Pasraman Kilat Spesial Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun 2024

- Jurnalis

Selasa, 20 Februari 2024 - 15:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ketua Panitia Nyepi 2024, Ketua PHDI Kota Bekasi, dan Ketua Pasraman Tirtha Bhuana berpose bersama peserta Pasraman Kilat. (18/02/2024) (Foto: Prana Putras, Berita: Idewa Adiyadnya/ Redaksi Suara Utama)

Ketua Panitia Nyepi 2024, Ketua PHDI Kota Bekasi, dan Ketua Pasraman Tirtha Bhuana berpose bersama peserta Pasraman Kilat. (18/02/2024) (Foto: Prana Putras, Berita: Idewa Adiyadnya/ Redaksi Suara Utama)

SUARA UTAMA. Kota Bekasi- Panitia Nyepi Banjar Bekasi Tahun 2024 bekerja sama dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Bekasi menggelar acara Pasraman Kilat di Wantilan Pura Agung Tirta Bhuana Kota Bekasi Jawa Barat.

*/Dapatkan Kabar terbaru dan follow di Google News Berita SUARA UTAMA

Kegiatan Pasraman Kilat yang mengambil tema “Belajar Bersama Menguatkan Sradha Dalam Rangka Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1946” ini diikuti oleh sekitar 120 orang siswa-siswi SMP Pasraman Tirta Bhuana Bekasi kelas VII – kelas IX. Pasraman kilat berlangsung meriah selama satu hari penuh pada hari Minggu tanggal 18 Februari 2024.

BACA JUGA: Ribuan Umat Hindu Mendambakan Adanya 1 Pura Segara di Bekasi

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Pasraman Kilat Spesial Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun 2024 Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ketua Panitia Nyepi Banjar Bekasi Tahun Baru Saka 1946 (2024 Masehi) yaitu I Wayan Supriaharta menyampaikan bahwa kegiatan pasraman kilat ini bertujuan untuk melatih anak-anak dalam pendidikan karakter.

“Pendidikan karakter yang bersumber pada ajaran agama Hindu dan budaya yang bernafaskan Hindu. Sehingga ke depan harapannya agama dan budaya semakin ajeg di tanah rantau”. Ungkap Supriaharta.

BACA JUGA: Perdana di Kawasan Ekowisata Jembatan Cinta Bekasi, Parisada Hindu Dharma Indonesia Bakal Gelar Ritual Suci Hari Raya Nyepi Tahun 2024

Peserta kegiatan Pasraman Kilat mengikuti Praktik merangkai Canang sebagai Sarana Persembahyangan. (18/02/2024). (Foto: Prana Putras, Berita: Idewa Adiyadnya/ Redaksi Suara Utma)
Peserta kegiatan Pasraman Kilat mengikuti Praktik merangkai Canang sebagai Sarana Persembahyangan. (18/02/2024). (Foto: Prana Putras, Berita: Idewa Adiyadnya/ Redaksi Suara Utama)

Saat membuka acara Pasraman Kilat, Ketua PHDI Kota Bekasi yaitu Letkol (Purn) I Gusti Made Ruditha menyampaikan agar kegiatan ini menjadi wahana untuk mengembangkan teori yang diperoleh di kelas Pasraman Tirta Bhuana dapat diwujudkan dalam kegiatan nyata dalam lingkungan masyarakat.

BACA JUGA: Bermitra dengan Organisasi di Bawah Naungan PBB – UNESCAP, Heboh 1 Lembaga Pelatihan Hipnoterapi telah Terakreditasi di Indonesia

Selama satu hari penuh, Pasraman kilat ini mengagendakan para remaja siswa-siswi SMP Pasraman Tirta Bhuana Bekasi untuk membahas Tri Kaya Parisudha, Toleransi Beragama Dalam Pemahaman Catur Asrama, praktik membuat sarana persembahyangan mulai dari canang hingga klakat sudamala, dan praktik kidung serta tari kecak.

BACA :  Bulan Syawal Bulan Peningkatan
Para siswa peserta Pasraman Kilat di Wantilan PATB Bekasi mempraktikkan Tari Kecak. (18/02/2024). (Foto: Prana Putras, Berita: Idewa Adiyadnya/ Redaksi Suara Utma)
Para siswa peserta Pasraman Kilat di Wantilan PATB Bekasi mempraktikkan Tari Kecak. (18/02/2024). (Foto: Prana Putras, Berita: Idewa Adiyadnya/ Redaksi Suara Utama)

Tak hanya menampilkan narasumber internal dari Pasraman Tirta Bhuana Bekasi saja, kegiatan ini juga menghadirkan instruktur profesional ternama, di antaranya adalah Putu Hadiyatmika dan I Dewa Gede Sayang Adi Yadnya.

Dalam sesi pertama dengan moderator Ni Luh Gina mengkaji topik “Belajar Bersama Menguatkan Sradha”, pembicara I Dewa Gede Sayang Adi Yadnya mengajak para peserta untuk berpraktik mengimplementasikan Tri Kaya Parisudha dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Ratusan Umat Hindu di Bandung Raya Saksikan Pertemuan Mengharukan 2 Orang Sulinggih Kebanggaan Warga Jawa Barat

Dewa yang merupakan hipnoterapis professional dan trainer handal pada Indonesian Hypnosis Centre (IHC) ini mendekatkan siswa remaja dengan pemahaman pola kerja pikiran manusia, baik pikiran sadar (conscius mind) maupun pikiran bawah sadar (sub conscius mind).

Trainer Lisensi IHC yaitu I Dewa Gede Sayang Adi Yadnya, mengajak Peserta Pasraman Kilat untuk berpraktik Wacika Parisudha berupa afirmasi / self talk positif (18/02/2024). (Foto: Prana Putras, Berita: Idewa Adiyadnya/ Redaksi Suara Utma)
Trainer Lisensi IHC yaitu I Dewa Gede Sayang Adi Yadnya, mengajak Peserta Pasraman Kilat untuk berpraktik Wacika Parisudha berupa afirmasi / self talk positif. (18/02/2024). (Foto: Prana Putras, Berita: Idewa Adiyadnya/ Redaksi Suara Utama)

Wakil Ketua IX Bidang Hubungan antar Agama dan Kepercayaan PHDI Kota Bekasi ini mengatakan kepada peserta bahwa konsep kearifan lokal masyarakat Bali yang kini dikenal dengan ajaran Tri Kaya Parisudha merupakan pelajaran kehidupan yang universal.

BACA :  Ku Temukan Kafe Segudang Informasi dan Inspirasi di Yogyakarta 

“Dalam konteks saya mengajar dalam pelatihan hypnosis pun ini saya sampaikan juga, bahwa pikiran anda mempengaruhi nasib anda. Pikiran yang baik akan menghadirkan perkataan yang baik, perkataan yang baik akan mendorong tindakan yang baik, tindakan yang baik diulang-ulang secara konsisten akan menjadi kebiasan yang baik, kebiasaan yang baik dan unggul akan membawamu ke dalam nasib baik”. Ujar Dewa.

Narasumber Putu Hadiatmika dalam Pasraman Kilat di PATB  Kota Bekasi. (18/02/2024). (Foto: Prana Putras, Berita: Idewa Adiyadnya / Redaksi Suara Utama)
Narasumber Putu Hadiatmika dalam Pasraman Kilat di PATB Kota Bekasi. (18/02/2024). (Foto: Prana Putras, Berita: Idewa Adiyadnya / Redaksi Suara Utama)

BACA JUGA: Dahsyat KITA IHC: 1700-an Orang Peserta Seminar di Surabaya di-Hipnosis

Berdasarkan penelusuran Redaksi bahwa pembicara I Dewa Gede Sayang Adi Yadnya tercatat aktif di berbagai organisasi sosial kemasyarakatan. Selain aktif melayani Umat Hindu sebagai salah seorang pengurus pada PHDI Kota Bekasi, Sekretaris Umum Dewan Pengurus Nasional KITA IHC (Indonesian Hypnosis Centre) ini getol ikut andil memasyarakatkan kebermanfaatan keilmuan hypnosis di Indonesia.

Diketahui redaksi bahwa pelatihan dengan tajuk “Hypnowriting: Rahasia Mengatasi Mental Block dan Hambatan Dalam Menulis” merupakan program unggulan hipnosis terapan LKP Indonesian Hypnosis Centre yang diampu trainer Dewa.

Peserta Pasraman Kilat mengikuti rangkaian acara dengan riang gembira. (18/02/2024). (Foto: Prana Putras, Berita: Idewa Adiyadnya/ Redaksi Suara Utma)
Peserta Pasraman Kilat mengikuti rangkaian acara dengan riang gembira. (18/02/2024). (Foto: Prana Putras, Berita: Idewa Adiyadnya/ Redaksi Suara Utama)

Dalam kesempatan tersebut, Dewa yang kelahiran Karangasem Bali ini juga menyampaikan kepada peserta bahwa menulis (menghasilkan karya tulis) dapat menjadi salah satu contoh dari praktik Tri Kaya Parisudha.

BACA :  Sinergitas Pemerhati Jurnalis Siber dan AR Learning Center serta RSU Wujudkan Wartawan Berkompeten

“Pikiran baik dan kata-kata yang baik ketika diwujudkan dalam bentuk tindakan tulus untuk menulis dapat memberikan kebermanfaatan bagi diri sendiri dan masyarakat ataupun umat”. Sambung Dewa.

Dewa telah menerbitkan berbagai judul buku yang beredar secara nasional. Beberapa hari lalu berhasil menyabet penghargaan dari YPPN Yogyakarta sebagai Penulis Terbaik dan Super dalam rangka Hari Pers Nasional 2024 dan Milad Suara Utama ke 2. Dewa mengajak bagi siswa-siswi dan masyarakat yang mempunyai hobi menulis untuk berkolaborasi dalam berkarya untuk dharma.

BACA JUGA: Umat Di-nomor-1-kan, PHDI Kota Bekasi Sukses untuk Konsisten Layani Konseling Pra-nikah

Kantor Redaksi Suara Utama Pasraman Memberikan Penghargaan Award kepada Jurnalis dan Penulis dalam Memperingati Hari Pers Nasional 2024 atas pengabdiannya. FOTO: Dok. Internal/Mas Andre Hariyanto (SUARA UTAMA)
Kantor Redaksi Suara Utama Memberikan Penghargaan Award kepada Jurnalis dan Penulis dalam Memperingati Hari Pers Nasional 2024 atas pengabdiannya. FOTO: Dok. Internal/Mas Andre Hariyanto (SUARA UTAMA)

Pembicara kedua yaitu Putu Hadiyatmika membawakan judul: Toleransi Beragama dalam Pemahaman Ajaran Catur Asrama Khususnya Brahmacari. Hal penting yang disampaikan oleh Putu bahwa toleransi dan kerukunan harus dirawat oleh generasi muda.

“Kabar baiknya adalah Kota Bekasi merupakan peraih penghargaan sebagai kota toleran terbaik kedua di Indonesia”. Imbuh Putu.

BACA JUGA: Parisada Hindu Dharma Indonesia dan 9 Organisasi Keagamaan Hindu Sukses Gelar Doa Pemilu Damai

Sementara itu, Ketua Pasraman Tirta Bhuana Bekasi yaitu I Nyoman Suranta mendampingi acara pasraman kilat dari awal hingga menutup acara.

“Pasraman mendukung penuh untuk menguatkan anak-anak generasi muda Hindu di Bekasi khususnya dapat semakin mengetahui Budaya Hindu melalui kegiatan pasraman kilat ini”. Pungkas Suranta.

Berita Terkait

FORMASI Enrekang Kembali Menyalurkan Bantuan Tunai Puluhan Juta Rupiah untuk Palestina
Kurangnya Perhatian Pemkab, Begini Kondisi Jalan di Desa Tanjung Dalam Kecamatan Lembah Masurai
Halal Bihalal AR Learning Center dan Suara Utama Gandeng Pakar Hipnoterapi dan Kolonel AD
Viral, Satu Satunya Angkringan di Kepanjen Malang Sediakan Sego Kucing Khas Jogja. Angkringan Prabu Moker
SMPN Satu Atap Jabon Sidoarjo Gelar Halal bi Halal Peduli dan Ramah Anak
Penuh Ceria Hari Pertama Sekolah Siswa SD Negeri 1 Gedung Karya Jitu Lampung Pasca Libur Idul Fitri
Klinik Rawat Inap Ramdani Husada Malang Salurkan Bantuan ke RMR Kepanjen
OMK St.petrus Leuwayan Melepas kontingen Qasidah Rebana Remaja Mesjid Namira Leuwayan
Berita ini 59 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 23 April 2024 - 22:47 WIB

FORMASI Enrekang Kembali Menyalurkan Bantuan Tunai Puluhan Juta Rupiah untuk Palestina

Selasa, 23 April 2024 - 13:54 WIB

Kurangnya Perhatian Pemkab, Begini Kondisi Jalan di Desa Tanjung Dalam Kecamatan Lembah Masurai

Senin, 22 April 2024 - 23:07 WIB

Halal Bihalal AR Learning Center dan Suara Utama Gandeng Pakar Hipnoterapi dan Kolonel AD

Minggu, 21 April 2024 - 11:52 WIB

Viral, Satu Satunya Angkringan di Kepanjen Malang Sediakan Sego Kucing Khas Jogja. Angkringan Prabu Moker

Sabtu, 20 April 2024 - 16:12 WIB

SMPN Satu Atap Jabon Sidoarjo Gelar Halal bi Halal Peduli dan Ramah Anak

Sabtu, 20 April 2024 - 14:02 WIB

Penuh Ceria Hari Pertama Sekolah Siswa SD Negeri 1 Gedung Karya Jitu Lampung Pasca Libur Idul Fitri

Jumat, 19 April 2024 - 16:20 WIB

Klinik Rawat Inap Ramdani Husada Malang Salurkan Bantuan ke RMR Kepanjen

Kamis, 18 April 2024 - 17:45 WIB

OMK St.petrus Leuwayan Melepas kontingen Qasidah Rebana Remaja Mesjid Namira Leuwayan

Berita Terbaru