SUARA UTAMA, NGAWI – Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Dalam Menceritakan Kembali di Kelompok A TKIT Taruna Sakinah Kota Surabaya Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023.
Bu Rorik Widiyanti sedang mempraktekan – Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Dalam Menceritakan Kembali di Kelompok A TKIT Taruna Sakinah Kota Surabaya Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Foto & Gambar: Dokumentasi Pribadi Bu Rorik Widiyanti
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Guru yang Profesional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan mutu Pendidikan yang ada di sekolah, kemampuan guru selalu diperbaharui melalui pengembangan keprofesian , tidak hanya dengan melalui pengembangan keprofesian guru yang professional tetapi juga melakukan penelitian Tindakan kelas yang ada di sekolah. Kompetensi yang dituntut dari guru profesional adalah memiliki kebiasaan dan kemampuan ilmiah dalam merancang, melaksanakan, menemukan kekuatan dan kelemahan dalam kegiatan pengembangan, serta memanfaatkannya untuk perbaikan kegiatan selanjutnya.
Untuk mengembangkan bahasa pada anak memerlukan metode yang tepat, salah satunya adalah metode bercerita. Metode bercerita adalah metode yang banyak digunakan di taman kanak-kanak. Metode ini merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak TK. Cerita yang kita bawakan untuk anak harus menarik dan mengundang perhatian anak agar tidak lepas dari tujuan pendidik bagi anak usia TK. Menurut Dhieni, dkk (2007:6.7) fungsi bercerita adalah dengan bercerita pendengaran anak dapat difungsikan dengan baik untuk membantu kemampuan bercerita, menambah perbendaharaan kosa kata, kemampuan mengucapkan kata-kata, melatih merangkai kalimat sesuai dengan tahap perkembanganya.
Bercerita adalah suatu metode pengembangan bahasa yang dapat mengembangkan beberapa aspek fisik maupun psikologis bagi anak. Bercerita dapat dilakukan dihadapan anak didik oleh guru, antar guru, orang tua murid, oleh anak didik, antar anak didik atau anak didik dengan orang dewasa (Dhieni, 2007 : 6.6).
Untuk mendukung metode bercerita ini kita memerlukan sebuah media yang bisa menarik untuk anak- anak, salah satu media yang tepat adalah menggunakan media buku cerita bergambar. Media buku cerita bergambar adalah buku bergambar tetapi dalam bentuk cerita, bukan buku informasi. Dengan demikian buku bergambar sesuai dengan ciri-ciri buku cerita, mempunyai unsur-unsur cerita (tokoh, plot, alur).
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Mendeskripsikan aktivitas kelompok B setelah di terapkan media buku bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menceritakan kembali di TKIT taruna Sakinah Surabaya,
- Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbahasa anak dalam menceritakan kembali setelah di terapkan media buku cerita bergambar pada kelompok A di TKIT taruna Sakinah Surabaya.
Hasil penelitian Tindakan kelas ini data perbaikan pembelajaran anak kelompok A semester II Tahun Pelajaran 2020-2021 di TKIT Taruna Sakinah Surabaya dapat peneliti simpulkan sebagai berikut :
- Aktivitas anak kelompok A mengalami peningkatan setelah diterapkan media buku bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menceritakan kembali di TKIT Taruna Sakinah Pada siklus I aktivitas anak cukup aktif dan pada siklus II aktivitas anak sangat aktif. Rata-rata persentase keaktifan anak pada aktivitas kegiatan pembelajaran menceritakan kembali meningkat dari 47% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II.
- Penerapan media buku bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menceritakan kembali pada anak kelompok A di TKIT Taruna Sakinah Rata-rata persentase anak yang belum mampu untuk menceritakan kembali yaitu mencapai kemampuan Belum Berkembang (BB) 0% pada siklus I dan II dan Mulai Berkembang (MB) menurun dari 60% pada siklus I menjadi 7% pada siklus II. Rata-rata persentase anak yang sudah mampu yaitu mencapai kemampuan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dari 27% pada siklus I menjadi 40%, pada tahap ini anak mengalami peningkatan dari BSH ke BSB pada siklus II dan Berkembang Sangat Baik (BSB) meningkat dari 13% pada siklus I menjadi 53% pada siklus II.
Sam Foundation adakan Diklat Kupas Tuntas dan kiat-kiat menghadapi Soal Pre Test PPG 2023
Dan Pada kegiatan Refleksi penelitian Tindakan kelas ini saya merasakan adanya masalah dan kekurangan yang muncul pada saat melakukan penelitian tndakan kelas sebagai berikut :
- Anak belum dapat menyimak dengan baik.
- Anak belum mampu dalam mengungkapkan bahasa dalam kalimat
- Anak belum mampu menjawab pertanyaan sederhana.
- Anak belum mampu dalam mengutarakan pendapat kepada orang lain.
- Guru kurang mengapersepsi pada awal pembukaan.
- Media pembelajaran kurang menarik.
- Kemampuan berrbahasa anak masih kurang.
Penyelesaian permasalahan yang terjadi Dari masalah-masalah yang teridentifikasi, prioritas masalah yang harus diselesaikan adalah anak yang belum mampu untuk menceritakan kembali dengan menggunakan media buku cerita bergambar sehingga mendorong guru TKIT Taruna Sakinah agar lebih kreatif dan menarik dalam pemilihan media, khususnya media buku cerita bergambar. Melalui media buku cerita bergambar yang menarik, anak dapat menceritakan apa isi bacaan tersebut hanya dengan melihat gambar yang ada pada buku cerita bergambar itu. Berdasarkan prioritas masalah di atas dapat diperoleh alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menceritakan kembali pada kelompok Bdi TKIT Taruna Sakinah Surabaya yaitu:
- Melakukan kegiatan bercerita dengan menggunakan media buku cerita bergambar.
- Anak bertindak aktif dalam kegiatan menceritakan kembali.
- Guru bertindak sebagai fasilitator dan motivator untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menceritakan kembali.
Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya
Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)
Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama[/caption]