banner 728x250

Menghadapi Orang yang Suka Berbohong

Jika ia adalah pembohong yang handal, ia akan berusaha untuk memutarbalikkan perkataan anda dan fakta yang ada. Jangan sampai ia malah menyerang anda balik untuk menutupi kebohongannya

Menghadapi Orang yang Suka Berbohong
Foto: Ilustrasi Orang Berbohong/Dokumen Majalah Bobo/Suara Utama ID
banner 120x600
183 Kali Dibaca

SUARA UTAMA Bohong adalah pernyataan yang salah yang seseorang lakukan dengan tujuan pendengar percaya. Fiksi meskipun salah, tetapi bukan bohong. Orang yang berbicara bohong dan terutama orang yang mempunyai kebiasaan berbohong disebut pembohong. Ada beberapa cara mudah menghadapi orang yang suka berbohong.

BACA JUGA: Cerita Bapak Maksum Melihat Anaknya Mondok

Sebagaimana dilansir primaberita.com, Berbohong merupakan tindakan yang tidak terpuji oleh sebab itu harus anda hindari. Dengan berbohong, anda bisa kehilangan kepercayaan yang seseorang berikan. Jika teman atau seseorang yang anda kenal suka berbohong, sebaiknya lakukan suatu hal agar anda tidak ia remehkan.

BACA JUGA: Santriwati Gunung Tembak Bercita-Cita Bangun Pesantren di Dubai

Berikut Cara Mudah Menghadapi Orang yang Suka Berbohong :
Yakin Bahwa Ia Sedang Berbohong
Siapkan Bukti
Hati-hati dengan Sikap Manipulatifnya
Memaklumi Kebohongannya
Bila perlu Rekam Percakapan

WhatsApp Image 2022 04 10 at 21.55.20 Menghadapi Orang yang Suka Berbohong Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto: Program Kelas Pelatihan/AR Learning Center adalah Pusat Pembelajaran, Pendidikan dan Pengkaderan. Lembaga AR Learning Center/Suara Utama-081232729720/Suara Utama ID

Cara dan Tantangan Menghadapi Orang Bohong :

Yakin Bahwa Ia Sedang Berbohong
Sebaiknya pastikan bahwa ia memang berbohong berdasarkan fakta-fakta yang anda ketahui. Kemudian anda bisa melihat kebohongan apa yang ia lakukan. Jika ia melakukan white lies yang sederhana seperti ia menyukai film yang anda pilih, anda bisa langsung melupakannya. Namun jika ia berbohong seperti selingkuh, sebaiknya langsung bicarakan saja.

Siapkan Bukti
Untuk menyerang si pembohong, anda harus memiliki bukti yang kuat. Pembohong yang ulung bisa membasmi bukti anda jika bukti anda hanyalah semata-mata atau bukti yang tidak jelas. Oleh karena itu sebelum menghadapi si pembohong ada baiknya anda mengumpulkan bukti terlebih dahulu dan jangan ragu untuk mempertahankan argumen.

Ketika bukti yang ada siapkan cukup jelas, ada baiknya untuk membicarakannya secara baik-baik daripada harus meluapkan amarah ataupun emosi.

WhatsApp Image 2022 04 10 at 21.56.20 1 Menghadapi Orang yang Suka Berbohong Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto: Program Kelas Pelatihan/AR Learning Center adalah Pusat Pembelajaran, Pendidikan dan Pengkaderan. Lembaga AR Learning Center/Suara Utama-081232729720/Suara Utama ID

Hati-hati dengan Sikap Manipulatifnya
Jika ia adalah pembohong yang handal, ia akan berusaha untuk memutarbalikkan perkataan anda dan fakta yang ada. Jangan sampai ia malah menyerang anda balik untuk menutupi kebohongannya.

Anda juga tidak perlu untuk berbasa-basi, anda harus menanyakan langsung kepadanya dengan memberikan pertanyaan yang spesifik. Seperti melansir dari Forbes, bertanya secara spesifik merupakan hal yang efektif untuk menggali informasi yang anda butuhkan dalam waktu yang lebih singkat.

Memaklumi Kebohongannya
Jika anda memiliki rencana masa depan bersama, ingatlah bahwa anda tidak bisa hidup selamanya dengan kebohongan-kebohongan yang ia katakan. Beritahu ia bahwa anda tidak akan memberi toleransi terhadap kebohongan.

Bila perlu Rekam Percakapan
Orang yang berbohong cenderung mengatakan hal yang berbeda dari apa yang pernah ia katakan sebelumnya. Jadi, jika anda membutuhkan bukti tambahan bahwa ia sedang berbohong, anda bisa merekam percapakan kalian.

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90