banner 728x250

Musrenbang Tingkat Provinsi, Wamendagri Launcing Kartu Sehat Papua Tengah

IMG20230503111557 Musrenbang Tingkat Provinsi, Wamendagri Launcing Kartu Sehat Papua Tengah Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto PJ,Gubernur Papua Tengah, Dra.Ribka Haluk,Wamendagri bersama tamu undangan di aula Gereja KSK,Nabire,Papua Tengah/ist
banner 120x600
340 Kali Dibaca

SUARA UTAMA, NABIRE,- Dalam kegiatan Musrenbang RKPD Provinsi,Mendagri telah melakukan launching Kartu Sehat Papua Tengah di aula Gereja Kristus Sahabat Kita,Bukit Meria,Kabupaten Nabire,Rabu (03/05 2023).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Mendagri, John Wempi Wetipo, PJ.Gubernur Papua Tengah, DR. Ribka Haluk S.Sos MM, Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos., MM., Plh. Direktur Otsus Dirjen Otda Kemendagri, perwakilan Direktur Aparatur Negara dan Transformasi Birokrasi Bappenas, PJ.Sekda Papua Tengah, Valentinus Sudarjanto Sumito S.IP M.Si, Pj.Bupati Puncak, Tumiran bersama Sekda, Pj.Bupati Intan Jaya, Apolos Bagau, Dandim 1705/Nabire, Kapolres Nabire, para Pimpinan BUMD/BUMN, Rektor USWIM Nabire, DR. Drs. Petrus Izaak Suripatty M.Si, serta para tamu undangan.

Dalam sambutannya, PJ.Gubernur Papua Tengah, DR. Ribka Haluk S.Sos MM., mengatakan momentum hari ini akan mempercepat perjalanan Provinsi Papua Tengah, dimana untuk pertama kalinya, semua pemangku kepentingan di wilayah Provinsi Papua Tengah, duduk dan berkumpul bersama-sama dalam satu program untuk membahas dan mendiskusikan serta menetapkan program dan kegiatan pembangunan dalam satu tahun anggaran di tahun 2024.

IMG20230503111950 Musrenbang Tingkat Provinsi, Wamendagri Launcing Kartu Sehat Papua Tengah Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

“Kita semua berharap dalam proses pelaksanaan Musrenbang ini mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan dan efisien, efektif, partisipatif dan akuntabel sehingga bermuara pada pencapaian dokumen perencanaan yang semakin berkualitas,” kata Ribka Haluk.

Lanjut dikatakan PJ.Gubernur Papua Tengah, Provinsi Papua Tengah akan meluncurkan Program Kartu Otsus Sehat atau Ko Sehat Papua Tengah. Hal itu sesuai dengan prinsip dasar bahwa OAP ber-KTP Papua Tengah selain mendapat jaminan kesehatan sebagai WNI, sebagai peserta BPJS Kesehatan, juga OAP Papua Tengah mereka mendapat paket manfaat dari dana Otsus guna mengcover pembiayaan yang tidak ditanggung dalam paket pembiayaan BPJS. Untuk itulah Pemprov Papua Tengah meluncurkan Program Kartu Otsus Sehat atau Ko Sehat Papua Tengah dengan sumber dana dari dana Otsus diperuntukkan bagi OAP ber-KTP Papua Tengah.

Diharapkan Program Kartu Otsus Sehat atau Ko Sehat Papua Tengah ini dapat mengantisipasi persoalan seperti rujukan pasien ke fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih tinggi, penyediaan peti mati, pembiayaan makan minum keluarga yang mendampingi pasien dan sebagainya. Di tahun 2023, dialokasikan dana sebesar 57.5 miliar dengan perincian alokasi untuk membayar Premi Penduduk Papua Tengah sebanyak 1.000.016.549 OAP dengan besaran sebesar 29.3 miliar dan untuk program Kartu Otsus Sehat sebesar 28.2 miliar dalam bentuk bantuan keuangan daerah.

“Pada kesempatan yang baik ini saya berpesan bahwa forum strategis ini harus mampu dimanfaatkan secara maksimal serta dapat menjadi ruang instruksi konstruktif dalam melahirkan berbagai kebijakan solutif untuk menjawab berbagai isu strategis pembangunan di Papua Tengah sesuai tema Musrenbang Papua Tengah Tahun 2024,” lanjut PJ. Gubernur Papua Tengah.

Usai sambutan, Musrenbang RKPD Provinsi Papua Tengah Tahun 2024 dibuka dengan pemukulan tifa oleh Wamendagri, PJ.Gubernur Papua Tengah dan PJ.Sekda Papua Tengah.

Wamendagri dalam sambutannya sebelum melaunching Kartu Sehat Papua Tengah mengatakan, Kartu Sehat Papua Tengah ini bertujuan untuk memberikan kepastian pelayanan khususnya kesehatan untuk masyarakat OAP.

“Saya atas nama Bapak Menteri Dalam Negeri menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ibu PJ.Gubernur Papua Tengah dan jajaran, kita bisa mendapatkan kepastian untuk pelayanan publik lebih khusus untuk kesehatan bagi masyarakat. Selain itu pada tanggal 2 Mei 2023, telah diserahkan beasiswa secara simbolis, itu merupakan tanggung jawab tindak lanjut dari yang lalu. Dari 4 DOB, Provinsi Papua Tengah jauh lebih maju ketimbang yang lain. Daripada studi banding jauh-jauh lebih baik datang ke Papua Tengah. Saya atas ijin Ibu PJ.Gubernur Papua Tengah, Sekda dan Bapak Ibu sekalian, ini Kartu Otsus Sehat Papua Tengah atas nama Pekila Mote, disini ada NIK-nya, ini secara simbolik diserahkan, selanjutnya orang berobat menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi Papua Tengah,” tutur Wamendagri.

Selanjutnya, kegiatan yang berlangsung selama dua hari, (Rabu,03-Kamis,04 /05) tersebut, Wamendagri bersama PJ.Gubernur Papua Tengah dan PJ.Sekda Papua Tengah, menyerahkan secara simbolis Kartus Sehat Papua Tengah kepada delapan orang penerima manfaat Kartu Sehat Papua Tengah (KSPT).

banner 468x60
banner 468x60

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90