Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jakarta Sosialisasi hukum dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Lapas Jelekong Bandung

- Jurnalis

Rabu, 21 Desember 2022 - 21:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA, JAKARTA- Dalam kehidupan masyarakat saat ini banyak orang masih menganggap bahwa kesadaran hukum yang ada saat ini masih dianggap sebelah mata.

Secara sosial orang menganggap hukum berlaku saat ini dijalankan jika terdapat pelanggaran terjadi. Padahal secara umum, negara menginginkan tindakan pencegahan sangat perlu dilakukan agar tingkat pelanggaran hukum dapat ditekan secara signifikan.

Sebagai akademisi hukum yang akan terjun ke masyarakat, maka universitas Jakarta melakukan pengabdian masyarakat di Lapas Narkotika Kelas II di Bandung di daerah Jelekong (Senin, 19 Desember 2022)

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jakarta Sosialisasi hukum dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Lapas Jelekong Bandung Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam penelitian serta pendalaman menemukan warga binaan dan tahanan titipan yang masih belum paham mengenai proses hukum dan kesadaran akan pentingnya hukum yang berlaku di Indonesia sehingga tuntutan di pengadilan terkadang jauh lebih berat dibanding dengan tindakan yang dilakukan dan masih kurangnya pendampingan dalam menghadapi proses hukum yang sedang berlangsung sehingga banyak warga binaan menerima putusan tanpa ada pembelaan secara proporsional.

Dalam kegiatan ini di pimpin oleh Kaprodi hukum Retno Untari, SH.MH didampingi dosen nara sumber pertama Yapiter Marpi S.Kom, SH.MH dan narasumber kedua Erlangga, SH.MH serta mahasiswa universitas Jakarta semester 5 yang menggagas kegiatan ini dengan tema Sosialisasi sadar Hukum pada Warga Binaan Pemasyarakatan di Lembaga Narkotika Kelas IIA Bandung.

Narasumber pertama menyampaikan tentang “ Rendahnya Kesadaran hukum yang ada saat ini “ dimana hasil pemaparan ini warga binaan untuk terus melakukan perbaikan diri serta perilaku lebih baik agar setelah selesai menjalani proses hukum dapat diterima masyarakat serta berperan aktif dengan memberikan manfaat kedepannya.

Narasumber kedua menyampaikan pemaparan dengan tema “ Pentingnya pengetahuan mengenai TPPU ( Tindak Pidana Pencucian Uang ) “ yang selama ini masih sangat kurang dirasakan dalam sosialisasi sehingga warga binaan, mahasiswa dan masyarakat umum bisa menghindari kesalahan atau pelanggaran dibidang pencucian tersebut.

Penyampaian dan sosialisasi dihadiri juga petugas lapas yang mewakili Kepala Lembaga Pemasyarakatan Amirudin, SE.MH. Agus Sutisna, SH.MH beserta jajarannya berjalan dengan lancar dan interaktif . Pengabdian masyarakat ini menjadi salah satu prioritas bagi Dosen dan Mahasiswa sendiri dalam menyerap secara detail keadaan nyata yang dihadapi dimasyarakat serta membantu secara aktif kesadaran masyakarat akan pentingnya hukum yang berlaku di Indonesia.

BACA JUGA :  Keturunan PKI Boleh Mendaftar Menjadi TNI

Acara tersebut dipandu oleh moderator dari mahasiswa fakultas hukum sebagai sarana pembelajaran sebelum terjun di masyarakat dan praktek nyata dalam kehidupan hukum di Indonesia.

Metode penyampain materi selain dengan dialog interaktif juga dilakukan tanya jawab antara warga binaan, dosen, mahasiswa dan petugas lapas agar pengetahuan dan kesadaran hukum diberikan dapat diterima dan dimengerti secara baik.

Pengabdian masyakarat ini diharapkan berkelanjutan dengan tema, tempat dan tujuan yang berbeda agar mahasiswa , dosen serta pihak penerima dapat terus meningkatkan kualitas pengetahuan hukum yang ada di Indonesia.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Plakat penghargaan dari perwakilan universitas Jakarta oleh Retno Untari.SH.MH kepada Kepala Lapas dengan diwakili Amirudin, SH.MH disaksikan Dosen, mahasiswa, wargabinaan serta petugas lapas yang hadir.

Adapun Lapas Narkotika kelas IIA bandung menyerahkan piagam penghargaan atas kujungan ke LAPAS kepada dosen dan Mahasiswa universitas Jakarta yang kedepan terus bisa berkontribusi dalam pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dimasa depan.

Sinergi masyarakat dan pihak akademisi melalui penguruan tinggi akan terus ditingkatkan sebagai salah satu wujud tri dharma pendidikan yang dikembangkan serta ditingkatkan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi bahwa perguruan tinggi mampu mempunyai peran aktif dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat melalui pengabdian masyarakat yang sudah dilakukan.

Diharapkan dengan kegiatan sosialisasi dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan tersebut, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat baik dari warga binaan lapas dan masyarakat umum agar pelaksanaan penerapan hukum Indonesia dapat berjalan baik sesuai dengan tujuan pemerintah menciptakan keadaan aman, tertib dan sejahtera bagi seluruh warga negara Indonesia.

Berita Terkait

Banjir Besar Hanyutkan Jembatan Masyarakat Pulau Panggung Lampung Kini Gunakan Jembatan Bambu
Management PT. Well Harvest Winning Alumina RefInery (PT. WHW) Salurkan CSR untuk Qurban.
Pengukuhan DDII Tahun 2024-2027 dan Penyembelihan Hewan Qurban di Musholla Istiqomah Desa Gajah Kecamatan Meranti Kabupaten Asahan
Presiden Jokowi Rayakan Ulang Tahun ke-63 dengan Tetap Bekerja Seperti Biasa
KNPB Nabire Bantah Terlibat Pembakaran Kantor Dan Fasilitas Umum
Posyandu Mawar Desa Sido Harjo Gelar Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting
Penyebab Server Sihalal Down Sampai Hari Ini, Jumat 21 Juni 2024
Pembukaan Raker, Komnas PA Jawa Timur Berharap Kader Siap Menjadi Pejuang Anak
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 22 Juni 2024 - 14:00 WIB

Banjir Besar Hanyutkan Jembatan Masyarakat Pulau Panggung Lampung Kini Gunakan Jembatan Bambu

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:10 WIB

Pengukuhan DDII Tahun 2024-2027 dan Penyembelihan Hewan Qurban di Musholla Istiqomah Desa Gajah Kecamatan Meranti Kabupaten Asahan

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:42 WIB

Presiden Jokowi Rayakan Ulang Tahun ke-63 dengan Tetap Bekerja Seperti Biasa

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:18 WIB

KNPB Nabire Bantah Terlibat Pembakaran Kantor Dan Fasilitas Umum

Jumat, 21 Juni 2024 - 17:01 WIB

Posyandu Mawar Desa Sido Harjo Gelar Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Jumat, 21 Juni 2024 - 16:39 WIB

Penyebab Server Sihalal Down Sampai Hari Ini, Jumat 21 Juni 2024

Jumat, 21 Juni 2024 - 14:42 WIB

Pembukaan Raker, Komnas PA Jawa Timur Berharap Kader Siap Menjadi Pejuang Anak

Jumat, 21 Juni 2024 - 09:14 WIB

Redaksi SUARA UTAMA Ucapkan Selamat Raker Komnas Perlindungan Anak Se Malang Raya

Berita Terbaru

Ilustrasi: Dampak Medsos Terhadap Hubungan Keluarga: Gambar AI (Suara Utama.id)

Artikel

Pengaruh Media Sosial terhadap Hubungan Keluarga

Sabtu, 22 Jun 2024 - 07:20 WIB