Rapat Koordinasi KeHumasan Di Lingkungan LLDikti Wilayah III Tahun 2024 “Sinergi KeHumasan Perguruan Tinggi Dengan LLDikti Wilayah III Dalam Rakor KeHumasan Tahun 2024”

- Jurnalis

Rabu, 24 April 2024 - 12:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Suara Utama,Jakarta.Selasa, 23 April 2024, LLDikti Wilayah III berkolaborasi dengan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) untuk menyelenggarakan Kegiatan Rapat Koordinasi Kehumasan 2024 yang mengangkat tema “Sinergi Kehumasan Perguruan Tinggi dan Pemerintah Dalam Mendukung Peningkatan MutuPendidikan Tinggi”. Rakor Kehumasan ini dirancang secara khusus untuk mengulas aspek-aspek kunci peran humas dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi.

IMG 1332 Rapat Koordinasi KeHumasan Di Lingkungan LLDikti Wilayah III Tahun 2024 “Sinergi KeHumasan Perguruan Tinggi Dengan LLDikti Wilayah III Dalam Rakor KeHumasan Tahun 2024” Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

Melihat dari fokus tersebut, LLDikti Wilayah III mengundang Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di lingkunganLLDikti Wilayah III dengan 125 Perguruan Tinggi Swastasecara luring dan 127 Perguruan Tinggi Swasta secara daring. Humas pada Perguruan Tinggi Swasta yang belum berakreditasi Unggul menjadi concern utama untuk dapat diberikan masukan dan sudut pandang baru tentang efektivitas kinerja Humas dalam mendukung kebijakan Pemerintah terkait akreditasi Perguruan Tinggi.

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Rapat Koordinasi KeHumasan Di Lingkungan LLDikti Wilayah III Tahun 2024 “Sinergi KeHumasan Perguruan Tinggi Dengan LLDikti Wilayah III Dalam Rakor KeHumasan Tahun 2024” Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

”Humas itu penting sekali bahkan saat saya mengawalisebagai rektor salah satu fokus saya adalah mengenai masalah kehumasan ini, intinya produk yang baik, sebaik apapun itukalau Humasnya jelek maka produknya juga akan jelek. JadiHumas mempunyai peran penting dalam bidang komunikasiuntuk mewujudkan Perguruan Tinggi yang maju dan unggul.” ujar Bapak Rektor UAJ, Prof. Dr. dr Yuda Turana, Sp. S (K) dalam sambutannya.

BACA :  Dinas Kesehatan kota Bekasi melakukan pencegahan penyakit DBD

 

IMG 0012 Rapat Koordinasi KeHumasan Di Lingkungan LLDikti Wilayah III Tahun 2024 “Sinergi KeHumasan Perguruan Tinggi Dengan LLDikti Wilayah III Dalam Rakor KeHumasan Tahun 2024” Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

Kolaborasi dan diskusi yang terbuka di dalam rakor ini manghasilkan gagasan dan strategi yang inovatif untukmendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III. Humas PTS aktif berpartisipasi, bertukar pikiran, dan berkolaborasi secara sinergis demi mencapai visi bersama. Kepala Bagian UmumLLDikti Wilayah III, Bapak Noviyanto, S.T., MMSI menyampaikan agar “Rakor Kehumasan ini dapat menjadi langkah strategis dalam membekali humas PTS agar tangguh dan responsif di tengah kompleksitas tugas dan tantanganzaman dalam mensosialisasikan kebijakan pemerintah, memberikan pelayanan informasi yang efektif, dan menjadi mediator proaktif dalam menjembatani kepentingan lembaga dengan publik.”

Dinna Handini, S.Sos. M.Ikom, Pranata Humas Ahli Muda Ditjen Diktirisktek, dan Dr.rer.nat. Agustina Dwi RetnoNurcahyanti, S.Si., M.Si., M.Sc, Sekertaris Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, melengkapi Rakor Kehumasan ini sebagai narasumber yang kompeten pada sesi yang pertama dengan menitikberatkan pembahasan peran humas Perguruan Tinggi dalam Mendukung Kebijakan Pemerintahterkait Akreditasi Perguruan Tinggi dan Keterbukaan Informasi Publik. Kedua narasumber menyoroti pentingnya dukungan pemimpin dalam mendongkrak kinerja humas dalam fungsi membentuk, meningkatkan, memelihara citra, dan reputasi positif pemerintah dengan menyediakan informasi tentang kebijakan, program,  dan  kegiatan instansi.Selain itu, meningkatkan komunikasi serta relasi kedekatan juga harus digeluti betul oleh seorang humas baik kepada pihak internal maupun eksternal.

BACA :  Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?

Pada sesi yang kedua, kombinasi narasumber kompeten lainnya antara Doddy Zulkifli Indra Atmaja, S.Ikom., M.Si, Pranata Humas Ahli Muda Ditjen Diktirisktek, dan Yohanes Enggar, Editor Kompascom dan Assistant Manager KG Media Content, mengupas tentang Manajemen Isu dan Strategi Komunikasi dalam Krisis. Humas PTS perlu lebih aware untuk memahami misi dan nilai perguruan tinggimasing-masing serta membangun strategi komunikasi pada masa krisis yang mungkin dihadapi kelak. Menjaga hubungan dengan media akan menjadi salah satu keuntungan yang didapat oleh humas dalam rangka menyebarluaskan informasi, atau menjadi pintu awal tersampaikannya pesan dengan baik.Dunia terus berubah dengan cepat, diperlukan humas yang adaptif, kreatif, konsisten, dan ‘menyala’ di tengah krisis.

BACA :  Sinergi Kamtibmas Kapolres Tulang Bawang Bersilaturahmi dengan PCNU

Moderator, Dr. phil. Lisa Esti dari UAJ menyimpulkan bahwa Humas PTS perlu berpartisipasi aktif, bertukar pikiran, dan berkolaborasi secara sinergis demi mencapai visibersama.

Momentun yang dibangun hari ini akan menjadi titik awal bagi kerjasama yang lebih erat dan berkelanjutan antara LLDikti Wilayah III dan para humas Perguruan Tinggi Swasta. Belajar berinovasi dalam komunikasi krisis menjadihal yang tak terhindarkan. Dengan mengembangkan strategi komunikasi krisis yang transparan, kita dapat menjaga reputasi Perguruan Tinggi dan meminimalkan dampak negatif yang mungkin timbul akibat krisis yang mungkin dihadapi oleh Perguruan Tinggi.

Penulis : Eko Cahyo M

Editor : Andre Hariyanto

Sumber Berita : Humas LLDikti Wilayah III

Berita Terkait

Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?
Rumah Zakat Dukung Qurban untuk Gaza
MODENA Peduli Pensiun
Hujan Lebat Berkepanjangan Di Sungai Meriam Membuat Warga Sempat Mengalami Mati Pemadaman Listrik
Dinas Pendidikan Tulang Bawang Larang Kegiatan Study Tour Ke Luar Daerah
532 Peserta Ikut Ujian Tertulis Calon PPS Pemilu Tahun 2024
MTsN 1 Merangin Tanamkan Siswa Peduli Sosial Religius Anak dengan Pembiasaan Infak
Ditemukan Seorang Mayat Korban Tenggelam Tanpa Identitas Buat Warga Kutai Kartanegara Heboh !!
Berita ini 72 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 12:15 WIB

Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?

Sabtu, 18 Mei 2024 - 21:02 WIB

Rumah Zakat Dukung Qurban untuk Gaza

Jumat, 17 Mei 2024 - 15:55 WIB

Hujan Lebat Berkepanjangan Di Sungai Meriam Membuat Warga Sempat Mengalami Mati Pemadaman Listrik

Jumat, 17 Mei 2024 - 11:00 WIB

Dinas Pendidikan Tulang Bawang Larang Kegiatan Study Tour Ke Luar Daerah

Jumat, 17 Mei 2024 - 10:01 WIB

532 Peserta Ikut Ujian Tertulis Calon PPS Pemilu Tahun 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 08:02 WIB

MTsN 1 Merangin Tanamkan Siswa Peduli Sosial Religius Anak dengan Pembiasaan Infak

Kamis, 16 Mei 2024 - 22:49 WIB

Ditemukan Seorang Mayat Korban Tenggelam Tanpa Identitas Buat Warga Kutai Kartanegara Heboh !!

Kamis, 16 Mei 2024 - 22:46 WIB

PTS PGRI Juarai Kembali Hibah P2MW di L2Dikti II

Berita Terbaru

Pendidikan

Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?

Minggu, 19 Mei 2024 - 12:15 WIB

FOTO : Hewan Sapi/Hikmah dalam Berqurban dalam Mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala (Mas Andre Hariyanto/Suara Utama ID)

Berita Utama

Rumah Zakat Dukung Qurban untuk Gaza

Sabtu, 18 Mei 2024 - 21:02 WIB