Tips Sehat dan Bugar Ala Asyifa (Qur’anic Healing)

- Wartawan

Minggu, 30 Juni 2024 - 11:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto Dokumentasi Ustadz Dasim : Sharing Seputar Tips Sehat dengan Al - Qur'an

Foto Dokumentasi Ustadz Dasim : Sharing Seputar Tips Sehat dengan Al - Qur'an

Oleh : Ustadz Dasim M.Pd

SUARA UTAMA – Dihadiri para Anggota Member dan Alumni Lembaga AR Learning Center, Redaksi Suara Utama, Dapur Pena, dan Komunitas Taklim Jurnalistik (Taktik Community) , Membahas tentang pelatihan dan bimbingan Tips Sehat dan Bugar Ala Asyifa (Qur’anic Healing). Pada Hari Senin, 24 Juni 2024 Pukul 19.00 – 22.00 WIB Via Zoom Meeting Pendaftaran : 081 232 729 720 (Mas Andre Hariyanto).

Foto Dokumentasi Ustadz Dasim : Sharing Seputar Tips Sehat dengan Al - Qur'an

Foto Dokumentasi Ustadz Dasim : Sharing Seputar Tips Sehat dengan Al – Qur’an

Sharing Seputar Tips Sehat dengan Al – Qur’an menghadirkan  Narasumber Ustadz Dr (Cand). Dasim, S.Pd.I, M.Pd (~ Eks Ketua Taklim Jurnalistik Perwakilan Provinsi Jawa Barat, ~ Tim Anggota Dewan Mudzakarah Media Redaksi Suara Utama,~ Peruqiyah Nasional,~ Dai Karawang).

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Tips Sehat dan Bugar Ala Asyifa (Qur’anic Healing) Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam pemaparannya ustadz  Dasim menyampaikan materi tentang Tips Sehat dan Bugar Ala Asyifa (Qur’anic Healing). Latar belakang kesehatan dan pengambilan Dasar Tips sehat dan bugar ala Asyifa memiliki sumber 3 Rujukan yaitu :

  1. Illahiyah
  2. Ilmiah
  3. Alamiah

BACA :Iuran dan Kelas Rawat BPJS Kesehatan Berubah Mulai Juli 2025 dengan Penerapan Sistem KRIS

Ketika berbicara tentang kesehatan menurut WHO Kesehatan itu dari terselamatkannya kita dari penyakit dan berfungsi seluruh anggota tubuh kita dan tidak ada ganguan. Kalo ita berkaca bagaimana sebetulnya lahir Tips Sehat dan Bugar Ala Asyifa ini Merujuk kepada Baginda kita Nabi besar Muhammad SAW. Dalam sejarahnya Baginda Nabi Sakitnya beliau terhitung dalam catatan sejarahnya hanya tiga kali, maka dari banyak literatur yang kita baca ternyata Rasulallah panutan kita itu banyak sekali tips-tips  ataupun cara-cara Bagaimana beliau menjaga kesehatannya.

Tips sehat dan bugar Ala Asyifa tentunya sama dengan yang tercantum dalam Al Qur’an.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الۡـقُرۡاٰنِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَّرَحۡمَةٌ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ‌ۙ

Artinya: Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman.

ILLAHIAH ( Bersumber Kepada Allah SWT Ketika kita sakit Allah lah yang menyembuhkan Kita)., ILMIAH (Dari hasil riset ,penelitian, dan keahlian seseorang ,pengalaman ilmiah, dan juga dalil-dalil Agama). ALAMIAH (Bersumber kepada Alam ,hasil² sumber daya Alam).

Foto Dokumentasi Ustadz Dasim : Sharing Seputar Tips Sehat dengan Al - Qur'an

Foto Dokumentasi Ustadz Dasim : Sharing Seputar Tips Sehat dengan Al – Qur’an

  1. Konsep Amaliah Ibadah, Ketika kita ingin sehat dan bugar ala asyifa ini yang pertama kita harus fahami adalah konsep-konsep ibadah,Bagaimana tujuan kita di ciptakan oleh Allah SWT untuk Ibadah.
  2. Tazqiatun nafs,Muhasabah atau dengan Tobat(Pembersihan diri).
  3. Muhasabah Intropeksi Diri

Ketika kita melakukan tips ala Asyifa harus melakukan banyak muhasabah² Intropeksi² diri kita karena

وَمَآ أَصَٰبَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُوا۟ عَن كَثِيرٍ

Artinya: Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).

BACA :Sertifikasi Halal Self Declare Program Sehati BPJPH : Tantangan dan Upaya Pemerintah dalam Mendukung UMKM di Indonesia

Apa apa musibah yang menimpa kita/hal-hal yang mengganggu tentang  kesehatan kita bisa jadi karena :

  1. faktor dari pikiran kita
  2. Faktor makanan kita
  3. Faktor lingkungan kita

Dengan sisi taubat (berhenti dari hal-hal yang merugikan kita ), Bagaimana kita bisa praktek do’a (harapan dan keinginan), Jalan menuju keselamatan dan kebahagiaan adalah ibadah atau beramal shaleh  ( sholat bersabar , sedekah, puasa ,Dzikir ,Do’a dan mengingat kematian ,Umrah dan baca Al Qur’an).

BACA JUGA :  Silaturrahmi MUI dan Bupati Asahan Dalam Rangka Mukerda II Tahun 1445 H

Semakin amaliah ibadah kita tingkatkan semakin amaliah kita jalankan maka kita akan mendapatkan kesehatan dan kebugaran, sehatnya kita adalah ketika bisa menjalankan tugas dan fungsi ibadah.

FOTO : Redaksi Suara Utama mengadakan Event Kopdarnas dan Pelatihan Jurnalistik di Djakarta bersama Mas Andre Hariyanto (SUARA UTAMA)

FOTO : Redaksi Suara Utama mengadakan Event Kopdarnas dan Pelatihan Jurnalistik di Djakarta bersama Mas Andre Hariyanto (SUARA UTAMA)

Pendekatan dengan sedekah ( mengobati orang yang sakit dengan sedekah), Sedekah dengan niat dan harta yang baik ,sedekah dengan ikhlas dan tepat sasaran (sedekah yg tentunya memberikan dampak kesehatan kepada kita).

Puasanya kita (sunnah maupun wajib, Dzikir dan Do’a (Dzikir pagi dan petang sebagai bentengnya kita ,menjalankan sunnah sebelum tidur dan yang lainnya),

Selalu mengingat kematian sebagai pengingat kita bahwa kita tidak selamanya hidup di dunia maka kita selalu mengingat mati maka kehidupan kita akan tenang. Umrah dan haji merupakan Berkahnya tempat, Terkabulkannya do’a Akan memberikan kesehatan kepada kita baik jasmani maupun Rohani.

BACA :Lazismu dan Baznas Hadirkan Layanan Kesehatan di Kawasan Terpencil Maluku

Membaca Al- qur’an merupakan Benteng dari kehidupan kita, Kunci mendapatkan hati dan jiwa yang  tenang tidak banyak mengeluh, tidak membenci, sederhana, berperasangka baik, selalu tersenyum, suka memberi, berdoa tanpa di ketahui orang lain, tidak iri dengki, mudah memaafkan, menghindari permusuhan, Dekat dengan Allah SWT.

Ketika qolbu kita dikuasai syaiton maka tubuh kita akan sakit maka ketika akal dikendalikan oleh hawa nafsu maka tubuh kita akan sakit Maka segera perbaiki keimanan dan ketaqwaan karena kesehatan jiwa di pengaruhi oleh qolbunya.

FOTO : Jelang Forsilatnas, Master Trainer Of AR Learning Center Andre Hariyanto Ajak dan Undang Jurnalis Kumpul Bersama (SUARA UTAMA)

FOTO : Jelang Forsilatnas, Master Trainer Of AR Learning Center Andre Hariyanto Ajak dan Undang Jurnalis Kumpul Bersama (SUARA UTAMA)

Ketahuilah bahwa di jasad ini ada segumpal daging apabila segumpal daging itu baik maka akan baik semuanya dan apabila segumpal daging itu jelek maka akan jelek semuanya Dan ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati.

Maka hati yang bersih umpama lentera yang bersih semakin bersih lentera itu semakit terang cahayanya Dan semakin mudah untuk memantulkan cahaya keimanan.

Adapaun bila hati kita berkarat ibarat lentera yang kotor berdebu Maka sukar untuk memantulkan cahaya, Semakin sukar pula untuk mendapatkan hidayah Allah SWT Maka ketika hati kita kotor maka berpengaruh kepada kesehatan kita.

BACA :Dari ‘Healing’ Hingga Reunian, Semuanya Seru Jadi Satu di Milad AR Learning Center ke-2 dan Grand Launching Suara Utama

Menjauhi sifat-sifat dan perilaku yang jelek Karena akan berpengaruh kepada kesehatan dan kondisi kita Jika kita sering marah, sedih berlebihan, trauma, phobia, waswas, dengki iri  hati, penakut, kecewa, berbuat maksiat, stres, gibah dan kikir,  memutus silaturahmi maka itulah hal-hal yang mempengaruhi fisik keadaan kesehatan kita dan kebugaran tubuh kita.

Penyakit itu 90% berasal dari pikiran yang negatif, Bagaimana pola hidup yang sehat Jasmani pikiran dan spiritual, Penyakit itu berasalnya dari perut pengobatan nya dengan Herbal Alamiah ,makanan sunnah : zaitun dan lainya), Muhasabah ,pensucian hati dengan tobat dari dosa-dosa besar, Alamiah (kembali ke alam mengonsumsi makan makanan yang yang sehat dan juga halal ).

Penulis : Atika Nurrahma

Editor : Dr.Suhardi,S.Pd.I,MA

Sumber Berita : Ustadz Dasim,M.Pd

Berita Terkait

Dampak Psikologis Pada Minimnya Peran Ayah dan Pencegahan Fatherless
Cara Gampang Menyenangkan Suami dan Istri, Yuk Cekidot
Berita ini 67 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 14 Juli 2024 - 06:12 WIB

Dampak Psikologis Pada Minimnya Peran Ayah dan Pencegahan Fatherless

Minggu, 30 Juni 2024 - 11:02 WIB

Tips Sehat dan Bugar Ala Asyifa (Qur’anic Healing)

Senin, 24 Juni 2024 - 11:02 WIB

Cara Gampang Menyenangkan Suami dan Istri, Yuk Cekidot

Berita Terbaru

Parkir Liar di Purbalingga -
suarautama.id 22/7

Liputan Khusus

Parkir Liar di Purbalingga Semakin Merajalela

Senin, 22 Jul 2024 - 19:08 WIB