Panitia Nyepi Nasional 2024 dan Umat Hindu Kota Bekasi Gelar Bhoga Sevanam

- Jurnalis

Senin, 8 April 2024 - 11:59 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bhoga Sevanam Program Berbagi Panitia Nyepi Nasional 20204, Pemuda Hindu STT Yowana Bagasasi turun ke jalan berbagi takjil kepada para pemudik yang melintas di Jalan Kalimalang Bekasi, (07/04/2024). (Idewa Adiyadnya / Redaksi Suara Utama)

Bhoga Sevanam Program Berbagi Panitia Nyepi Nasional 20204, Pemuda Hindu STT Yowana Bagasasi turun ke jalan berbagi takjil kepada para pemudik yang melintas di Jalan Kalimalang Bekasi, (07/04/2024). (Idewa Adiyadnya / Redaksi Suara Utama)

SUARA UTAMA, Bekasi– Umat Hindu di Kota Bekasi turun ke jalan Jatiluhur Raya dan Jalan Kalimalang di depan Pura Agung Tirta Bhuana untuk berbagi 1000an paket takjil pada Minggu, 07/04/2024. Kegiatan berbagi makanan dan minuman yang dikoordinir Panitia Nyepi Nasional ini bertajuk BHOGA SEVANAM: Aksi Sosial Berbagi Makanan (Bhoga) Untuk Berbuka Puasa Sebagai Wujud Toleransi dan Kemanusiaan.

*/Dapatkan Kabar terbaru dan follow di Google News Berita SUARA UTAMA

Bhoga Sevanam ini dilaksanakan bersama-sama oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Bekasi, Panitia Nyepi Banjar Bekasi, Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI), Sekeha Teruna Teruni Yowana Bagasasi, dan organisasi keumatan Hindu lainnya.

Giat berbagi makanan pada Bulan Ramadhan, dilaksanakan mulai pukul 17.00 WIB- 18.00 WIB yaitu menjelang berbuka puasa. Kegiatan ini selain menyasar masyarakat yang kekurangan, juga pengendara yang melintas di depan Pura Agung Tirta Bhuana Tirta Bhuana Bekasi.

Saat diwawancarai oleh Jurnalis Suara Utama ID yaitu Idewa Adiyadnya, Ketua PHDI Kota Bekasi yaitu Letkol Purn. I Gusti Made Rudhita didampingi oleh I Ketut Sabar W dan Heny Hera selaku PIC Bhoga Sevanam Kota Bekasi. Ia mengungkapkan bahwa aksi ini merupakan rangkaian dari merayakan Hari Suci Nyepi. Digelar berbagai bentuk aksi kemanusiaan yang dikoordinasikan oleh Panitia Nyepi Nasional Saka 1946 Tahun 2024.

BACA JUGA: Liburan Paskah 2024, Ratusan Siswa Hindu Pasraman Tirta Bhuana Bekasi Kunjungi Pura di Banyuwangi

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Panitia Nyepi Nasional 2024 dan Umat Hindu Kota Bekasi Gelar Bhoga Sevanam Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Panitia Nyepi Nasional Tahun 2024 mengkoordinir organisasi umat Hindu seperti STT Yowana Bagasasi untuk gelar aksi sosial kemanusiaan Bhoga Sevanam di Bekasi, 07/04/2024
Panitia Nyepi Nasional Tahun 2024 mengkoordinir organisasi umat Hindu seperti STT Yowana Bagasasi untuk gelar aksi sosial kemanusiaan Bhoga Sevanam di Bekasi, 07/04/2024


Rudhita mengutarakan, pagi hari tadi digelar donor darah di Cijantung, dan sore harinya dilaksanakan aksi berbagi takjil. Bhoga Sevanam sore ini digelar serentak di seluruh Indonesia. Khusus di Kota Bekasi telah menjadi agenda rutin tahunan. Tahun 2024 ini merupakan tahun kedua, adapun makanan dan minuman serta takjil yang dibagikan sebanyak seribu paket, jumlahnya tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Bhoga sevanam atau melakukan pelayanan berbagi makanan merupakan wujud nyata mempererat persaudaraan antarumat beragama khususnya di Kota Bekasi, aksi mulia ini juga wujud implementasi nyata dari nilai-nilai luhur ajaran Hindu diantaranya adalah tentang “Tat Twam Asi” dan “Vasudaiva Kutumbakam”, ungkapnya.

BACA JUGA: Panitia Nyepi Nasional 2024 dan Yapindu Bersinergi Peduli Anak Yatim Piatu

Red and Yellow Modern Online Business Webinar Instagram Post 1 Panitia Nyepi Nasional 2024 dan Umat Hindu Kota Bekasi Gelar Bhoga Sevanam Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

Rudhita menjelaskan bahwa kata “Vasudaiva Kutumbakam”, yang artinya kita semua adalah bersaudara. Walaupun kita berbeda (agama), namun kita adalah bersaudara. Patut untuk saling menghargai dan saling berbagi.

BACA :  Lowongan Asisten Pribadi "Female Personal Assistant" di Yogyakarta
Umat Hindu di kabupaten Jepara Jawa Tengah menggelar giat Bhoga Sevanam berbagi ratusan takjil di depan Pura Dharma Loka, 07/04/2024
Umat Hindu di kabupaten Jepara Jawa Tengah menggelar giat Bhoga Sevanam berbagi ratusan takjil di depan Pura Dharma Loka, 07/04/2024

Ia juga menyambung penjelasannya mengenai ajaran Tat Twam Asi. Bahwa kata Tat artinya: itu (ia), Twam artinya: kamu, dan Asi artinya: adalah. Tat Twam Asi adalah kata-kata dalam filsafat Hindu yang mengedepankan aspek sosial tanpa batas, ”ia adalah kamu”, “saya adalah kamu”, segala makhluk adalah sama memiliki Atman yang bersumber dari Brahman.

“Menolong orang lain berarti menolong diri sendiri, menyakiti orang lain sama dengan menyakiti diri-sendiri, ini kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk kepedulian antar sesama manusia tanpa memandang apa pun latar belakangnya seperti melaksanakan bhoga sevanam pada hari ini”, pungkas Rudhita.

BACA JUGA: Serentak! 454 Siswa Hindu di Blitar Sukses -kan Pasraman Kilat

Pelaksanaan Bhoga Sevanam berbagi 1000 lebih paket makanan dan minuman di sekitar Pura Agung Tirta Bhuana Kota Bekasi, 07/04/2024
Pelaksanaan Bhoga Sevanam berbagi 1000 lebih paket makanan dan minuman di sekitar Pura Agung Tirta Bhuana Kota Bekasi, 07/04/2024

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Bidang Kesehatan dan Bhakti Sosial Panitia Nasional Nyepi Tahun Baru Saka 1946 yaitu drg. Nyoman Suarthanu hadir memantau giat bhoga sevanam di Kota Bekasi. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam lingkup nasional. Hingga saat dilaporkan telah dikumpulkan dan dibagikan sebanyak 12ribuan paket.

BACA :  Ibadah Syukur Mahasiswa dan rakyat Papua kota Manokwari tutup rangkaian kegiatan Penghormatan Terakhir bagi Almarhum Filep Karma

Suarthanu menambahkan bahwa kegiatan ini didukung penuh oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Suka Duka Hindu Dharma (SDHD) Banjar, Pengempon Pura, unsur Pemuda dan Remaja, serta dukungan penuh oleh seluruh Ormas Hindu tingkat nasional.

BACA JUGA: Sukses di Bekasi, Makerti Ayuning Segara Nasional Jelang Nyepi Saka 1946 Tahun 2024

Umat Hindu melakasanakan giat "Bhoga Sevanam" di Pura Dalem Prajapati Purna Pralina Kelapadua Depok., 07/04/2024.
Umat Hindu melakasanakan giat “Bhoga Sevanam” di depan Pura Dalem Prajapati Purna Pralina Kelapadua Depok., 07/04/2024.


Adapun komponen Ormas Hindu tersebut diantaranya adalah Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI), Prajaniti Indonesia, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia, Pandu Nusa, Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia (ICHI), Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia, Dosen Hindu Indonesia, Pinandita Sanggraha Nusantara, serta Majapahid Nusantara.

Sementara itu, berdasarkan keterangan tertulis dari Koordinator Aksi Bhoga Sevanam Nasional yaitu I Nyoman Gde Agus Asrama menyampaikan bahwa cakupan titik dan lokasi pelayanan Bhoga Sevanam secara serentak di Indonesia. Meliputi wilayah Jabodebabek, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali, NTB, hingga Papua.
Lebih lanjut, Nyoman Agus merinci untuk wilayah Jakarta meliputi: Pura Adidtya Jaya Rawamangun Jakarta Timur, Pura Chandra Praba Jelambar Jakarta Barat, Pura Dalem Purnajati Cilincing Jakarta Utara; Pura Agung Wira Satya Bhuana Tanah Abang Jakarta Pusat; Pura Amertajati Cinere Jakarta Selatan; Pura Agung Widya Mandala Lenteng Agung Jakarta Selatan; dan Pura Mustika Dharma Cijantung Jakarta Timur.

BACA JUGA: Melasti 2024, Umat Hindu Bersemangat Padati Pantai Ngobaran Gunungkidul DIY

Kegiatan Punia Bhoga Sewanam PHDI Provinsi Riau  di Pura Agung Jagatnatha Pekanbaru, 07/04/2024
Kegiatan Punia Bhoga Sevanam, PHDI Provinsi Riau berbagi makanan dan minuman jelang waktu Buka Puasa di Pura Agung Jagatnatha Pekanbaru, 07/04/2024

Untuk wilayah Bogor yaitu Pura Satya Loka Arcana, Ciangsana Kabupaten Bogor; Pura Giri Kusuma Kota Bogor; Pura Raditya Dharma Cibinong, Kabupaten Bogor; Pura Angkasa Amertha Dharma Jati Bogor, dan Kuil Hindu Siwa Gunung Putri Kabupaten Bogor.

Sedangkan titik pelaksanaan Bhoga Sevanam di daerah Jabodebabek lainnya meliputi Pura Agung Tirta Bhuana Kota Bekasi; Parahyangan Agung Jagatnatha Pasundan Sukatani Kabupaten Bekasi; Pura Parahyangan Jagat Guru BSD Tangerang Selatan Banten; Pura Agung Kertajaya Tangerang Banten; Pura Dalem Prajapati Purna Pralina Kelapa Dua Depok.

BACA JUGA: Siap Berlaga, Kontingen UDG Karanganyar Tahun 2024 Bersemangat

Ikatan Cendikiawan Hindu Indonesia (ICHI) NTB berpartisipasi dalam giat Bhoga Sevanam di Mataram, 07/04/2024.
Ikatan Cendikiawan Hindu Indonesia (ICHI) Nusa Tenggara Barat (NTB) berpartisipasi dalam giat Panitia Nasional Nyepi 2024 yaitu Bhoga Sevanam di Mataram, 07/04/2024.


Sementara untuk wilayah diluar Jabodebabek meliputi: Sekretariat Bersama PHDI dan organisasi Hindu Bandar Lampung, Pura Indraprasta Solo Jawa Tengah, Pura Prajapati Teuku Umar Denpasar, Pura Maospahit Tonja Denpasar Bali, Pura Meru Cakranegara Lombok NTB, Pura Agung Amertha Sari Jember Jawa Timur, dan 4 lokasi di wilayah Malang Raya Jawa Timur.

Titik aksi Bhoga Sevanam lainnya berada di Pura Agung Giri Jagat Natha Tarakan Kalimantan Utara, Pura Agung Jagat Natha Banjarmasin Kalimantan Selatan, Pura Wana Kertha Jagatnatha Palu Sulawesi Tengah, Sekretariat bersama PHDI Kolaka Sulawesi Tenggara, Pura Giri Natha Makasar Sulawesi Selatan.

BACA JUGA: BESOK! Ogoh-ogoh Viral Bertema Raksasa Tampil Hebohkan Jakarta, Ini Rutenya

Umat Hindu di Kabupaten Keerom, Papua menggelar aksi Bhoga Sevanam pada Minggu, 07/04/2024.
Umat Hindu di Kabupaten Keerom, Papua menggelar aksi Bhoga Sevanam di depan Pura Jagatnatha pada Minggu, 07/04/2024

Dilaksanakan juga di Pura Jagadnatha Kabupaten Keerom Papua, serta masih banyak titik giat bhoga sevanam oleh umat Hindu lainnya yang belum disebutkan di atas. (Dewa)

BACA :  Muhammdiyah Tetapkan 2 Mei 2022 Idul Fitri, Bagaimana dengan NU dan Pemerintah

AR Learning Center dan Suara Utama Akan Gelar Silaturahmi Nasional dan Halal Bi Halal di Kota Wisata Batu

Jalin Persaudaraan, AR Learning Center Akan Gelar Silaturahmi Nasional di Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur. FOTO : Dok. Internal/Mas Andre Hariyanto (SUARA UTAMA)

Berita Terkait

SMA 1 Muara Wis Terbakar, Kerugian Materialnya Tercatat Tinggi
Hendak Ke Museum Lampung Bus Rombongan Studi Tour MIN Pesisir Barat Terjun ke Jurang di Tanggamus
Hujan dan Angin Kencang Rusak Rumah Petambak Dipasana Lampung
LPKNI Gerudug Kantor Disperindagkop Merangin Imbas Gas LPG 3 Kg Langka
Pendiri Hidayatullah Ustadz Hasyim HS Wafat. Andre Hariyanto: Almarhum Guru Terbaik Saya Semasa Mondok
Hikmah dan Manfaat Ibadah Qurban Idul Adha 1445 H
Lautan manusia membanjiri Alun-alun Kota Kebumen
Iuran dan Kelas Rawat BPJS Kesehatan Berubah Mulai Juli 2025 dengan Penerapan Sistem KRIS
Berita ini 26 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 17:25 WIB

SMA 1 Muara Wis Terbakar, Kerugian Materialnya Tercatat Tinggi

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:12 WIB

Hendak Ke Museum Lampung Bus Rombongan Studi Tour MIN Pesisir Barat Terjun ke Jurang di Tanggamus

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:53 WIB

Hujan dan Angin Kencang Rusak Rumah Petambak Dipasana Lampung

Rabu, 22 Mei 2024 - 08:34 WIB

LPKNI Gerudug Kantor Disperindagkop Merangin Imbas Gas LPG 3 Kg Langka

Rabu, 22 Mei 2024 - 00:39 WIB

Pendiri Hidayatullah Ustadz Hasyim HS Wafat. Andre Hariyanto: Almarhum Guru Terbaik Saya Semasa Mondok

Senin, 20 Mei 2024 - 23:59 WIB

Hikmah dan Manfaat Ibadah Qurban Idul Adha 1445 H

Senin, 20 Mei 2024 - 12:16 WIB

Lautan manusia membanjiri Alun-alun Kota Kebumen

Senin, 20 Mei 2024 - 11:05 WIB

Iuran dan Kelas Rawat BPJS Kesehatan Berubah Mulai Juli 2025 dengan Penerapan Sistem KRIS

Berita Terbaru

Berita Utama

SMA 1 Muara Wis Terbakar, Kerugian Materialnya Tercatat Tinggi

Rabu, 22 Mei 2024 - 17:25 WIB