PKM Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD Universitas PGRI Palembang, Rekayasa Ekosistem Entrepreneurship Kurikulum Merdeka di Sekolah

- Jurnalis

Minggu, 26 Mei 2024 - 10:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Photo kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen Prodi Pendidikan Akuntansi dan PGSD FKIP Universitas PGR IPalembang di SMK Setia Darma Palembang yang dilaksankaan pada Sabtu, 25 Mei 2024 dengan tema

Photo kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen Prodi Pendidikan Akuntansi dan PGSD FKIP Universitas PGR IPalembang di SMK Setia Darma Palembang yang dilaksankaan pada Sabtu, 25 Mei 2024 dengan tema "Rekayasa Ekosistem Entrepreneurship Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menghadapi Era Society 5.0"

SUARA UTAMA, Palembang – Dosen mempunyai kewajiban tri darma perguruan tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Atas dasar itulah dosen-dosen program studi Pendidikan Akuntansi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Palembang melaksanakan PkM dengan temaRekayasa Ekosistem Entrepreneurship Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menghadapi Era Society 5.0″  di SMK Setia Darma Palembang (Sabtu, 25/05/2024).

Dosen-dosen Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang yang melaksanakan PkM antara lain M. Toyib, M.Pd, Dr (Cand) Hendri Gunawan, M.Pd, Zahruddin Hodsay, S.Pd, MM, C.LMA, C.MMI, C.FR, C.FTax, QBE, C.PE, Erma Yulaini, S.Pd, M.Si, Dr (Cand) Diana Widhi Rachmawati, S.IP, MM dan Dr (Cand) Depi Pramika, S.Pd, M.Si dan Nuryanti Permatasari, SE.Ak, MM. Sedangkan dosen PGSD adalah Hj. Ida Suryani, S.Pd, M.Si.

Tidak hanya dosen, kegiatan PkM ini juga melibatkan peran aktif mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi, yaitu mahasiswa semester IV Rino Ahmad Setiawan  dan Anisah. Sedangkan Tiara Aulia mahasiswa semester II. Mahasiswa terlibat dalam memfasilitasi kelancaran acara, dengan berperan sebagai MC, fotografer dan konsumsi.

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 PKM Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD Universitas PGRI Palembang, Rekayasa Ekosistem Entrepreneurship Kurikulum Merdeka di Sekolah Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tiara dan Anisah PKM Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD Universitas PGRI Palembang, Rekayasa Ekosistem Entrepreneurship Kurikulum Merdeka di Sekolah Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Tiara Aulia dan Anisah, 2 mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang yang sholehah, cantik dan pintar saat betugas sebagai Master of Ceremony (MC)

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMK Setia Darma Palembang ini diterima dan dibuka langsung oleh Kepala SMK Setia Darma Palembang Hendri Damhudi, S.Kom. Ia menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai bentuk kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah.

“Kami ucapkan terima kasih telah menjadikan sekolah kami sebagai tempat PkM. Semoga ini sangat bermanfaat bagi guru dan siswa yang mengikutinya. Ke depan semoga hubungan baik kerjasama ini terus dapat terjalin. Apalagi banyak alumni PGRI yang menjadi guru di sekolah ini yang telah sukses. Bahkan tahun ini ada 5 guru kita yang diterima P3K” ujarnya.

Photo Sambutan Kepsek PKM Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD Universitas PGRI Palembang, Rekayasa Ekosistem Entrepreneurship Kurikulum Merdeka di Sekolah Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Kepala SMK Setia Darma Palembang Hendri Damhudi, S.Komk didampingi Kajur Akuntansi dan Keuangan Lembaga Nur Agung Dinarto, S.Pd saat memberikan sambutan pada kegiatan PkM dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD Universitas PGR Palembang. Nampak juga sebelah kanan Ketua Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UPGRI Palembang Hendri Gunawan, S.Pd, M.Pd.

Hendri Damhudi berharap pada masa mendatang kerjasama dapat dilanjutkan secara formal dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU), dimana Universitas PGRI Palembang dapat melakukan sosialisasi, praktek PPL mahasiswa, penelitian dan guru tamu bagi siswa. Sedangkan sekolah kami SMK Setia Darma dapat menjadikan tempat unit tertentu UPGRI Palembang sebagai rekan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) pada kegiatan magang siswa dan kolaborasi lainnya.

Sebelum paparan materi, tampil di awal ibu Nuryanti Permatasari, SE.Ak, MM, Hj Ida Suryani, S.Pd, M.Si dan Dr (Cand) Diana Widhi Rachmawati, S.IP, MM yang menyampaikan keberadaan Universitas PGRI Palembang.

Terdapat 7 fakultas hingga kini, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Sain dan Teknologi (FSaintek), Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK). Bahkan terdapat 2 fakultas baru, yaitu Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dan Fakultas Hukum (FH).

Photo Pemateri 2 PKM Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD Universitas PGRI Palembang, Rekayasa Ekosistem Entrepreneurship Kurikulum Merdeka di Sekolah Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Ibu Diana Widhi Rachmawati, Ida Suryani dan Nuryanti Permatasari saat memberikan paparan materi seputar Universitas PGRI Palembang.

“Program studi Pendidikan Akuntansi dan PGSD adalah program studi yang berada di bawah naungan FKIP. Saat ini terdapat 13 program studi di FKP, bahkan terdapat prodi baru yaitu Pendidikan IPA. Prodi di FH juga terkait bisnis yaitu Hukum Bisnis” seloroh Diana Widhi Rachmawati, mahasiswa S3 Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu ini.

Untuk membahas materi Kompetensi Entrepreneurship Gen Z dalam Bingkai Capaian Pembelajaran Akuntansi Masa Depan disampaikan oleh Zahruddin Hodsay, S.Pd, MM, C.LMA, C.MMI, C.FR, C.FTax, QBE, C.PE  (Dosen Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang dan Entrepreneur pada Zafa Tour, Logam Mulia EOA dan HNI/HPAI yang juga sebagai Jurnalis Media Utama).

Pak Hodsay (begitu ia disapa) menyampaikan bahwa pembelajaran dan output akuntansi saat ini mengalami pergeseran ke arah Teknologi Informasi. Oleh karena itu siswa SMK saat ini sebagai Gen Z perlu mempersiapkan diri dengan berbagai kompetensi, agar mampu bersaing di DUDI mendatang. Perlu diketahui publish Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa pengangguran paling banyak di Indonesia adalah alumni SMK.

BACA JUGA :  Serunya Ramadhan Bersama HIMATIKA Aljabar STKIP PGRI Lumajang
Photo Pemateri 1 PKM Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD Universitas PGRI Palembang, Rekayasa Ekosistem Entrepreneurship Kurikulum Merdeka di Sekolah Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Photo Zahruddin Hodsay saat memaparkan materi seputar Kompetensi Entrepreneurship Gen Z dalam Bingkai Capaian Pembelajaran Akuntansi Masa Depan

Ia melanjutkan, representasi kemampuan umum yang mesti dimiliki siswa SMK antara lain literasi, numerasi, kapabilitas teknologi informasi dan komunikasi, berpikir kritis dan kreatif, kapabilitas sosial dan personal, pemahaman etika, pemahaman interbudaya, sejarah dan budaya Aboriginal dan Torres Strait Islander, keterlibatan Asia dan Australia serta keberlanjutan.

“Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri juga untuk belajar menjadi entrepreneurship. Karena tidak ada jaminan setelah tamat sekolah nanti bakal ada lowongan kerja yang dapat menampung kita. Sedangkan terkadang orang tua kita punya keterbatasan untuk membiayai keberlanjutkan pendidikan lebih tinggi.” jelas dosen yang mengaku sudah mencari uang sendiri sejak bangku SMK dulu.

Ketua Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UPGRI Palembang yang juga hadir memberikan materi Dr (Cand) Hendri Gunawan, S.Pd, M.Pd menceritakan bahwa hampir semua dosen-dosen Prodi Pendidikan Akuntansi di FKIP UPGRIP adalah pengusaha atau pebisnis yang bisa ditiru oleh siswa SMK Setia Darma nantinya. Mereka tidak hanya mengajarkan ilmu kewirausahaan secara teori, namun juga sekaligus praktek sebagai praktisi wirausaha.

Hendri Gunawan PKM Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD Universitas PGRI Palembang, Rekayasa Ekosistem Entrepreneurship Kurikulum Merdeka di Sekolah Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Ketua Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universias PGRI Palembang Dr (Cand) Hendri Gunawan, S.Pd, M.Pd saat menyampaikan materi seputar bisnis yang dapat digeluti.

Ada dosen kita yang menjadi pengusaha travel umroh, jual logam mulia EOA dan HPAI/HNI. Ada juga yang pengusaha budidaya, kolam dan pemancingan dan peternakan ikan. Selain itu ada yang menjadi pebisnis angkringan, percetakan, laundry dan distributor kopi. Saya sendiri bisnis dan ternak ayam kampung potong.” cerita dosen yang juga sedang study lanjut S3 di Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang ini.

Pada sesi lainnya, tampil pembicara PkM seorang dosen sekaligus praktisi wirausaha yang berpengalaman usaha bidang peternakan dan budidaya ikan, ATK dan  percetakan yaitu M. Toyib, M.Pd. Alumnus pertama prodi Pendidikan Akuntansi ini memberikan beberapa alternatif usaha yang dapat dilakoni oleh siswa setelah tamat SMK mendatang.

“Ada banyak contoh usaha atau bisnis yang sedang trend seperti makanan, minuman, industri kreatif, seni budaya, jasa dan dagang, manufaktur, bisnis digital, content creator, youtuber, budidaya dan banyak lainnya. Namun kita juga perlu memilih jenis usaha yang tidak hanya viral sesaat, tapi bisnis yang dapat terus bertahan dalam waktu yang cukup lama” nasehatnya memberi tips.

WhatsApp Image 2024 05 25 at 17.52.36 PKM Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD Universitas PGRI Palembang, Rekayasa Ekosistem Entrepreneurship Kurikulum Merdeka di Sekolah Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
M. Toyib, M.Pd sedang memberikan materi contoh bisnis yang dapat ditempuh alumni SMK sekaligus tips memilih jenis bisnis yang dapat bertahan lama.

Sebagaimana tema PkM kali ini, nara sumber lainnya Erma Yulaini, S.Pd, M.Si memberikan beberapa strategi rekayasa ekosistem entrepreneurship pada Kurikulum Merdeka dapat dilakukan dengan integrasi kurikulum, pendidikan nonformal, promosi budaya kewirausahaan, kemitraan dengan industri dan dukungan regulasi.

“Sebagai contoh strategi yang dapat diterapkan dalam menciptakan ekosistem entrepreneurship yang efektif pada era society 5.0 diantaranya pendidikan dan pelatihan, pemberian akses modal, inkubasi bisnis, kolaborasi akademisi dan dunia industri, fasilitasi regulasi, jaringan dan komunitas, budaya kewirausahaan, evaluasi dan pembaharuan serta akses ke pasa” jelas dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan ini.

Photo Tanya Jawab PKM Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD Universitas PGRI Palembang, Rekayasa Ekosistem Entrepreneurship Kurikulum Merdeka di Sekolah Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Photo sesi tanya jawab dari salah satu siswa jurusan Akuntansi SMK Setia Darma Palembang kepada para Dosen Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang, didampingi ibu Erma Yulaini, S.Pd, M.Si.

Menanggapi pertanyaan Melati (siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga) tentang bagaimana cara mengurangi dampak negatif penggunaaan media sosial bagi gen Z, Dr (Cand) Depi Pramika, S.Pd, M.Si memberikan jawaban dengan cara mengatur waktu sebaik mungkin dalam penggunaan handphone, bijak berbelanja online, menghindari ujaran kebencian dan berita hoax dan mengetahui dampak negatif bagi kesehatan penggunaan hp yang berlebihan.

WhatsApp Image 2024 05 25 at 17.52.31 PKM Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD Universitas PGRI Palembang, Rekayasa Ekosistem Entrepreneurship Kurikulum Merdeka di Sekolah Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Dr (Cand) Depi Pramika, S.Pd, M.Si saat mengajak dialog siswa SMK Setia Darma tentang gen Z dan pemanfaatan media sosial yang baik

“Kita tidak perlu mengikuti arus-arus pergaulan anak muda yang tidak bermanfaat, seperti nongk-nongki di cafe sampai larut malam. Apalagi kumpul-kumpul yang pada akhirnya cuma duduk di tempat masing-masing dan sibuk dengan hp masing-masing. Idak mesan minuman atau makanan pulok di cafe itu, cuma numpang duduk bae atau manfaatkan wifi gratis” cetus pengelola Jurnal NERACA FKIP Akuntansi UPGRIP yang sedang kuliah S3 Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Malang ini.

WhatsApp Image 2024 05 25 at 17.52.22 PKM Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD Universitas PGRI Palembang, Rekayasa Ekosistem Entrepreneurship Kurikulum Merdeka di Sekolah Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Photo bersama Dosen Prodi Pendidikan Akuntansi dan PGSD FKIP UPGRI Palembang bersama guru-guru dan siswa-siswi jurusan Akuntansi SMK Setia Darma Palembang

 

Penulis : Zahruddin Hodsay

Sumber Berita : Universitas PGRI Palembang, SMK Setia Darma Palembang

Berita Terkait

Antusias !!! Pemenang Lomba Entrepreneurship 2024 Universitas PGRI Palembang, Sharing Bisnis bersama Mahasiswa Turkey, Mesir dan Prancis
DPD KNPI Kota Kediri Gelar Kegiatan “Menggali Potensi Pemuda di Era Revolusi Teknologi”
DPD KNPI Kota Kediri Gelar Rakerda 2024 di Gedung LEC
IMM Desak KPK Periksa Nadiem Makarim dan Kemendikbudristek
Kuatkan Organisasi, Ketua Pelatihan dan SDM Kewartawanan Aliansi Keluarga Pers Indonesia Mas Andre Hariyanto Siap Berjuang
Ajun Komisaris Polisi Babel Raih 3 Predikat CHRA CLA ALC & CFLS di AR Learning Center
Ini Cara Ponpes Nurul Huda Al Manshurin Wujudkan Santri Berkarakter Kebangsaan
Polresta Balikpapan Membangun Sinergitas Defensive Driving Training Bagi Para Kandidat SIM Kendaraan Berat
Berita ini 639 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 10 Juni 2024 - 13:44 WIB

Antusias !!! Pemenang Lomba Entrepreneurship 2024 Universitas PGRI Palembang, Sharing Bisnis bersama Mahasiswa Turkey, Mesir dan Prancis

Sabtu, 8 Juni 2024 - 20:23 WIB

DPD KNPI Kota Kediri Gelar Kegiatan “Menggali Potensi Pemuda di Era Revolusi Teknologi”

Sabtu, 8 Juni 2024 - 19:43 WIB

DPD KNPI Kota Kediri Gelar Rakerda 2024 di Gedung LEC

Sabtu, 8 Juni 2024 - 15:19 WIB

IMM Desak KPK Periksa Nadiem Makarim dan Kemendikbudristek

Senin, 3 Juni 2024 - 02:30 WIB

Kuatkan Organisasi, Ketua Pelatihan dan SDM Kewartawanan Aliansi Keluarga Pers Indonesia Mas Andre Hariyanto Siap Berjuang

Sabtu, 1 Juni 2024 - 15:15 WIB

Ajun Komisaris Polisi Babel Raih 3 Predikat CHRA CLA ALC & CFLS di AR Learning Center

Sabtu, 1 Juni 2024 - 13:27 WIB

Ini Cara Ponpes Nurul Huda Al Manshurin Wujudkan Santri Berkarakter Kebangsaan

Jumat, 31 Mei 2024 - 21:01 WIB

Polresta Balikpapan Membangun Sinergitas Defensive Driving Training Bagi Para Kandidat SIM Kendaraan Berat

Berita Terbaru

Berita Utama

Antusias Pengunjung Hotel Grand Verona Naik Jelang Iduladha

Rabu, 12 Jun 2024 - 07:29 WIB