PELAKSANAAN BENTUK PEMBELAJARAN PENELITIAN & PKM

- Penulis

Minggu, 9 April 2023 - 09:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Laporan studi dari Third International Math and Science Study-Repeat (TIMSS-R) adalah bahwa pemahaman konseptual dan problem solving masih kurang dalam pendidikan tingkat SMA (International Study Center, 1999). Hasil studi itu sesuai laporan dari National Assessment of Educational Progress (NAEP) yang membandingkan capaian siswa terhadap standar nasional. Terkait laporan tersebut, isi pembelajaran matematika SMA/sederajat di Indonesia perlu dikembangkan agar memuat matematika vokasional, sebagaimana dinyatakan American Association for the Advancement of Science (1990), masa depan dari negara atau bangsa industri dan masyarakat global bergantung pada pendidikan individu-indvidu dalam sains, matematika, dan teknologi.

Dukungan pada peserta didik dalam meningkatkan kemampuan mereka mnyelesaikan masalah matematika perlu dikembangkan melalui strategi pembelajaran bermodel luwes. Pernyataan ini dapat diterima karena peserta didik berperan dan dapat mengambil peran sewaktu berhadapan dengan isu-isu lingkungan kerja yang merupakan rekomendasi dari dunia kerja atau usaha. Oleh karena itu, pembelajaran matematika vokasional perlu lebih banyak disajikan dari hasil penelitian dan pengembangan. Sebagai misal, apakah matematika vokasional terbatas pada penyajian latihan keterampilan bilangan, berbagai penyajian, dan penggunaan teknologi (seperti kalkulator dan program aplikasi) dalam berbagai bentuk yang ada selama ini, ataukah  sampai kepada keterampilan menyelesaikan masalah kompleks?

Memang selama ini, pembelajaran vokasional belum cukup terbimbing dari dokumen kurikulum atau pelatihan dalam mengajarkan matematika vokasional. Sesungguhnya mengajar matematika adalah berbentuk workshop guna mendapatkan selesaian praktis dalam konteks keterampilan kerja, bukan yang terisolasi dari lingkungan. Pendidikan matematika harus dapat mengatasi tugas itu secara cepat sebagai tugas tak rutin, sebagai tantangan dan masalah dalam mengajar.

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 PELAKSANAAN BENTUK PEMBELAJARAN PENELITIAN & PKM Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Melalui program pembelajaran berbasis tempat kerja memungkinkan peserta didik menerapkan keterampilan yang dipelajari dalam konteks kehidupan sehari-hari. Program tersebut adalah yang mendukung relevansi dengan tempat kerja. Perlu kelenturan dalam memberikan dukungan melalui pembelajaran sehingga dapat membantu peserta didik sewaktu berhadapan pada masalah keterampilan di dunia kerja.

Survei yang dilakukan peneliti di Kalimantan Barat dalam tahun 2017 mencatat bahwa literasi bilangan diperlukan dalam dunia kerja dan masalah matematika vokasional merupakan masalah dalam program pendidikan matematika tingkat nasional. Sebagai misal, dunia kerja memerlukan pemahaman fungsional mengenai bilangan dan keterampilan matematika serta penggunaan teknologi informasi. Kebutuhan tersebut ditemukan diantara lulusan SMK, para pekerja, dan tempat kerja dengan berbagai jenis perubahannya. Hasil survai pendahuluan tersebut memunculkan masalah pendidikan matematika di sekolah, terutama dalam mengajar. Secara umum pendidik menyatakan bahwa kalkulasi dan matematika sebagai masalah bagi banyak peserta didik, dan mereka belum mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan dunia kerja. Padahal, Howson & Mellin-Olsen (1986) menyatakan bahwa pendidikan matematika yang dipercaya sekolah adalah yang mengelompokkan kurikulum berorientasi vokasi yang dirancang agar sesuai dengan permintaan dunia kerja.

BACA JUGA :  Sebanyak 78 Ijazah MAN 2 Merangin Belum Keluar, Ombudsman: Laporkan!

Akan tetapi, sampai abad 21 ini kecenderungan lembaga pendidikan bekerja dalam kelas dengan peningkatan perhatian pada kurikulum serba singkat. Kalau ingin menghadirkan matematika vokasional, diperlukan genetika pengetahuan yang bervariasi. Misalnya kurikulum nasional Indonesia diatur dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Akan tetapi, Billett’s (1998) menawarkan empat level lain dalam pembelajaran matematika: (1) phylogenetic, yakni kompetensi dalam pembimbingan belajar konsep dan prosedur; (2) kebutuhan kelas atau keterampilan kerja tertentu; (3) microgenetic yang merupakan level konstruksi pengetahuan yang diturunkan melalui masalah rutin dan tak rutin; dan (4) ontogenetic yakni menyediakan pengetahuan melalui interpretasi rangsangan dalam banyak interseksi.

Kontrol dunia usaha dan industri atas kurikulum vokasional dan hasil-hasil penilaian terkait mengurangi pijakan pengetahuan dalam pengambilan keputusan, secara khusus matematika vokasional. Oleh karena itu, kedua bentuk pembelajaran tersebut perlu memuat diskusi mengenai isu-isu ideologis yang dapat mengembangkan pembelajaran matematika vokasional yang memang dibutuhkan melalui pendidikan matematika. Bahan diskusi yang dimaksud adalah yang dibutuhkan dunia industri dan masyarakat luas yang dapat dikenali secara mantap melalui pembelajaran dimana diharapkan hasilnya merupakan Program Pembelajaran Matematika Vokasional untuk SMK serta dapat didiseminasikan secara praktis dalam praktik mengajar.

Berita Terkait

Dakwah Dan Aktivitas Amar Ma’ruf Nahi Munkar  
Friedrich Nietzsche dan Gema Abadi dari Kalimat “Tuhan Telah Mati”
Membedah Pemikiran Filsuf Baruch De Spinoza
SD YPPK Goodide Resmi Luncurkan Program Sekolah Sepanjang Hari
Sejarah Baru! Institut Nasional Flores Wisuda Angkatan Pertama Berjumlah 36 Sarjana
Refleksi Hari Guru Nasional 2025
Festival Perahu Hias & Lomba Dayung Meriahkan HUT Mesuji ke-17: Warga Padati Sungai Mesuji!
Dari Kota ke Kampung: Semangat Sarjana Bina Desa Mengubah Pelosok Negeri
Berita ini 26 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 4 Desember 2025 - 19:29 WIB

Dakwah Dan Aktivitas Amar Ma’ruf Nahi Munkar  

Rabu, 3 Desember 2025 - 14:43 WIB

Friedrich Nietzsche dan Gema Abadi dari Kalimat “Tuhan Telah Mati”

Senin, 1 Desember 2025 - 14:21 WIB

Membedah Pemikiran Filsuf Baruch De Spinoza

Jumat, 28 November 2025 - 19:17 WIB

SD YPPK Goodide Resmi Luncurkan Program Sekolah Sepanjang Hari

Kamis, 27 November 2025 - 18:59 WIB

Sejarah Baru! Institut Nasional Flores Wisuda Angkatan Pertama Berjumlah 36 Sarjana

Selasa, 25 November 2025 - 11:34 WIB

Refleksi Hari Guru Nasional 2025

Senin, 24 November 2025 - 20:58 WIB

Festival Perahu Hias & Lomba Dayung Meriahkan HUT Mesuji ke-17: Warga Padati Sungai Mesuji!

Sabtu, 22 November 2025 - 10:58 WIB

Dari Kota ke Kampung: Semangat Sarjana Bina Desa Mengubah Pelosok Negeri

Berita Terbaru