banner 728x250
Opini  

Nilai Luhur Pancasila Modal Membangun Bangsa

WhatsApp Image 2022 12 19 at 21.14.17 Nilai Luhur Pancasila Modal Membangun Bangsa Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
144 Kali Dibaca

Oleh : Hamka Kedang

SUARA UTAMA _Wakil ketua MPR Fadel Muhammad mengatakan bahwa Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan landasan bagi pembangunan bangsa. Oleh karena itu perlu disisipkan dan dijunjung tinggi oleh seluruh warga.

Sangat penting untuk diperhatikan. Karena di era sekarang ini dimana kemajuan teknologi informasi sudah sangat pesat memasuki ruang pribadi setiap manusia. Sangat mudah mendapatkan informasi apapun, termasuk informasi negatif, termasuk ajaran ekstremisme dan ideologi baru. tidak sesuai dengan identitas bangsa dan negara.

Agna Suaila Johny Krisnan (2019: 1) mengatakan bahwa pada era global atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan era industry 5.0 ternyata membawa dampak luar biasa bagi tatanan kehidupan politik, berbangsa dan bernegara. Di era globalisasi ini nilai-nilai luhur Pancasila terus mengalami degradasi khususnya di kalangan generasi muda atau kalangan pelajar.

Nilai-nilai luhur Pancasila saat ini mulai luntur, contohnya sikap acuh tak acuh, sikap ingin menang sendiri, tidak setia kawan dan lain sebagainya. Penyebab lunturnya nilai-nilai tersebut sangat beragam, diantaranya karena kesenjangan sosial atau status sosial, karena sikap egois masing-masing individu, kurangnya pemahaman atau penanaman tentang nilai-nilai peduli sosial, kurangnya sikap toleransi, simpati dan empati.

Padahal Pancasila merupakan adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia yang merupakan pedoman hidup bernegara, oleh karena itu pembangunan tata kelola kehidupan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila termasuk nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai kesatuan, nilai demokrasi dan nilai keadilan. Karena pembangunan nasional pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Pancasila sendiri merupakan sumber hukum yang ada di Indonesia, sejalan dengan hal tersebut peran pancasila sangatlah besar bagi eksistensi kehidupan berbangsa dan bernegara. Peran pancasila di era global sekarang ini adalah untuk menjaga segala sesuatu dalam kehidupan bermasyarakat yang akan mempertahankan otoritas negara dan penegakan hukum serta menjadi pelindung hak-hak dasar warga negara sebagai manusia

Secara kreatif dan energik Pancasila mampu memadukan cita-cita masa depan dan menjadi jalan keluar penyelesaian masalah masa kini. Sebagaimana telah dibuktikan oleh sejarah, Pancasila dapat menjadi dasar yang kokoh bagi persatuan dan kesatuan bangsa.

Perjuangan tokoh-tokoh terdahulu membuat pondasi negara agar kokoh membutuhkan pikiran, tenaga dan perjuangan yang sungguh-sungguh. Sehingga sebagai generasi muda harus turut andil memberikan kontribusi terhadap negara yang sudah di perjuangkan selama bertahun-tahun. Salah satu kontribusinya adalah menerapkan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari.

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90