banner 728x250

5 Manfaat Kegiatan Pesantren Kilat

Dengan diadakan pesantren kilat, diharapkan akan membentuk karakter islami dan perilaku keislaman.

Manfaat Kegiatan Pesantren Kilat
Foto: Penulis, Mas Andre Hariyanto bersama Santri Pesantren Kilat Pusdiklat Hidayatullah Batu Malang/Manfaat Kegiatan Pesantren Kilat/Suara Utama
banner 120x600
301 Kali Dibaca

SUARA UTAMA Pesantren kilat merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan di dalam bulan suci Ramadan namun juga ada pada bulan lainnya, Pesantren kilat juga merupakan kegitan positif yang dilakukan di setiap sekolah-sekolah umum.

BACA JUGA: Santriwati Gunung Tembak Bercita-Cita Bangun Pesantren di Dubai

Dengan diadakan pesantren kilat, diharapkan akan membentuk karakter islami di lingkungan sekolah. Sehingga akan terbentuklah warga sekolah yang sesuai dengan perilaku keislaman. Oleh karena itu,, kita akan menceritakan tentang manfaat dari kegiatan pesantren kilat.

BACA JUGA: Cerita Bapak Maksum Melihat Anaknya Mondok

Agar sobat mendapat pengetahuan atau pandangan baik terhadap pesantren kilat. Sehingga dapat merancang program-program yang bermanfaat, ketika hendak membuat acara pesantren kilat di sekolah sebagaimana dikutip di muslimterkini.com.

Manfaat Kegiatan Pesantren Kilat
Foto: Penulis, Mas Andre H bersama Para Santri/Manfaat Kegiatan Pesantren Kilat/Suara Utama

Berikut manfaat dari kegiatan pesantren kilat:

1. Dapat membantu anak didik untuk lebih memahami Alquran.
Dengan adanya kegiatan pesantren kilat, paran guru bisa membuat program tadarus Alquran, murajaah hafalan Alquran, ataupun lomba tahfiz Alquran. Sehingga mereka dapat memahami tentang Alquran. Dan juga semoga dapat menjadikan mereka mencintai Alquran.

2. Dapat membuat suasana Ramadan menjadi lebih berwarna.
Selain itu, dengan adanya kegiatan pesantren kilat di dalam bulan Ramdan, dapat membuat suasana Ramadan lebih meriah. Karena dengan adanya program-program keagamaan sehingga anak anak dapat pengetahuan baru tentang agama islam,baik dari segih fikih ataupun keaqidahan.

WhatsApp Image 2022 04 11 at 19.01.51 1 5 Manfaat Kegiatan Pesantren Kilat Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto: Program Kelas Pelatihan/AR Learning Center adalah Pusat Pembelajaran, Pendidikan dan Pengkaderan. Lembaga AR Learning Center/Suara Utama-081232729720/Suara Utama ID

Dan juga, membuat anak-anak dapat membaca Alquran dengan baik, dapat mencontoh perilaku orang-orang saleh dari sebuah kisa, dan masih banyak lagi. Sehingga dengan adanya pesantren kilat hari-hari mereka dibulan ramadan akan lebih berwarna dengan program-program keagamaan.

3. Membuat aktivitas anak didik menjadi lebih terfokus kepada kegiatan keagamaan.
Selama belajar di bulan-bulan lainnya, mungkin mereka tidak terlalu konsentrasi dengan pelajaran agama.

Karena, mereka yang bersekolah di tempat yang bukan berlatar pesantren pelajarannya masih dicampur dengan pelajaran-pelajaran umum. Sehingga, mereka kurang perhatiannya dengan pelajaran agama. Beda dengan anak-anak yang memang sedang menimbah ilmu di pesantren.

WhatsApp Image 2022 04 11 at 19.43.12 1 5 Manfaat Kegiatan Pesantren Kilat Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto: Program Kelas Pelatihan/AR Learning Center adalah Pusat Pembelajaran, Pendidikan dan Pengkaderan. Lembaga AR Learning Center/Suara Utama-081232729720/Suara Utama ID

Di sana mereka lebih banyak diajarkan pelajaran agama ketimbang dengan pelajaran umum. Maka dari itu, di bulan Ramadan kali ini kita bisa mengadakan kegiatan pesantren kilat, dengan tujuan agar aktivitas mereka dibulan Ramadan lebih terfokus kepada kegiatan ke agamaan.

4. Menumbukan rasa peduli terhadap sesama.
Dalam kegiatan pesantren kilat, kita juga dapat menumbuhkan rasa peduli mereka terhadap orang lain. Baik itu kepada sahabatnya, gurunya, orang tuanya, maupun orang lain.

WhatsApp Image 2022 04 11 at 10.16.56 5 Manfaat Kegiatan Pesantren Kilat Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto: Kelas Pembelajaran Jurnalistik Official Satu bulan Penuh Pelatihan Jurnalistik dan Kepenulisan/Suara Utama ID

Dalam kegiatan pesantren kilat para guru bisa membuat program Baksos (Bakti sosial), senang berbagi, pembuatan parsel taupun program-program berbagi lainnya.

Dalam program parsel mereka akan membuat sendiri bingkisan yang akan diberikan, baik berupa barang, ataupun makanan. Dan nanantinya dapat mereka berikan kepadan orang lain, baik itu temannya, gurunya, ataupun yang lebih bagus kepada orang-orang yang sangat membutuhkan.

5. Dapat menambah keakraban antara guru dan siswa maupun orang tua wali siswa.
Selain itu, juga, kegiatan pesantren kilat dapat menambah keakraban antara guru dan siswa maupun orang tua wali siswa.

Dikarenakan selam kegiatan tersebut, para guru mengajarkan anak-anak dengan metodo pendekatan kepada anak-anak layaknya orang tua yang mengajarkan ilmu agama kepada anak-anaknya.

Selain itu, para guru dapat berinteraksi lebih lama dengan peserta didik, seperti tadarus Alquran bersama ataupun salat berjamaah. Sehingga mereka akan lebih akrab dalam berhubungan.

WhatsApp Image 2022 04 11 at 10.17.06 5 Manfaat Kegiatan Pesantren Kilat Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto: Kelas Pembelajaran Jurnalistik Official Satu bulan Penuh Pelatihan Jurnalistik dan Kepenulisan/Suara Utama ID

Bukan hanya itu, dengan adanya kegiatan pesantren kilat, para guru juga bisa melibatkan orang tua wali siswa dalam kegiatan tersebut. Seperti berbuka bersama dan salat tarawih berjamaah.

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90