SUARA UTAMA, NGAWI – MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MEMBILANG ANGKA 1-20 MELALUI KEGIATAN BERMAIN APE MINI ZOO ANGKA PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA 5 MLOKOREJO PUGER KABUPATEN JEMBER
Oleh Susana
Bu Susana sedang mempraktekan – MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MEMBILANG ANGKA 1-20 MELALUI KEGIATAN BERMAIN APE MINI ZOO ANGKA PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA 5 MLOKOREJO PUGER KABUPATEN JEMBER . Foto & Gambar: Dokumentasi Pribadi Bu Susana
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
- PENDAHULUAN
Pentingnya meningkatkan kemampuan kognitif dalam membilang angka 1-20 melalui kegiatan bermain APE mini zoo angka karena dari 15 anak terdapat 10 anak yang belum dapat membilang angka 1-20 pada kelompok B di TK DHARMA WANITA 5.
Menurut Geraisa dkk(2021) mengenal simbol angka 1-20 membutuhkan kosentrasi untuk dapat mengingat,mengenal angka dengan bantuan media dalam kegiatan belajarnya.Menurut Lusia(2018) poster harus mudah di ingat,gambarnya menarik,mudah dipasang dan mudah dibaca.Poster merupakan salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan konitif anak.Menurut Nurhaliza, dkk (2019) : mengembangkan kemampuan kognitif khususnya tentang pengenalan bilangan 1 -20 diawali dengan hal-hal disekitar anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam membilang angka 1-20.
Penulis sebagai guru yang merancang pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam membilang angka 1-20 melalui kegiatan bermain APE mini zoo angka dengan menggunakan pembelajaran proyek.Alat dan bahan dari sterofoam,gambar binatang,gambar angka 1-20,kertas origami,tusuk gigi,stik es krim, lem dan gunting.
- PEMBAHASAN
Menurut kepala sekolah dan rekan guru di TK DHARMA WANITA 5 penyebab anak belum dapat membilang angka 1-20 yaitu pengenalan angka 1-20 kurang dimengerti anak dan media pembelajaran kurang menarik bagi anak.
Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus.Pada siklus 1 menggunakan media gambar binatang,gambar angka 1-20 dari kertas HVS dan pohon dari kertas origami yang tipis,kendalanya yaitu anak menggunting dan menempel tidak sesuai garis, anak belum dapat berkolaborasi bersama teman dan ada anak yang belum dapat membilang angka 1-20.Hasilnya terdapat 4 anak yang menggunting dan menempel tidak sesuai garis, 3 anak belum dapat berkolaborasi bersama teman dan 4 anak yang belum dapat membilang angka 1-20. Rencana tindak lanjut yaitu memberikan contoh menggunting dan menempel yang benar,membuat kesepakatan bermain bersama teman ,dan mengembangkan media pembelajaran yang menarik bagi anak. Karena di siklus 1 media dan stratesi guru kurang tepat maka praktik pembelajaran ini dilanjutkan ke siklus 2.
Pada siklus 2 melakukan pembiasaan membilang angka 1-20 dengan suara yang jelas,menggunakan poster gambar binatang dan poster gambar angka 1-20 serta menggunakan kertas bufalo berwarna.Hasilnya dari 15 anak terdapat 14 anak yang dapat membilang angka1-20 dan 1 anak yang belum dapat membilang 15-20.Berdasarkan hasil tersebut,praktik baik ini dinyatakan berhasil sangat baik.
Praktik baik ini bisa dijadikan referensi bagi guru lain untuk memberikan dampak positif atau inovasi pada kegiatan pembelajaran di masa yang akan mendatang.
- KESIMPULAN
Bahwa kegiatan bermain APE mini zoo angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam membilang angka 1-20 karena anak mendapatkan pengalaman belajar secara langsung dan media pembelajarannya menarik bagi anak,sehingga anak antusias dan bersemangat dalam proses pembelajaran.
- DAFTAR PUSTAKA
Chanet,dayura,geraisa.Utami,budi,adnani.(2021). Pengenalan Angka Kepada Anak Usia 6 Tahun dengan Media Kartu.Jurnal Kajian Psikologi dan Konseling.Vol 12,No 2, https://jurnal.unimed.ac.id/ 2012/index.php/Konseling/ article/view/30438
Indriyani,Lusia(2018).Pengembangan Media Poster Sebagai Bahan Ajar dalam Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
http://repository.radenintan.ac.id/4677/
Nurhaliza, Inggit Winarsih, Wahyuni Windi Ida, (2019). Pengenalan Angka 1-20 dalam Pengembangan Kogtitif Siswa Tk Kartika Pekanbaru.. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol. 2 No. 2, Oktober.
https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/4455
Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya
Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)
Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya
Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)