banner 728x250

Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sulawesi Selatan Sukses Gelar Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) Tahun 2022

kpd2 Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sulawesi Selatan Sukses Gelar Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) Tahun 2022 Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
227 Kali Dibaca

SUARA UTAMA, SULAWESI SELATAN – Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sulawesi Selatan mulai melaksanakan program kerja hasil Rakerda tahun 2022  yaitu melaksanakan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar atau yang biasa disebut KPD. Kegiatan ini dilaksanakan selama delapan hari yaitu mulai tanggal 23-30 maret 2022 dengan metode pembelajaran sistem blended/mix method dengan menerapkan sistem daring (dalam jaringan) via zoom cloud meeting selama empat hari dan luring (luar jaringan) selama empat hari yang berlokasi di Tanjung Pallette Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 39 peserta yang merupakan utusan dari berbagai Kwartir cabang se Sulawesi Selatan maupun dari luar Sulsel.

Kegiatan KPD ini selain sebagai program kerja Kwarda Sulawesi Selatan juga dalam rangka memenuhi kebutuhan pelatih di setiap Kwartir Cabang khususnya yang berada di seluruh Kwarcab di Provinsi Sulawesi Selatan.

Acara ini dibuka langsung oleh kak Dr.Drs H Sigit Moryono, BA.,S.Pd.,M.Pd.,Kons selaku Kepala Pusdiklatnas yang akrab dipanggil kak Sigit. didalam sambutannya beliau mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini, “terimakasih kepada Kwartir Daerah Sulawesi Selatan yang dalam hal ini Pusdiklatda Sulsel yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan kepada seluruh peserta selamat mengikuti dengan baik”.

kpd4 Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sulawesi Selatan Sukses Gelar Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) Tahun 2022 Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Kwartir Daerah Sulawesi Selatan kak Dr.H Budiman Tahir, M.Pd. yang akrab disapa kak Budi, mengharapkan seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat menjadi pelatih yang memiliki karakter selepas kegiatan KPD ini. “saya berharap kakak-kaka sekalian mampu menjadikan momen kegiatan KPD ini sebagai wadah kakak-kaka untuk betul-betul mengasah dan mempelajari bagaimana menjadi seorang pelatih yang mampu menciptakan atau membentuk karakter yang baik sehingga dapat menjadi contoh bagi para Pembina yang dilatih nantinya”.Sebagaimana keterangan yang didapatkan oleh suarautama.id, Selasa, (29/03/2022).

Kegiatan ini meski diadakan masih dalam suasana pandmei covid 19 seluruh peserta dan panitia dapat dipastikan telah melalui tahap pemeriksaan kesehatan, mulai dari vaksin hingga antigen sebelum memasuki lokasi kegiatan. Berjalannya kegiatan juga seluruh peserta dan panitia maupun pelatih disediakan makanan yang bergizi dan waktu istirahat dan olahraga pagi yang cukup sehingga dapat tetap sehat dan bugar selama kegiatan.

Di akhir kegiatan acara ini ditutup oleh kak Ir.Hj. Norma,B.Tamzil, M.Si selaku Wakil Ketua Komisi Pembinaan Anggota Dewasa yang akrab disapa kak Norma. Beliau menegaskan bahwa 39 pelatih yang telah lulus KPD ini diharapkan betul-betul memahami aturan dalam gerakan pramuka dan memahami betul sistem pendidikan karakter yang seharusnya diajarkan oleh seorang pelatih kepada Pembina dan Pembina ke peserta didik. “pertama saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah dinyatakan lulus dalam pendidikan ini, kedua saya ingin menekankan bahwa dalam membangun pendidikan dalam kepramukaan, seorang pelatih yang nantinya akan kembali membina di gugusdepannya harus mengubah cara membinanya, tidak boleh membuat peserta didik takut masuk pramuka karena disebabkan oknum yang melakukan tindakan-tindakan yang kurang baik sehingga seluruhnya dianggap kurang baik dan pada akhirnya peserta didik enggan dan merasa takut untuk masuk bergabung di pramuka”.

kpd3 Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sulawesi Selatan Sukses Gelar Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) Tahun 2022 Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

Selanjutnya seluruh peserta, pelatih dan panitia berfoto bersama sebelum masing-masing kembali ke daerahnya.

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90