SUARA UTAMA, Bekasi – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta (PBA UNJ) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menggunakan Teknologi Digital untuk Pembelajaran”. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 21 Juni 2025, bertempat di MTs Al-Ajhariyyah, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dan diikuti oleh para guru dari lingkungan madrasah tersebut yang antusias mengikuti seluruh rangkaian pelatihan.
Tim pengabdian terdiri dari 7 dosen dan 19 mahasiswa yang berperan aktif dalam mendukung seluruh rangkaian kegiatan. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Yayasan Al-Ajhariyyah, KH. Muhiddin Kamal, S.Q., dan kepala MTs Al-Ajhariyyah, Ahmad Mus’ab, S.E.I., diikuti oleh sambutan dari Hendrawanto, M.A., M.Pd. selaku perwakilan dosen PBA UNJ. Dalam sambutan tersebut, seluruh pihak menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pelatihan ini, yang dinilai sebagai upaya konkret dalam meningkatkan kompetensi guru, khususnya dalam menghadapi tantangan pembelajaran berbasis teknologi digital.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT
Kegiatan pelatihan terbagi ke dalam tiga sesi materi. Materi pertama mengangkat judul “Merancang Modul Ajar Berbasis Platform Digital” yang disampaikan oleh Hendrawanto, M.A., M.Pd., Khotimatun Nafi’ah, M.Pd., dan Mia Mutmainah, M.Hum. Para pemateri memaparkan pentingnya penggunaan platform digital dalam mendesain modul ajar yang interaktif dan mudah diakses oleh siswa. Sesi kedua dilanjutkan dengan materi “Pemanfaatan Prompt Chat GPT untuk Pembelajaran” yang dibawakan oleh Dr. Mohamad Sarip, M.A., dan Andri Ilham, MA.Hum. Materi ini memberikan wawasan praktis tentang bagaimana kecerdasan buatan (artificial intelligence), khususnya ChatGPT, dapat dimanfaatkan sebagai mitra guru dalam merancang materi pembelajaran, menyusun soal, hingga mencari inspirasi pengajaran. Sesi ketiga mengangkat tema “Penerapan Game Digital sebagai Media Pembelajaran Interaktif” yang disampaikan oleh Siti Masyitoh, S.Hum., M.A., dan Rifda Haniefa, M.Pd. Pada sesi ini, para peserta diperkenalkan dengan berbagai platform permainan edukatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa di kelas.
Selain sesi pelatihan, panitia juga menyiapkan doorprize khusus bagi peserta yang aktif berkontribusi dalam diskusi dan praktik selama kegiatan berlangsung. Suasana kegiatan berlangsung hangat dan penuh antusias, terlihat dari partisipasi aktif para guru selama pelatihan.
Sebagai penutup, panitia menyebarkan survei kepuasan kepada para peserta. Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas guru merasa sangat senang dan terbantu dengan materi yang disampaikan. Mereka menilai kegiatan ini sangat bermanfaat karena menambah pengetahuan mereka tentang pemanfaatan teknologi digital dan media interaktif yang dapat langsung diterapkan dalam proses belajar-mengajar di madrasah.
Kegiatan ini menjadi bukti nyata komitmen Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNJ dalam menjalankan peran Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya di bidang pengabdian kepada masyarakat, dengan harapan dapat terus memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan sekolah dan lembaga pendidikan lainnya.
Penulis : Andre
Editor : Ady Lubis
Sumber Berita : Wartawan Suara Utama














