK adalah melaksanakan swakelola, yang mencakup pengelolaan dan pelaksanaan proses pengadaan barang/jasa oleh desa.

Dalam konteks pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa di tingkat desa, TPK memiliki tanggung jawab yang melibatkan serangkaian tugas penting, yakni:

1. Melaksanakan Swakelola

Tugas pertama TPK adalah melaksanakan swakelola, yang mencakup pengelolaan dan pelaksanaan proses pengadaan barang/jasa oleh desa. Hal ini termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan proses pengadaan dengan menggunakan sumber daya internal desa.

BACA :  Peningkatan Kemampuan Menjumlah Melalui Media Aneka Buah -  Buahan  di  Kelompok B TK Miftahul Ulum Tobaddung Bangkalan - Semester II Tahun Ajaran 2020/2021

2. Mengawasi Swakelola

Selain melaksanakan, TPK juga bertanggung jawab mengawasi proses swakelola. Pengawasan ini mencakup memastikan bahwa setiap tahap pengadaan dijalankan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta meminimalkan resiko pelanggaran atau ketidaksesuaian.

3. Mengumumkan Tender untuk Pengadaan melalui Penyedia

TPK bertanggung jawab mengumumkan tender atau pemberitahuan resmi mengenai kebutuhan barang/jasa kepada penyedia eksternal yang mungkin dapat memenuhi kebutuhan desa.

4. Memilih dan Menetapkan Penyedia

Setelah proses tender, TPK akan melakukan evaluasi terhadap penawaran dari penyedia yang berpotensi. Tugas selanjutnya adalah memilih dan menetapkan penyedia yang memenuhi kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan.

5. Mengawasi Pelaksanaan Pekerjaan oleh Penyedia

Setelah kontrak ditetapkan, TPK terlibat dalam pengawasan pelaksanaan pekerjaan oleh penyedia. TPK perlu memastikan bahwa proyek berjalan sesuai dengan jadwal, kualitas yang diharapkan, dan dalam batas biaya yang telah ditetapkan.

BACA :  Lestarikan kearifan Lokal, Siswa SMP YPPK St. Fransiskus Asisi Bilogai diwajibkan Memakai Noken pada Hari Batik

6. Memeriksa dan Melaporkan Pengerjaan Pengadaan kepada Kasi/Kaur

TPK juga bertanggung jawab untuk memeriksa dan melaporkan kemajuan pengerjaan pengadaan kepada Kasi (Kepala Seksi) atau Kaur (Kepala Urusan) yang relevan di tingkat Desa.

7. Mengumumkan Hasil Kegiatan dari Pengadaan melalui Swakelola

Setelah selesai, TPK mengumumkan hasil kegiatan pengadaan melalui swakelola kepada pihak terkait, seperti masyarakat Desa, untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana publik.

Secara keseluruhan, TPK adalah tim yang berperan penting dalam memastikan efisiensi dan efektivitas dari pengadaan barang/jasa di tingkat desa.

Berita Terkait

Rahasia Agar Wanita Cepat Basah Wanitanya
PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
IT Club ‘Pendek Film’ Raih Penghargaan Festival Kreativitas Gen Z Banten
Derita Pekerja Harian Lepas
Masalahmu, Itu Masalah Dia!
Keistimewaan Hari Jum’at sebagai Hari Suci untuk Muslimin
MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DENGAN KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN MEDIA DAUN KERING PADA ANAK TK AL HUDA KRIKILAN – MASARAN – SRAGEN
Pencegahan Penularan Virus Covid-19 Dengan Mengoptimalisasi Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Tk Islam Al Huda Krikilan – Masaran – Sragen
Berita ini 40 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 14 Mei 2024 - 20:18 WIB

Rahasia Agar Wanita Cepat Basah Wanitanya

Senin, 6 Mei 2024 - 17:38 WIB

PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Minggu, 5 Mei 2024 - 08:59 WIB

IT Club ‘Pendek Film’ Raih Penghargaan Festival Kreativitas Gen Z Banten

Minggu, 5 Mei 2024 - 07:20 WIB

Derita Pekerja Harian Lepas

Sabtu, 4 Mei 2024 - 22:18 WIB

Masalahmu, Itu Masalah Dia!

Jumat, 3 Mei 2024 - 13:47 WIB

Keistimewaan Hari Jum’at sebagai Hari Suci untuk Muslimin

Selasa, 30 April 2024 - 12:58 WIB

Apakah Yang Dimaksud Dengan TPK Desa, Ini Definisi dan Tugasnya

Kamis, 18 April 2024 - 07:41 WIB

MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DENGAN KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN MEDIA DAUN KERING PADA ANAK TK AL HUDA KRIKILAN – MASARAN – SRAGEN

Berita Terbaru

Pendidikan

Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?

Minggu, 19 Mei 2024 - 12:15 WIB