Papua Football Academy (PFA) Mampu Menciptakan SDM Yang Unggul Melalui PT. Freeport Indonesia Bagi Putra-Putra Papua 100%

- Jurnalis

Rabu, 22 Maret 2023 - 19:33 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA – Papua membutuhkan perhatian yang lebih dinamis dari pemerintah pusat untuk memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam berbagai bidang yang ada agar masyarakat Papua sejahtera. Kemudian untuk menciptakan kesejahteraan yang dimaksud secara maksimal dan menyeluruh di Papua, berbagai upaya musti di lakukan. Seperti menyediakan tempat pelatihan-pelatihan bagi masyarakat, sesuai atmosfer daerah dan disesuaikan dengan kemampuan produktifitasnya.

Tentu, di Papua sudah memiliki sekolah-sekolah yang berkualitas untuk melahirkan SDM yang bermutu, namun itu tidak cukup. Yang dituntut tidak hanya mendirikan sekolah formal tetapi di Papua musti membangun lembaga-lembaga yang dapat membantu memicu kemajuan skill (potensi terpendam) yang dimiliki setiap individu dengan program-program yang handal dari lembaga ataupun Perusahaan swasta.

Berbicara tentang kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) dan nasib Orang Asli Papua (OAP) di Papua pada masa yang akan mendatang, tentu ada di tangan anak-anak muda. Maka, anak-anak ini perlu didukung mengembangkan kemampuan yang ada pada mereka dan membekali mereka dengan pengetahuan di segala lini bidang yang diminatinya dari berbagai pihak. Salah satu contoh bentuk dukungan yang telah ada adalah Papua Football Academy (PFA) yang telah didirikan oleh PT. Freeport Indonesia di Timika.

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Papua Football Academy (PFA) Mampu Menciptakan SDM Yang Unggul Melalui PT. Freeport Indonesia Bagi Putra-Putra Papua 100% Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Perlu diketahui juga dalam kehidupan sehari-hari, seketika kita melakukan pendekatan dan melihat kepekaan dan kecakapan anak-anak muda Papua terhadap permainan sepak bola, kita bisa menyimpulkan bahwa mereka sudah memiliki talenta luar biasa yang Tuhan limpahkan kepada anak-anak ini untuk mengubah masa depan Papua yang lebih baik di bidang olahraga.

Tidak diragukan lagi, sebagian besar anak muda Papua mempunyai bakat dan kelebihan mereka yang lebih menonjol terhadap permainan sepak bola. Tentu itu adalah sebuah kebanggaan besar tersendiri bagi kami generasi muda Papua.

Kehadiran Papua Football Academy di Papua nampaknya akan menghasilkan dampak yang baik bagi anak-anak muda Papua kedepan. PT Freeport Indonesia sudah membuka peluang emas bagi anak-anak ini untuk meningkatkan kemampuan bermain bahkan ilmu pengetahuan lainnya seperti sadar akan rasa berPancasila yang akan digeluti di Papua Football Academy.

Pelajar Papua Football Academy
Foto: Pelajar Papua Football Academy

Walaupun program ini baru saja telah diresmikan di tahun 2022, namun PFA sudah memiliki 30 pelajar sebagai angkatan pertama. Jika hal dimasukkan dalam penilaian, progres dari program ini sudah termasuk kategori baik.

Papua Football Academy (PFA) sudah dikenal di kalangan luas masyarakat Papua, bahkan adapula putra-putranya di masukkan kedalam Academy ini dengan penuh berantusias untuk mengikuti program ini.

Kemudian adapula, sebagian masyarakat Papua yang awam tentunya timbul berbagai pertanyaan dan pastinya akan bertanya-tanya, Apa itu Papua Football Academy ?, Apa manfaat PFA bagi putra Papua ?, Bagaimana implementasi PFA mengakomodir generasi muda Papua ? Maka untuk memecahkan sekaligus menjawab ketiga pertanyaan tersebut diatas, berikut ini adalah penjelasannya.

BACA JUGA :  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Alauddin Makassar melaksanakan FGD

Mari simak uraian berikut dengan saksama :

1. Apa itu Papua Football Academic (PFA) ?

Seperti yang dilansir pada kompas.com “Papua Football Academic (PFA) adalah sekolah sepak bola dan asrama bagi putra Papua”.

Papua Football Academy telah berdiri sejak tanggal 31 Agustus 2022 secara legal dan langsung diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dari lapangan Lukas Enembe di Jayapura.

PFA adalah salah satu program yang di desain oleh PT. Freeport Indonesia, sebagai honai atau tempat dimana menghasilkan orang-orang yang berkompeten khusus untuk putra-putra Papua.

2. Apa manfaat PFA bagi putra Papua ?

Manfaat yang akan diterima oleh putra Papua dari program ini adalah, disamping menerima materi dan praktek teknik bermain sepak bola, mereka akan belajar selayaknya seperti sekolah formal lainnya. Bahkan, siswanya akan dapat menerima ijazah, dan lebih hebatnya lagi adalah akan dibiayai penuh oleh pihak swasta selama menempuh pendidikan di Papua Football Academy dalam 2 tahun.

Pembinaan serta metode pengajarannya sangat menarik dikarenakan fasilitas sarana dan prasarana sudah sangat memadai. Kemudian, para tutor mengutamakan latihan-latihan dasar bermain sepakbola dengan teknik yang efisien. Sehingga, peserta didik yang mengikuti program ini tidak akan merasa bosan.

3. Bagaimana implementasi program PFA mengakomodir generasi muda ?

Penerapan program Papua Football Academy (PFA) oleh PT. Freeport Indonesia di Papua merekrut anak-anak muda Papua berumur 14-15 tahun. PFA mengizinkan dan membuka peluang bagi putra Papua untuk mewujudkan impiannya menjadi pesepakbola profesional.

Kemudian Papua Football Academy berperan aktif dalam membentuk karakter individu siswa putra terbaik Papua yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi dalam bidang olahraga.

Tidak diragukan lagi setelah selesai menempuh pendidikan di PFA. Pemain atau siswa yang telah selesai akan berkemungkinan akan menawarkan kerja atau bergabung di salah satu club sepak bola di seluruh Nusantara.

PT. Freeport Indonesia menghadirkan program Papua Football Academic (PFA) sebagai wadah (Rumah) untuk menciptakan Generasi muda Papua yang benar-benar mempelajari dan memperoleh kemampuan yang memadai dalam bidang olahraga. Sehingga mereka layak disebut berkompeten, dan harapan besar besarnya adalah menghasilkan putra Papua yang berprofesional dalam bermain sepak bola.

Ratusan Aktivis KNPB Jayapura Ditangkap Saat Pembagian Selebaran Aksi pembebasan Victor Yeimo

Harapan seorang Wartawan Indonesia yang berasal dari Papua semoga program ini akan terus ada kemajuan dari 30 siswa menjadi 60 hingga seterusnya. Kemudian setelah selesai atau tamat mengikuti program dari PFA ini, mereka mesti langsung di turunkan kelapangan untuk membuktikan apa yang telah mereka pelajari selama menempuh pendidikan di Papua Football Academy.

“Penulis adalah jurnalis aktif di media SUARA UTAMA.ID dengan jabatan Kepala Daerah (Kabiro) di kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah, asal Paniai, kampung Muyetadi, suku MEE”.

Berita Terkait

Banjir Besar Hanyutkan Jembatan Masyarakat Pulau Panggung Lampung Kini Gunakan Jembatan Bambu
Pengaruh Media Sosial terhadap Hubungan Keluarga
Keren, Kacab Bank Danamon Surabaya Nimas Sukses Raih Predikat Certified Fundamental Tax
Management PT. Well Harvest Winning Alumina RefInery (PT. WHW) Salurkan CSR untuk Qurban.
Pengukuhan DDII Tahun 2024-2027 dan Penyembelihan Hewan Qurban di Musholla Istiqomah Desa Gajah Kecamatan Meranti Kabupaten Asahan
Presiden Jokowi Rayakan Ulang Tahun ke-63 dengan Tetap Bekerja Seperti Biasa
Tanah Rakyat Atau Tanah Negara
KNPB Nabire Bantah Terlibat Pembakaran Kantor Dan Fasilitas Umum
Berita ini 15 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 22 Juni 2024 - 14:00 WIB

Banjir Besar Hanyutkan Jembatan Masyarakat Pulau Panggung Lampung Kini Gunakan Jembatan Bambu

Sabtu, 22 Juni 2024 - 07:20 WIB

Pengaruh Media Sosial terhadap Hubungan Keluarga

Sabtu, 22 Juni 2024 - 01:59 WIB

Keren, Kacab Bank Danamon Surabaya Nimas Sukses Raih Predikat Certified Fundamental Tax

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:10 WIB

Pengukuhan DDII Tahun 2024-2027 dan Penyembelihan Hewan Qurban di Musholla Istiqomah Desa Gajah Kecamatan Meranti Kabupaten Asahan

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:42 WIB

Presiden Jokowi Rayakan Ulang Tahun ke-63 dengan Tetap Bekerja Seperti Biasa

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:14 WIB

Tanah Rakyat Atau Tanah Negara

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:18 WIB

KNPB Nabire Bantah Terlibat Pembakaran Kantor Dan Fasilitas Umum

Jumat, 21 Juni 2024 - 17:01 WIB

Posyandu Mawar Desa Sido Harjo Gelar Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Berita Terbaru

Ilustrasi: Dampak Medsos Terhadap Hubungan Keluarga: Gambar AI (Suara Utama.id)

Artikel

Pengaruh Media Sosial terhadap Hubungan Keluarga

Sabtu, 22 Jun 2024 - 07:20 WIB