SUARA UTAMA, NGAWI – Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Dalam Membaca Gambar Dengan Media “Play Blue Comp” di Kelompok A TK Pertiwi Sulursari Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah – Semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022
Bu Riyati sedang melakukan kegiatan -Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Dalam Membaca Gambar Dengan Media “Play Blue Comp” di Kelompok A TK Pertiwi Sulursari Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah – Semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022. Foto & Gambar: Dokumentasi Pribadi Bu Riyati
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Guru yang Profesional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan mutu Pendidikan yang ada di sekolah, kemampuan guru selalu diperbaharui melalui pengembangan keprofesian , tidak hanya dengan melalui pengembangan keprofesian guru yang professional tetapi juga melakukan penelitian Tindakan kelas yang ada di sekolah. Kompetensi yang dituntut dari guru profesional adalah memiliki kebiasaan dan kemampuan ilmiah dalam merancang, melaksanakan, menemukan kekuatan dan kelemahan dalam kegiatan pengembangan, serta memanfaatkannya untuk perbaikan kegiatan selanjutnya.
Penggunaan media Play Blue Comp kepada anak ditujukan untuk mengembangkan secara optimal aspek pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak. Bermain merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran pada anak usia dini. Melalui bermain memberi kesempatan pada anak untuk memuaskan rasa ingin tau, membayangkan dan menerjemahkan pengalaman bermain tersebut menjadi suatu yang bermakna bagi mereka.
Berdasarkan kenyataan tersebut penulis mencoba membuat sebuah media pembelajaran yang berbentuk gambar pada komputer mainan (Play Blue Comp), dengan media ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak terutama dibidang perkembangan bahasa dan anak tidak merasa jenuh dikarenakan media ini menggunakan prinsip bermain sambil belajar.
Dalam rangka pembelajaran secara optimal harus mempertimbangkan karakter dari aspek-aspek pembelajaran dan tipe-tipe belajar serta metode pembelajaran yang tepat, sehingga tujuan belajar dapat terwujud. Banyak metode yang dapat dipelajari, namun dalam konteks ini penulis menggunakan salah satu metode pembelajaran di TK yaitu metode Demontrasi.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan Kemampuan bahasa anak dalam membaca gambar di TK Pertiwi Sulursari , Kecamatan Gabus, Jawa Tengah
- Penggunaan media yang baik dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak.
- Meningkatkan pemahaman guru tentang pengembangan bahasa
- Meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam membaca gambar dengan menggunakan media gambar Computer Kardus Biru.
Hasil penelitian Tindakan kelas ini dengan menggunakan Play Blue Comp dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam membaca gambar, berikut dari hasil oenelitian di TK Pertiwi Sulursari , Kecamatan Gabus, Jawa Tengah
Dari hasil perbaikan pembelajaran tiap siklus yang telah dicapai dalam kemampuan pengembangan bahasa dalam membaca gambar melalui Demontrasi dengan media Play Blue Comp pada anak Kelompok A TK Pertiwi Sulursari , Kecamatan Gabus, Jawa Tengah Semester II dapat ditarik kesimpulan bahwa minat anak dalam pembelajaran pengembangan bahasa dalam membaca gambar sudah cukup bagus.
Dalam Pra Siklus ini masih banyak anak yang belum paham, dari jumlah 15 anak didik, hanya 2 anak yang mendapat predikat berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sehinggga ketuntasan belajar hanya 13 %. Hal ini disebabkan anak masih belum bisa membaca gambar ini disebabkan oleh media yang digunakan tidak menarik.
Karena pada siklus 1 anak belum mencapai ketuntasan hasil belajar yang maksimal, maka penulis tetap melakukan analisis dan perbaikan pembelajaran di Siklus 2 dengan tujuan agar pemahaman anak terus meningkat.
Penulis terus mendorong anak yang kurang aktif untuk lebih
Memperhatikan guru,serta memakai media pembelajaran yang lebih berfariatif serta gambar-gambar yang bervariasi sehingga menarik minat anak dalam belajar.
Dengan media Play Blue Comp, hasil belajar yang dicapai anak dalam membaca gambar sudah ada peningkatan, 93% anak yang sudah dapat membaca gambar dengan sangat baik.
Dan Pada kegiatan Refleksi penelitian Tindakan kelas ini saya merasakan adanya masalah dan kekurangan yang muncul pada saat melakukan penelitian tndakan kelas sebagai berikut :
- Pembelajaran dalam pengembangan bahasa anak masih cenderung menggunakan metode-metode atau media yang kurang menarik bagi anak
- Anak merasa bosan atau tidak nyaman dengan cara belajar yang hanya dengan metode demontrasi saja.
- Anak merasa jenuh dengan cara belajar tersebut
- Kemampuan bahasa anak masih kurang
- Anak menganggap belajar itu beban, bukan kesenangan
Penyelesaian permasalahan yang terjadi dapat diatasi alternatif dan pemecahan masalah sebagai berikut :
- Bagaimanakah kemampuan bahasa anak dalam membaca gambar di TK Pertiwi Sulursari , Kecamatan Gabus, Jawa Tengah
- Bagaimanakah penggunaan media dalam pembelajaran pengembangan bahasa.
- Bagaimanakah pemahaman guru tentang pengembangan bahasa
- Bagaimanakah prosedur penggunaan media dalam pengembangan bahasa anak dalam membaca gambar.
- Apakah media gambar pada Play Blue Comp dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak di TK Pertiwi Sulursari , Kecamatan Gabus, Jawa Tengah
Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya
Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)