Menimbang Efisiensi Manajemen Wilayah: Analisis Kritis Wacana Pemekaran Jawa Barat

- Penulis

Selasa, 1 Juli 2025 - 22:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA – Antara Aspirasi Daerah dan Realitas Administratif

Wacana pemekaran wilayah Jawa Barat kembali mengemuka, didorong oleh kepadatan penduduk, ketimpangan pelayanan publik, dan harapan percepatan pembangunan daerah. Saat ini, Jawa Barat merupakan provinsi terpadat di Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 50 juta jiwa, menyumbang beban administratif dan pelayanan yang sangat besar bagi pemerintah provinsi.

Namun, urgensi pemekaran tidak bisa hanya didasarkan pada dorongan politik atau desakan elite daerah. Dibutuhkan pendekatan manajerial yang kritis dan kalkulatif untuk menilai apakah pemekaran benar-benar akan meningkatkan efisiensi tata kelola wilayah—atau justru membebani negara dengan anggaran baru yang tak sedikit.

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Menimbang Efisiensi Manajemen Wilayah: Analisis Kritis Wacana Pemekaran Jawa Barat Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Efisiensi Manajemen Wilayah: Teori dan Realitas

Secara teoritis, pemekaran wilayah dapat menjadi solusi manajerial untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, memperpendek rantai birokrasi, serta meningkatkan daya saing daerah. Namun dalam praktik, banyak pemekaran yang justru menghasilkan tumpang tindih kewenangan, inefisiensi anggaran, hingga memperluas ruang korupsi di daerah baru.

Studi Kementerian Dalam Negeri dan LIPI (2013–2017) menunjukkan bahwa lebih dari 70% daerah otonomi baru (DOB) pasca-reformasi belum menunjukkan kinerja yang signifikan dalam pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat. Artinya, pemekaran belum tentu membawa efisiensi jika tidak dibarengi dengan kesiapan manajemen, SDM, serta tata kelola fiskal yang kuat.

Beban Anggaran Negara: Pemekaran yang Mahal

Pemekaran wilayah membutuhkan biaya besar, terutama pada fase awal pembentukan daerah baru. Beberapa komponen anggaran yang harus ditanggung negara antara lain:

  • Pembangunan Infrastruktur Pemerintahan: Kantor bupati, gedung DPRD, kantor dinas, dan fasilitas publik.
  • Penggajian Aparatur Baru: Rekrutmen ASN baru dan alokasi gaji serta tunjangan dari APBN.
  • Transfer Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK): DOB berhak mendapat transfer fiskal, meskipun kontribusi PAD (pendapatan asli daerah) masih minim.
  • Biaya Transisi dan Administrasi: Mulai dari penyusunan regulasi, pemetaan wilayah, hingga proses pemilihan kepala daerah.

Menurut catatan Badan Keuangan Negara, pembentukan satu DOB membutuhkan anggaran minimal Rp200 miliar hingga Rp500 miliar dalam 5 tahun pertama. Jika Jawa Barat dimekarkan menjadi 3 wilayah baru (seperti wacana Provinsi Bogor Raya, Cirebon Raya, dan Bekasi Raya), potensi beban negara bisa mencapai lebih dari Rp1,5 triliun, belum termasuk biaya tahunan operasional.

BACA JUGA :  Penyerahan uang Kasus CPO oleh Jaksa Agung ke Menkeu RI: Momentum Pembentukan Pengelola Aset Korupsi Nasiomal?

Apakah Pemekaran Menjamin Pelayanan yang Lebih Baik?

Argumen utama pendukung pemekaran adalah pendekatan pelayanan kepada rakyat. Namun kenyataan di banyak DOB menunjukkan bahwa pelayanan publik tidak serta merta meningkat, bahkan banyak yang stagnan. Di sisi lain, pemekaran sering kali menjadi alat mobilisasi elite politik lokal untuk membentuk kekuasaan baru, bukan solusi teknokratis atas kebutuhan rakyat.

Sebagai contoh, daerah pemekaran seperti Kabupaten Mahakam Ulu (Kalimantan Timur) atau Kabupaten Pulau Morotai (Maluku Utara) masih mengalami ketergantungan tinggi pada pusat, dengan PAD di bawah 5% dari total APBD. Kondisi ini rawan menjadikan DOB sebagai “wilayah subsidi” jangka panjang yang tidak mandiri secara fiskal maupun administratif.

Alternatif Efisiensi Tanpa Pemekaran

Alih-alih melakukan pemekaran, peningkatan efisiensi manajemen wilayah bisa dilakukan melalui:

  1. Digitalisasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik

Memperkuat e-governance untuk memperpendek rantai birokrasi dan mempercepat pelayanan.

  1. Reformasi Tata Kelola Wilayah

Optimalisasi unit kerja daerah, redistribusi beban kerja antar OPD, dan pemangkasan prosedur.

  1. Penguatan Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan
    Desentralisasi fungsional ke kecamatan bisa mendekatkan layanan tanpa harus membentuk wilayah baru.
  2. Percepatan Infrastruktur Transportasi dan Konektivitas
    Jalan, kereta, dan akses digital antarwilayah akan lebih cepat meningkatkan pembangunan dibandingkan pembentukan provinsi baru.

Kesimpulan: Menimbang Secara Rasional, Bukan Emosional

Pemekaran wilayah bukan sekadar soal memperluas peta administratif, melainkan menyangkut tata kelola anggaran negara dan efisiensi pelayanan publik. Dalam konteks Jawa Barat, wacana pemekaran harus ditimbang dengan pendekatan efisiensi manajemen wilayah, bukan sekadar tekanan politik atau populisme lokal.

Pemerintah pusat perlu melakukan kajian mendalam berbasis data, termasuk proyeksi fiskal dan kesiapan SDM, sebelum menyetujui pemekaran baru. Karena jika tidak, yang lahir bukan wilayah yang lebih efisien, tetapi justru beban baru bagi keuangan negara dan rakyat.

Sumber Berita : Referensi : • Kementerian Keuangan RI. (2022). Laporan Transfer ke Daerah. • Bappenas. (2020). Evaluasi Kinerja Daerah Otonomi Baru. • LIPI. (2018). Efektivitas Pemekaran Wilayah di Indonesia. • Kompas. (2024). “Jawa Barat Didorong Mekar, Bogor dan Cirebon Siap?”

Berita Terkait

Semakin Memanas, Terindikasi Dugaan Pesanan Dalam Rotasi/Mutasi Pegawai Perumda Air Minum Tirta Argapura 
Umat Stase Goodide Gelar Renungan Pendalaman Masa Adven: Keluarga dalam Terang Iman 
Warga Desa Tegalwatu di Dampingi Pakopak, Terduga Pelaku Penipuan Asli Kelahiran Dusun Klagin Desa Brabe
Rakor Kecamatan Dorong Efektivitas Program Tata Kelola Pemerintahan Responsif
Dakwah Dan Aktivitas Amar Ma’ruf Nahi Munkar  
Penguatan HAM Dalam Wadah Negara Demokrasi Indonesia
Tinjau Proyek Jalan Rp1,3 Miliar di Pamanukan, Bupati Subang Tegaskan: Tidak Ada Anak Emas, Semua Wilayah Prioritas
Pakopak Menduga Prematur, Perihal Rotasi/Mutasi Pegawai PDAM Tirta Argapura Saat Seleksi Direktur Berlangsung 
Berita ini 51 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 5 Desember 2025 - 19:21 WIB

Semakin Memanas, Terindikasi Dugaan Pesanan Dalam Rotasi/Mutasi Pegawai Perumda Air Minum Tirta Argapura 

Jumat, 5 Desember 2025 - 18:08 WIB

Umat Stase Goodide Gelar Renungan Pendalaman Masa Adven: Keluarga dalam Terang Iman 

Jumat, 5 Desember 2025 - 12:32 WIB

Warga Desa Tegalwatu di Dampingi Pakopak, Terduga Pelaku Penipuan Asli Kelahiran Dusun Klagin Desa Brabe

Jumat, 5 Desember 2025 - 11:26 WIB

Rakor Kecamatan Dorong Efektivitas Program Tata Kelola Pemerintahan Responsif

Kamis, 4 Desember 2025 - 19:29 WIB

Dakwah Dan Aktivitas Amar Ma’ruf Nahi Munkar  

Kamis, 4 Desember 2025 - 16:12 WIB

Penguatan HAM Dalam Wadah Negara Demokrasi Indonesia

Kamis, 4 Desember 2025 - 14:37 WIB

Tinjau Proyek Jalan Rp1,3 Miliar di Pamanukan, Bupati Subang Tegaskan: Tidak Ada Anak Emas, Semua Wilayah Prioritas

Kamis, 4 Desember 2025 - 11:03 WIB

Pakopak Menduga Prematur, Perihal Rotasi/Mutasi Pegawai PDAM Tirta Argapura Saat Seleksi Direktur Berlangsung 

Berita Terbaru