banner 728x250

Wakil Bupati Labuhanbatu Hadiri Peringatan May Day 2023

Foto Dok. Pemkab. Labuhanbatu dan Forum Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu tentang Peringatan May Day 1 Mei 2023
Foto Dok. Pemkab. Labuhanbatu dan Forum Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu tentang Peringatan May Day 1 Mei 2023
banner 120x600
224 Kali Dibaca

SUARA UTAMA, LABUHANBATU – Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar,S.Pd,MM didampingi Plh. Sekretaris Daerah Ir.H.Hasan Heri Rambe, Asisten Setdakab, Plt. Kepala Dinas Kominfo Ahmad Fadly Rangkuti,ST,M.Kom, Plt. Kepala Dinas Ketenagakerjaan Turing Ritonga, Forkopimda Labuhanbatu hadir dalam peringatan Hari Buruh Sedunia (May Day) di Gedung Nasional Rantauprapat Jl. Ahmad Yani Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara, Sumatera Utara, Senin (01/05/2023).

Hari Buruh bertujuan untuk menghormati kontribusi para pekerja dalam membangun negara dan memperjuangkan hak mereka serta untuk memperjuangkan kondisi kerja yang lebih baik bagi para pekerja. Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan Sosial para buruh.

Dalam Sambutan Bupati Kabupaten Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,MKM yang disampaikan oleh Wakil Bupati Hj.Ellya Rosa Siregar, S.Pd,MM mengatakan “bahwa Hari Buruh adalah hari peringatan yang dirayakan di banyak negara di seluruh dunia pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya” Ujarnya.

 

IMG 20210925 WA0011

Foto Dok. Pemkab. Labuhanbatu sertijab bupati dan wakil bupati periode 2021-2024.

dr.H.Erik Adtrada Ritonga,MKM Lebih lanjut menyatakan “Peringatan Hari Buruh dapat menjadi Platform yang penting bagi para pemimpin dan aktivitas masyarakat sipil untuk menggugah kesadaran tentang hak-hak pekerja dan memperjuangkan kebijakan-kebijakan publik yang mendukung pekerja dan keluarga mereka,”Ucap Wakil Bupati Hj.Ellya Rosa Siregar, S.Pd,MM dalam pidatonya mewakili Bupati.

Wakil Bupati Labuhanbatu Hadiri Peringatan May Day 2023

Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama
Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama.

Selanjutnya dr.H.Erik Adtrada Ritonga,MKM menyampaikan “Sebagai sebuah negara yang maju kita memiliki kewajiban untuk melindungi hak-hak pekerja dan menciptakan kondisi yang baik bagi para pekerja untuk bekerja kita harus memberikan perlindungan yang cukup terhadap pekerja agar mereka dapat bekerja dengan tenang dan nyaman”Ujar Wakil Bupati Hj.Ellya Rosa Siregar, S.Pd,MM lanjutnya.

BACA : Bupati Labuhanbatu Hadiri Hut ke- 42 Pujakusuma

dr.H.Erik Adtrada Ritonga,MKM Mengemukakan “Kiranya kita untuk senantiasa berkomitmen dalam mengedepankan profesionalitas dan hubungan yang sehat serta senantiasa memelihara hubungan baik antara pekerja pengusaha dan pemerintah” Ungkap Harapan Bupati melalui Wakil bupati Hj.Ellya Rosa Siregar, S.Pd,MM.

2021 - 2024

Foto Bupati Labuhanbatu periode 2021-2024. Dok. Pemkab. Labuhanbatu.

Wabup kemudian menambahkan dalam pidatonya “Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu mengajak untuk menghargai dan menghormati peran penting para pekerja dalam membangun negara kita sehingga kita mampu memperbaiki dan mewujudkan Kabupaten Labuhanbatu yang lebih baik di masa yang akan datang”kata Wabup Hj. Ellya Rosa Siregar sebagaimana rilis diterima dapur redaksi Suara Utama ID, Selasa (02/05/2023).

BACA : May Day: Kapolri Serukan Pekik Perjuangan Buruh

Sementara itu Kapolres Labuhanbatu AKBP. H. James Hutajulu, S.IK, SH, MH menyampaikan “rekan-rekan buruh/rekan-rekan pekerja merupakan modal utama bagi suatu bangsa untuk menggerakkan roda perekonomian” Ucapnya.

Sebelumnya Perwakilan serikat Pekerja Wardin menyampaikan ucapan terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini. “May Day. ini sebenarnya bukanlah perayaan bagi kita, tapi ini adalah kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dan Polres sehingga terlaksananya acara ini. Mudah-mudahan ke depan silaturrahmi ini terus terjalin sehingga kami dapat menyampaikan keluhan-keluhan dari kami para pekerja/buruh” Ucapnya.

Kegiatan  May Day  ini dilaksanakan oleh Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu yang dirangkai dengan Halal Bi Halal dan Silaturrahmi Forkopimda dengan Serikat Pekerja / Serikat Buruh serta pemberian paket Lebaran.*/Kiriman Jalaluddin Nasution.

WhatsApp Image 2022 05 25 at 13.15.24

Foto Wakil Bupati Labuhanbatu periode 2021-2024. Dok. Pemkab. Labuhanbatu.

May Day  Pada hari ini sesuai dengan perjalanan panjang Sejarah Labuhanbatu. Dari Berbagai Keterangan yang dihimpun menyatakan bahwa belanda masuk kelabuhan batu berkisar tahun 1825, namun ada pula keterangan yang menyatakan bahwa kedatangan belanda ke labuhanbatu adalah setelah selesai perang Paderi sekitar tahun 1831. Pada tahun 1862 Kesatuan Angkatan Laut Belanda  dibawah pimpinan “Bevel Hebee” Datang Kekampung labuhan batu (di Hulu Kota Labuhan Bilik Sekarang) melalui sungai barumun, di kampung labuhanbatu tersebut belanda membuat tempat pendaratan dari batu beton, lama kelamaan tempat pendaratan tersebut berkembang menjadi  tempat pendaratan/persinggahan kapal-kapal yang kemudian menjadi sebuah kampung (Desa) yang lebih besar dan namanya disebut “Pelabuhanbatu akhirnya nama pelabuhan batu ini dipersingkat menjadi sebutannya sekarang “labuhanbatu” kemudian nama itu melekat dan ditetapkan menjadi nama wilayah Kabupaten Labuhanbatu.

Sistem Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Sebelum Penjajahan Belanda Bersifat Monarkhi. Kepala Pemerintahan disebut Sultan atau Raja yang dibantu oleh seorang yang bergelar  bendahara paduka Serimaharaja yang bertugas sebagai kepala pemerintahan  sehari-hari (semacam Perdana Menteri) selanjutnya dibawah bendahara paduka serimaharaja ada Tumenggung yang menjadi jaksa merangkap Kepala Polisi, Kemudian ada Laksamana yaitu Panglima Angkatan Laut/Panglima Perang dibawah laksamana ada Hulu balang yaitu Panglima Angkatan Darat, Kemudian ada Pula Bentara Kanan yang bertugas sebagai ajudan Sultan dan Bentara Kiri yang menjadi Penghulu Istana dan Penghulu Bangsawan.

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90