SUARA UTAMA, NGAWI – Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Kelas III Semester ganjil Melalui Media Tangram di SD Islam At-Taqwa tahun ajaran 2021/2022.
Bu Irin Wahyuningtias sedang mempraktekan – Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Kelas III Semester ganjil Melalui Media Tangram di SD Islam At-Taqwa tahun ajaran 2021/2022. Foto & Gambar: Dokumentasi Pribadi Bu Irin Wahyuningtias
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Pendidikan merupakan salah satu cara manusia untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan dalam proses tersebut seseorang haruslah belajar karena hal tersebut sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Melalui pendidikan manusia memperoleh ilmu pengetahuan yang dapat dijadikan tuntunan dalam kehidupan dan dengan pendidikan orang menjadi maju dan mampu mengelola dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya
Matematika merupakan bidang studi yang diperlukan untuk perhitungan dan berpikir dalam menyelesaikan berbagai masalah.
Siswa SD merupakan masa banyak bermain. Dengan bermain tersebut dapat menjadikan peluang guru untuk menjadikan anak aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kerjasama antar siswa. Namun hal tersebut juga disesuaikan dengan tahap kognitif anak, Tanpa disesuaikan maka guru akan mengalami kesulitan dalam memberikan materi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu adanya modifikasi dalam menyampaikan materi pelajaran dengan wujud konkret.
Tahap kognitif siswa Sekolah Dasar yang berada pada tahap operasional konkret juga memiliki keterkaitan dengan pembelajaran matematika.
Berdasarkan dokumentasi di SD Islam At-Taqwa mengenai prestasi belajar siswa kelas III dari nilai ulangan semester ganjil, hasil rata- rata nilai ulangan matematika diperoleh 62,15. Hal tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika kelas III masih rendah. Dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang diharapkan yaitusebesar ≥ 69 masih banyak siswa yang belum mencapai KKM.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti dalam pembelajaran matematika di kelas III SD Islam At-Taqwa terdapat kondisi yang kurang mendukung, sehingga menyebabkan prestasi belajar matematika rendah. Siswa yang kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, guru cenderung lebih banyak menjelaskan materi kemudian siswa diminta untuk mengerjakan soal. Tidak ada kesempatan siswa mengalami secara langsung seperti menggunakan media. Hal tersebut menjadikan siswa cepat bosan.
Tangram merupakan salah satu media edukatif. Media ini dapat diterapkan di sekolah dasar khususnya pada pembelajaran matematika untuk memperkenalkan konsep geometri.
Media tangram terdiri dari dua segitiga siku- siku sama kaki besar, satu segitiga siku-siku sedang, dua segitiga siku- siku sama kaki kecil, satu persegi, dan satu jajar genjang. Agar lebih menarik setiap bagian bangun datar diberi warna yang berbeda. Biasanya media ini terbuat dari bahan kayu, namun juga dapat dibuat sendiri menggunakan kertas karton, manila, ataupun yang lainnya. Tujuan dari media ini untuk mengembangkan kreativitas anak dan mengenalkan bentuk bangun datar.
Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan di atas yaitu dengan menggunakan media tangram pada materi unsur dan sifat bangun datar sederhana. Tangram merupakan salah satu media edukatif. Media ini dapat diterapkan di sekolah dasar khususnya pada pembelajaran matematika untuk memperkenalkan konsep geometri. Melalui media dalam pembelajaran itulah informasi dapat diolah melalui berbagai alat indera, sehingga anak dapat belajar matematika dengan mudah.
Dari pendapat tersebut, maka anak akan merasa sedang bermain-main terhadap media yang disediakan, padahal siswa telah belajar matematika. Berdasarkan penjelasan uraian diatas maka penulis ingin mengadakan penelitian yang berjudul “Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Kelas III Semester ganjil Melalui Media Tangram di SD Islam At-Taqwa tahun ajaran 2021/2022 ”.
Berdasarkan penjelasan uraian di atas melalui media tangram diharapkan dapat memberikan perbaikan terhadap prestasi belajar matematika. Materi mengenai bangun datar yang termasuk konsep abstrak, maka dalam menyampaikan materi guru perlu media. Penelitian ini diharapkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika kelas III Semester ganjil melalui media tangram di SD Islam At-Taqwa tahun ajaran
2021/2022 .
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika kelas III Semester ganjil melalui media tangram di SD Islam At-Taqwa tahun ajaran 2021/2022
- Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau logaritma secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah
- Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti atau menjelaskan gagasan atau pernyataan matematika.
- Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan yang meliputi masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diolah
- Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram atau media lain untuk memperjelas masalah
- Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, minat dalam mempelajari matematika serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan
Hasil penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika kelas III Semester ganjil melalui media tangram di SD Islam At-Taqwa tahun ajaran 2021/2022 .
Penerapan media tangram terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika dengan materi unsur dan sifat bangun datar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil belajar matematika pada prasiklus, siklus I dan siklus II selanjutnya dibahas sebagai berikut:
- Prestasi Belajar Matematika Kelas III Semester ganjil pada Pra Siklus Prestasi belajar matematika kelas III Semester ganjil pada pra siklus diketahui memiliki nilai rata-rata sebesar 63,82, dengan nilai minimum 40 dan maksimum 90. Diketahui sebanyak 9 siswa (52.94%) memiliki nilai yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, sedangkan hanya 8 siswa (47,06%) yang memiliki nilai diatas kriteria ketuntasan
Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus sebagian besar siswa memiliki nilai kurang dari KKM.
Hasil tersebut mendukung penelitian yang dilakukan oleh Anastasia Suistinah (2012) yang menunjukkan pembelajaran matematika sebelum menggunakan media blok tangram termasuk kategori kurang. Penelitian ini menunjukkan kondisi awal yang diambil dari hasil ulangan harian tentang bangun datar sederhana dengan rata-rata nilai 66,7, ketuntasan 38,1% dari KKM 72. Hasil tersebut menunjukkan pada pra siklus sebagian besar siswa belum mencapai KKM.
Nilai siswa yang belum mencapai KKM salah satunya dapat disebabkan karena gaya mengajar guru yang masih konvensional. Pembelajaran matematika di kelas III SD Muhammadiyah Sidomluyo dinilai kurang mendukung. Siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena guru cenderung lebih banyak menjelaskan materi kemudian siswa diminta untuk mengerjakan soal. Proses pembelajaran yang diberikan guru dirasakan kurang menarik dan kurang bervariasi. Hal tersebut menyebabkan siswa tidak memiliki motivasi dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Siswa menjadi pasif dan kurang berinteraksi dengan guru sehingga menyebabkan pemahaman siswa kurang dan nilai yang belum mencapai KKM.
- Prestasi Belajar Matematika Kelas III Semester ganjil Siklus I
Nilai rata-rata prestasi belajar matematika kelas III Semester ganjil siklus I dengan penggunaan media tangram diketahui meningkat menjadi 67,94, dengan nilai minimum 40 dan maksimum 100,0. Ketuntasan hasil belajar matematika siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari pra siklus menjadi 58,82% lebih besar dari KKM dan yang kurang dari KKM sebesar 41,18% dinyatakan belum tuntas. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media tangram terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I.
Menurut Karim (2009: 1.29) media tangram merupakan suatu himpunan yang terdiri dari tujuh bangun geometri dasar yang dapat dipotong dari suatu persegi, agar lebih menarik setiap bagian bangun datar
diberi warna yang berbeda. Penggunaan media pembelajaran yang menarik membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Selain itu, siswa juga diberikan kesempatan untuk menggunakan media secara langsung sehingga tercipta interaksi yang menambah minat siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Eny Widyastuti (2013) yang menggunakan media tangram diketahui terdapat peningkatan minat belajar siswa dutunjukkan oleh adanya peningkatan rata-rata skor minat belajar matematika sebesar 90 setelah dikenai tindakan pada siklus I rata-rata skor minat belajar matematika menjadi 93. Minat belajar yang tinggi akan mendukung siswa dalam memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Hal tersebut didukung dengan pendapat Slameto (2010: 57) bahwa minat selalu diikuti dengan perasaan senang dan dari situ suatu kepuasan. Jadi minat besar pengaruhnya terhadap belajar sebab dengan adanya minat belajar akan berlangsung dengan baik.
Hasil observasi pada siklus I yang dilakukan kepada pengajar atau guru dari tahap persiapan, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti hingga kegiatan penutup menunjukkan bahwa sebesar 70,0% kegiatan tersebut sudah dilaksanakan. Guru cenderung masih menggunakan bahasa yang tidak baku, dan guru masih kurang terampil dalam menggunakan media tangram sehingga siswa masih sering bertanya kepada guru tentang menggunaan media tangram.
Berdasarkan hasil observasi aktivitas pelaksana tindakan/guru, maka refleksi terhadap kekurangan guru diantaranya disebabkan karena guru belum pernah menggunakan media tangram, guru belum terbiasa banyak memberikan apresiasi dan juga guru kurang memahami siswa yang diam sudah jelas atau belum. Selain itu, guru yang kurang melibatkan siswa untuk maju kedepan didasari oleh pemikiran bahwa jika banyak yang maju, akan memerlukan waktu yang lama karena siswa yang maju belum tentu langsung bisa menjawab pertanyaan.
Hasil observasi yang dilakukan pada siswa pada siklus I mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti hingga kegiatan penutup menunjukkan bahwa sebesar 60,0% kegiatan pembelajaran sudah dilaksanakan. Kegiatan belum yang dilakukan diantaranya siswa masih kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran, masih terdapat siswa yang tidak menggunakan bahasa baku dan sopan kepada guru, dan siswa masih kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa, maka refleksi terhadap kekurangan aktivitas siswa diantaranya disebabkan karena siswa belum bisa atau masih malu mengungkapkan jawaban, terbiasa dengan bahasa sehari-hari menyebut persegi adalah kotak dan lingkaran adalah bulat/bundar, masih senang berjalan-jalan melihat kelompok lain serta adanya siswa yang mendominasi.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, teori dan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pengunaan media pembelajaran tangram
terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah Sidomluyo dibuktikan dengan adanya peningkatan rata- rata nilai matematika. Namun, hasil belajar matematika pada siklus I belum mencapai target keberhasilan hasil belajar (90%). Pelaksanaan pembelajaran juga dinilai masih kurang maksimal karena beberapa kegiatan yang tidak dilakukan dengan baik oleh guru dan siswa. Maka siklus II perlu dilakukan untuk melihat peningkatan hasil belajar matematika.
- Prestasi Belajar Matematika Kelas III Semester ganjil Siklus II
Nilai rata-rata prestasi belajar matematika kelas III Semester ganjil siklus II diketahui meningkat menjadi 85,88, dengan nilai minimum 65,0 dan maksimum 100,0. Ketuntasan hasil belajar matematika siswa pada siklus II kembali mengalami peningkatan dari siklus I menjadi 94,12%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media tangram terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus II.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Anastasia Suistinah (2012) yang meneliti mengenai peningkatan prestasi belajar matematika melalui media tangram menunjukkan pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 75,0 ketuntasan meningkat menjadi 66,6%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 87,7 dan ketuntasan mencapai 100%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media tangram efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
Manfaat media tangram diantaranya dapat mengembangkan kreativitas siswa untuk bisa membentuk bangun datar lainnya ataupun bentuk suatu benda dengan menggabungkan beberapa bangun datar serta dapat membangkitkan motivasi dan keinginan untuk belajar dengan menyenangkan melalui warna media yang menarik. Motivasi siswa yang tinggi dalam belajar tentu saja dapat mendukung dalam meningkatkan prestasi belajar mereka.
Kegiatan guru pada siklus II diketahui mengalami peningkatan dibandingkan sebelum dilakukan tindakan dan tindakan siklus I. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil observasi pada siklus II pada guru dari tahap persiapan, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti hingga kegiatan penutup menunjukkan bahwa sebesar 85,0% kegiatan tersebut sudah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut didasari oleh adanya pengalaman guru dalam menggunakan media tangram pada siklus I sehingga guru menjadi lebih terampil dan lebih menguasai media tangram. Hal tersebut tentu saja dapat meningkatkan keberhasilan pembelajaran pada siswa dalam menggunakan media tangram sebagai media pembelajaran mereka.
Keberhasilan siswa dalam menggunakan media tangram ditunjukan dengan hasil observasi pada siklus II. Kegiatan pembelajaran siswa mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti hingga kegiatan penutup menunjukkan bahwa sebesar 82,5% kegiatan pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik oleh siswa. Siswa mulai terampil dalam
menggunakan media tangram. Siswa juga mulai fokus dalam memperhatikan penjelasan guru dan aktif dalam menjawab pertanyaan dari guru.
Refleksi yang dilakukan berdasarkan data yang diperoleh peneliti baik berupa nilai prestasi belajar maupun hasil observasi aktivitas pelaksana tindakan dan siswa, hasilnya telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Oleh karena itu penelitian ini cukup dilaksanakan sampai siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian, teori dan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pengunaan media pembelajaran tangram terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah Sidomluyo. Media pembelajaran menggunakan tangram dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang konvensional yaitu dengan memberikan pembelajaran menggunakan media tangram pada materi unsur dan sifat bangun datar sederhana.
Dan Pada kegiatan Refleksi penelitian Tindakan kelas ini saya merasakan adanya masalah dan kekurangan yang muncul pada saat melakukan penelitian tndakan kelas sebagai berikut :
- Guru kurang dalam memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berhasil menjawab ataupun maju mengerjakan di depan
- Guru masih banyak menggunakan kata-kata maupun kalimat yang tidak baku sehingga siswa pun ada yang menggunakan kata-kata maupun kalimat tidak baku ketika berkomunikasi dengan
- Guru masih kurang dalam bertanya apakah siswanya sudah paham atau belum dengan materi yang disampaikan
- Saat mengajar guru kurang membangkitkan perhatian dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran
- Siswa yang kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
- Guru cenderung lebih banyak menjelaskan materi kemudian siswa diminta untuk mengerjakan soal.
- Tidak ada kesempatan siswa mengalami secara langsung seperti menggunakan media
- Dalam mengerjakan LKS waktu yang digunakan terlalu lama karena guru kurang mengingatkan kembali alokasi waktu yang ditentukan
- Guru kurang dalam melakukan bimbingan kelompok
- Media tangram yang terbatas, membuat siswa ada yang berebut ingin memegangnya
- Siswa yang menjawab pertanyaan dari guru hanya itu-itu saja, sehingga yang aktif terbatas.
- Dalam berdiskusi kelompok terdapat siswa yang mendominasi dalam menjawab, dan menyalahkan apabila terdapat siswa yang
- Masih ada beberapa siswa yang mengganggap persegi adalah kotak dan lingkaran adalah bulat/bundar
- Masih terdapat siswa yang kurang bertanggung jawab terhadap tugasnya saat berkelompok
Penyelesaian permasalahan yang terjadi dapat diatasi alternatif dan pemecahan masalah adalah dengan Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan di atas yaitu dengan memberikan pembelajaran menggunakan media tangram pada materi unsur dan sifat bangun datar sederhana. Melalui media tangram diharapkan dapat memberikan perbaikan terhadap prestasi belajar matematika di SD Islam At-Taqwa. Materi mengenai bangun datar termasuk konsep abstrak, sehingga guru dalam menyampaikan materi perlu media. Media tangram ini juga memiliki warna yang menarik untuk siswa, dapat meningkatkan daya kreativitas dan imajinasi anak, serta mengatasi sifat pasif anak
Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan di atas yaitu dengan memberikan pembelajaran menggunakan media tangram pada materi unsur dan sifat bangun datar sederhana.
Manfaat media tangram diantaranya dapat mengembangkan kreativitas siswa untuk bisa membentuk bangun datar lainnya ataupun bentuk suatu benda dengan menggabungkan beberapa bangun datar serta dapat membangkitkan motivasi dan keinginan untuk belajar dengan menyenangkan melalui warna media yang menarik. Motivasi siswa yang tinggi dalam belajar tentu saja dapat mendukung dalam meningkatkan prestasi belajar mereka.
Media pembelajaran menggunakan tangram dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang konvensional yaitu dengan memberikan pembelajaran menggunakan media tangram pada materi unsur dan sifat bangun datar sederhana.
Sam Foundation adakan Diklat Kupas Tuntas dan kiat-kiat menghadapi Soal Pre Test PPG 2023
Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya
Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)
Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama[/caption]