SUARA UTAMA, NGAWI – Upaya Meningkatkan Kemampuan Seni Melalui Metode Mewarnai Gambar di Kelompok A TK MUSRA Kecamatan Sawahan Kota Surabaya – Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023
Bu Nur Chalimah Upaya Meningkatkan Kemampuan Seni Melalui Metode Mewarnai Gambar di Kelompok A TK MUSRA Kecamatan Sawahan Kota Surabaya – Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Foto & Gambar: Dokumentasi Pribadi Bu Nur Chalimah
Guru yang Profesional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan mutu Pendidikan yang ada di sekolah, kemampuan guru selalu diperbaharui melalui pengembangan keprofesian , tidak hanya dengan melalui pengembangan keprofesian guru yang professional tetapi juga melakukan penelitian Tindakan kelas yang ada di sekolah. Kompetensi yang dituntut dari guru profesional adalah memiliki kebiasaan dan kemampuan ilmiah dalam merancang, melaksanakan, menemukan kekuatan dan kelemahan dalam kegiatan pengembangan, serta memanfaatkannya untuk perbaikan kegiatan selanjutnya.
ADVERTISEMENT
![Upaya Meningkatkan Kemampuan Seni Melalui Metode di Kelompok A TK MUSRA Kecamatan Sawahan Kota Surabaya - Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023 11 IMG 20240411 WA00381 Upaya Meningkatkan Kemampuan Seni Melalui Metode di Kelompok A TK MUSRA Kecamatan Sawahan Kota Surabaya - Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023 Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama](https://suarautama.id/wp-content/uploads/2024/04/IMG-20240411-WA00381.jpg)
SCROLL TO RESUME CONTENT
Berdasarkan pengamatan kegiatan pengembangan seni anak pada TK MUSRA kecamatan Sawahan – Surabaya, pada kelompok A keberhasilan pembelajaran seni dapat terwujud apabila kegiatan belajar mengajar dapat membangkitkan motivasi belajar dan bermakna bagi anak. Keingin tahuan dan keyakinan anak akan kemampuan dirinya adalah faktor pembangkit yang efektif.
Anak- anak sebagian lainnya, mungkin terlihat lebih antusias pada saat bermain ayunan, perosotan, dan lempar tangkap bola, akan tetapi beberapa anak mungkin akan lebih memahami materi yang disampaikan secara visual, misalnya: melalui gambar- gambar yang menarik. Oleh karena itu ditemukan masalah dalam proses pembelajaran kemampuan seni anak melalui metode mewarnai gambar. Seorang anak yang memiliki kemampuan ini cendrung menyukai arsitektur, bangunan, dekorasi, operasi seni, desain / denah, membaca chart, peta,koordinasi warna, membuat bentuk patung dan desain 3 dimensi lainnya, menciptakan dan menginterpretasikan grafik desain interior serta dapat membayangkan secara detail membuat sketsa, membuat game ruang.
Hal ini yang sering menjadi kendala bagi anak dalam perkembangan seninya. Dunia anak adalah dunia bermain dan kongkrit. Sesuatu yang abstrak akan sulit diterima oleh anak usia 4-5 tahun. Selaku guru perlu memikirkan yang terbaik bagi perkembangan dan kemajuan setiap anak didiknya.
Berbagai upaya telah dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan seni anak didik, seperti menggambar di halaman, mewarnai gambar yang sudah ada, dan lain sebagainya. Akan tetapi belum dapat meningkatan kemampuan seni pada anak didik sesuai dengan harapan.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan kemampuan anak dalam seni mewarnai gambar
- Menciptakan kondisi sedemikian rupa sehingga anak menjadi mampu melakukan kegiatan yang telah dipersiapkan
- Membantu anak dalam pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan agar siap memasuki lembaga pendidikan selanjutnya dan untuk pertumbuhanperkembangan selanjutnya.
Dari ketiga hal yang telah dijelaskan diatas adapun tujuan khusus adalah :
- Mengembangkan kesenangan berekspresi yang fenomena alam
- Mengenalkan beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan mencari berbagai permasalahan dalam ilmu pengetahuan
- Mengembangkan kemampuan seni yang berkaitan dengan mewarnai gambar
- Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu anak
- Memusatkan perhatian anak
- Memperkirakan kesulitan-kesulitan yang menghambat belajar anak
- Mengembangkan cara belajar anak secara aktif
- Memberi kesempatan kepada anak untuk menyampaikan informasi
- Mendorong untuk mengemukakan pendapat dan pandangannya dalam diskusi
- Mengukur dan menguji proses belajar
Hasil penelitian Tindakan kelas ini dalam upaya meningkatkan kemampuan seni melalui metode mewarnai gambar pada siklus I dan II didapatkan peningkatan hasil belajar siswa
- Siklus I
Pada Kegiatan Penelitian siklus I kemampuan mewarnai anak kelompok A di TK Musra Surabaya belum berkembang secara maksimal. Hal ini dikarenakan pembelajaran seni anak, khususnya dalam kegiatan mewarnai belum optimal. Penggunaan media yang kurang menarik minat anak hanya menggunakan media yang sudah sering dipakai, dan anak kurang terlibat dalam kegiatan mewarnai, setelah dilakukan kegiatan yang melibatkan anak secara langsung dan menggunakan media yang menarik kemampuan anak semakin meningkat.
- Siklus II
Pada kegiatan pembelajaran siklus II guru banyak memperbaiki kekuranganya selama pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I diantaranya, pada kegiatan awal memberikan apersepsi yang dilakukan guru tentang nilai-nilai kehidupan sehari-hari. Penyampaian tujuan pembelajaran lebih terarah, sesuai dengan indicator pencapaian kompetensi, yang lebih spsifik. Pada kegiatan inti guru lebih memperhatikan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh anak. Penjelasan dari guru tidak hanya dilakukan secara klasikal juga dilakukan dengan penggunaan media- media yang lebih mudah dan menarik yaitu Crayon. Setelah dilakukan kegiatan mewarnai dengan media yang berbeda kemampuan seni anak mulai meningkat dan berkembang sesuai harapan.
Dan Pada kegiatan Refleksi penelitian Tindakan kelas ini saya merasakan adanya masalah dan kekurangan yang muncul pada saat melakukan penelitian tndakan kelas sebagai berikut :
- Kemampuan keterampilan mewarnai pada anak masih kurang tepat dan menarik
- Mewarnai gambar anak tidak sesuai harapan
- Anak masih kurang percaya diri
- Sebagian besar hasil karya anak tidak rapi dan warnanya belum serasi
Penyelesaian permasalahan yang terjadi dapat diatasi alternatif dan pemecahan masalah sebagai berikut :
- Guru mengajak anak untuk duduk membentuk setengah lingkaran pada saat penjelasan/demonstrasi
- Guru mengenalkan alat dan media gambar
- Guru mencontohkan cara memegang pensil warna dengan benar
- Guru mencontohkan cara mewarnai gambar bunga sepatu dengan pensil warna
- Guru meminta anak untuk duduk di kursi dan mempraktekkan cara yang diajarkan guru
- Guru berkeliling dan memberi bimbingan anak yang kesulitan
- Guru memberi penguatan
Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya
Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)
![Upaya Meningkatkan Kemampuan Seni Melalui Metode di Kelompok A TK MUSRA Kecamatan Sawahan Kota Surabaya - Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023 13 Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama](https://suarautama.id/wp-content/uploads/2023/01/280017825_10209821873141406_6535303214249207647_n-1-1.jpg)