banner 728x250

Mengadakan Perlombaan Panahan setiap Distirik Bupati Cup III Kabupaten Paniai

Perlombaan ini membahagiakan dengan jati diri isti adat suku mee dan moni

banner 120x600
79 Kali Dibaca

SUARA UTAMA, PANIAI – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)  Kabupaten Paniai mengadakan perlombaan “Panahan” setiap distirik, Bupati Cup 3. Jika perlombaan kegiatan ini membuka oleh Ketua Koni Kabupaten Paniai Yampit nawipa A.md.Tek, “dengan memanjatkan pujih dan syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa,” untuk itu, ketua Panitia perlombaan adalah Elihut Pekei. S.IP. Maka perlombaan ini ratusan masyarakat Paniai dan bupati Paniai Meki Nawipa dan DPRD kabupaten Paniai Sem nawipa. ST dan jajarannya juga saksikan di halaman kantor Bupati kabupaten Paniai. Waktu 9.30 WIT hingga selesai. Selasa (29/11/2022), Pagi.

Perlombaan Bupati Cup III ini mengadakan uang dana sebesar (21,000,000) dua puluh satu jutah, dan Babi tiga ekor, dan piala 3. Namun mencari juara ini adalah setiap distirik untuk mencari juara. Tapi ternyata yang dapat juara adalah; tiga orang yang dapat juara 1 dan juara dua adalah Distirik Yagai, dan juara 3 yang dapat adalah Distirik Aweida.

Untuk itu, membagikan uang sebesar ini dan Babi sebesar ini dan piala ini membagikan oleh ketua panitia Elihut Pekei. S,IP, baik itu juara satu memberikan uang 9,000,000 sembilan jutah dan Babi satu ekor dan piala, Juara 2 dapat sebesar uang 7,000,000 tujuh jutah dan Babi satu ekor dan piala, Juara 3 dapat sebesar uang 5,000,000 lima jutah yang dapat Babi satu ekor dan piala.

Maka itu, yang laksanakan kegiatan ini saksisakan dengan media suara.id, pada hari Selasa, 29/11/2022. Oleh sebab itu, ketua KONI Kabupaten Paniai Yampit nawipa. A.MD.Tek menyampaikan disini kami tidak mau lihat bahwa hal-hal yang anarkis. Tapi hal-hal yang aman dan martabat masyarakat Paniai.

“Menjangakan nama baik kabupaten, menjagakan nama baik distirik, menjaga nama baik desa itu sangat penting bagi masyarakat kabupaten Paniai,” Jelas Nawipa.

Menurut Yampit, uang dan sebagainya itu tidak penting. Namun yang baling penting adalah manusia. Jadi hari ini sungguh luar biasa keadaan aman dan martabat yang bisa di selesaikan kegiatan ini.

“Perlombaan yang kemarin telah saya menlakukan ini saya sudah bagikan Babi itu saya akan kasih hadiah untuk distirik bibida. Distrik bibida sudah Piarakan Babi ini sebentar saya akan kasih hadiah untuk perhargaan yang sudah pemilik piarahmu,” Terangnya.

“Sekarang yang dapat juara ini babi yang kami kasih ini, jangan untuk masak. Tapi harus piarah supaya hasil dari piarah ini saya sendiri akan kasih penghargaan dan saya sendiri akan beli Babi lalu saya sendiri makan,” Katanya pimpinan ketua Koni Kabupaten Paniai Yampit nawipa.

Akhir dari kegiatan ini tutup oleh ketua Panitia Elihut Pekei. S,IP menyatakan bahwa kegiatan ini pertama hingga selesai puncak ada hal-hal yang salah dan bila hal-hal yang kekurangan saya mohon di maafkan saya juga manusia biasa yang sempurna adalah Tuhan. (*)

banner 468x60
Penulis: Oto Kayame
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90