BPJS Kesehatan Lombok Timur Terus Berbenah Menuju Pelayanan Paripurna

- Penulis

Rabu, 6 November 2024 - 21:27 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

IMG 20241105 115938 scaled BPJS Kesehatan Lombok Timur Terus Berbenah Menuju Pelayanan Paripurna Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

Foto: Kepala BPJS Kesehatan Cabang Selong Elly Widiani (ditengah) bersama jajaran.

Berbagai pembenahan dan terobosan guna memberikan pelayanan terbaik untuk para peserta BPJS Kesehatan ternyata bukan isapan jempol belaka. Hal itu terlihat dari terobosan dan inovasi yang dilakukan. Diantaranya, tersedianya layanan online melalui Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan program mencicil iuran bagi peserta yang mengalami kesulitan. Dengan tersedianya cicilan bagi peserta yang belum mampu melunasi tunggakan iuran. JKN kini telah tersedia program pembayaran iuran bertahap yang dikenal dengan cicilan REHAB.

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 BPJS Kesehatan Lombok Timur Terus Berbenah Menuju Pelayanan Paripurna Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Selong Elly Widiani kepada awak media menyatakan komitmennya untuk memberikan pelayanan yang cepat, mudah, dan berkualitas. Khususnya, fasilitas kesehatan serta memberikan pelayanan terbaik

Menurutnya, kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk rumah sakit, pemerintah daerah, dan media massa dan sejumlah stage holder terkait sangat diperlukan guna memudahkan pelaksanaan program dan pelayanan terbaik pada peserta.

Elly Widiani, menekankan pentingnya integritas dan kolaborasi dalam menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Integritas, sambungnya harus menjadi pijakan utama dalam bekerja dengan mengedepankan kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab harus selalu dijunjung tinggi oleh seluruh pegawai.

Lebih jauh disampaikan Elly peserta diharapkan untuk proaktif dalam memeriksa status kepesertaan mereka melalui aplikasi mobile JKN atau layanan Pandawa.

“Kini masyarakat dimudahkan dengan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp yang disingkat Pandawa dan bisa diakses melalui nomer layanan 08118165165 “ucapnya pada (5/11/2024).

Layanan tersebut dapat diakses tanpa batas di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili peserta.

BACA JUGA :  Wawako Padang Terima Kunjungan Peserta PKP PPSDM Regional Bukittinggi

Pada kesempatan itu, ia membeberkan sejumlah janji layanan yang harus dipatuhi oleh seluruh fasilitas kesehatan diantaranya: menerima KTP sebagai identitas peserta, tidak meminta fotokopi dokumen, memberikan pelayanan tanpa biaya tambahan di luar ketentuan, dan tidak membatasi hari rawat pasien (sesuai indikasi medis), memberikan pelayanan obat yang dibutuhkan dan tidak membebankan peserta untuk mencari obat jika terdapat kekosongan obat, dan  melayani peserta dengan ramah tanpa diskriminatif.

Berdasarkan data terkini kepesertaan JKN di Kabupaten Lombok Timur dari 1.426.856 jumlah penduduk Lombok Timur sebanyak 1.411.556 jiwa telah menjadi peserta BPJS kesehatan atau 98,86 persen. Sementara tingkat keaktifan mencapai 1.066.861 atau sekitar 74,72 persen.

Kendati demikian tantangan yang dihadapi saat ini adalah terkait dengan tingkat keaktifan peserta. Meskipun dari data banyak yang terdaftar, akan tetapi tidak aktif membayar iuran berjumlah 53.092 peserta dengan total tunggakan sebesar 37 milyar lebih.

“Maka dari itu dalam kesempatan ini kami mengajak masyarakat untuk tetap aktif membayar iuran agar dapat menikmati manfaat program JKN secara maksimal,” himbaunya pada wartawan.

Mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) mengatur tentang perlindungan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia: Jaminan kesehatan, Jaminan kecelakaan kerja, Jaminan pensiun, Jaminan hari tua, Jaminan kematian.

“Proteksi jaminan kesehatan seluruh masyarakat akan terwujud. Tentunya, jika seluruh elemen masyarakat ikut aktip menjadi peserta program JKN, karena didalamnya memiliki prinsip gotong royong dan tolong menolong. Begitupula dengan BPJS Kesehatan akan terus berbenah menuju pelayanan paripurna pada masyarakat,” pungkasnya.

Berita Terkait

Jambore Posyandu Jadi Momentum, Honor Kader di Subang Dinaikkan
Krisis Penegakan Hukum di Indonesia
Pemerintah Sesuaikan PTKP 2025 untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Kaleidoskop 2025: Bukan Sekadar Bencana Alam, tetapi Bencana Tata Kelola
Pernah Berhadapan dengan Hukum, Eko Wahyu Pramono Kini Aktif di Advokasi Publik
Memahami SP2DK dari Kacamata Wajib Pajak dan Fiskus
Moekajat Fun Camp 2025 #1 Sukses Digelar, Pererat Kebersamaan Keluarga Lintas Generasi
FES 2025 Dorong Kolaborasi Positif Generasi Muda Lewat Sport, Expo, dan SEKSOS
Berita ini 197 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 13 Desember 2025 - 22:45 WIB

Jambore Posyandu Jadi Momentum, Honor Kader di Subang Dinaikkan

Sabtu, 13 Desember 2025 - 15:21 WIB

Krisis Penegakan Hukum di Indonesia

Sabtu, 13 Desember 2025 - 11:16 WIB

Pemerintah Sesuaikan PTKP 2025 untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Jumat, 12 Desember 2025 - 18:30 WIB

Pernah Berhadapan dengan Hukum, Eko Wahyu Pramono Kini Aktif di Advokasi Publik

Jumat, 12 Desember 2025 - 17:49 WIB

Memahami SP2DK dari Kacamata Wajib Pajak dan Fiskus

Jumat, 12 Desember 2025 - 17:13 WIB

Moekajat Fun Camp 2025 #1 Sukses Digelar, Pererat Kebersamaan Keluarga Lintas Generasi

Jumat, 12 Desember 2025 - 16:54 WIB

FES 2025 Dorong Kolaborasi Positif Generasi Muda Lewat Sport, Expo, dan SEKSOS

Jumat, 12 Desember 2025 - 14:25 WIB

Oknum BRI Unit Banyuanyar Bungkam, Diduga Tidak Profesional Karepe Dewe

Berita Terbaru

Gambar Kegiatan Jambore Pos Yandu Kabupaten Subang 2025 – Sabtu, 13/12/2025.

Berita Utama

Jambore Posyandu Jadi Momentum, Honor Kader di Subang Dinaikkan

Sabtu, 13 Des 2025 - 22:45 WIB

Dr. Firman Tobing

Hukum

Krisis Penegakan Hukum di Indonesia

Sabtu, 13 Des 2025 - 15:21 WIB