banner 728x250

Masyarakat Desa Gading Sari Sambut Hangat Kedatangan Mahasiswa KKN UIN Suska Riau

Foto Dokumentasi Mas AR. Heriyanto, Masyarakat Desa Gading Sari Sambut Hangat Kedatangan Mahasiswa KKN UIN Suska Riau
Foto Dokumentasi Mas AR. Heriyanto, Masyarakat Desa Gading Sari Sambut Hangat Kedatangan Mahasiswa KKN UIN Suska Riau
banner 120x600
265 Kali Dibaca

SUARA UTAMA, TAPUNG – Masyarakat Desa Gading Sari Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, Senin (03/07/2023) dengan hangat Menyambut baik Kedatangan Belasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sulatan Syarif Kasim (Suska) Riau.

Masyarakat Desa Gading Sari Sambut Hangat Kedatangan Mahasiswa KKN UIN Suska Riau

Selamat Milad Mubarak Lembaga AR Learning Center yang Ke-3 Tahun. 7 Juni 2020 - 7 Juni 2023. Foto: Mas Andre Hariyanto (SUARA UTAMA)

Selamat Milad Mubarak Lembaga AR Learning Center yang Ke-3 Tahun. 7 Juni 2020 – 7 Juni 2023. Foto: Mas Andre Hariyanto (SUARA UTAMA)

KKN ini merupakan Bentuk Kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi UIN Suska Riau diantaranya pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan yang dimiliki oleh para Mahasiswa untuk diutus di daerah tertentu. Salah satu daerah yang menjadi lokasi untuk KKN adalah di Desa Gading Sari Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar.

Pada hari Senin 03 bulan Juli Tahun 2023, Telah diutus Mahasiwa dari UIN Suska Riau tiba di Desa Gading Sari dan langsung di sambut hangat oleh seluruh Perangkat Desa Gading Sari. Setibanya di desa tersebut, seluruh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) langsung diarahkan menuju ke kantor Desa untuk mendapat pembekalan dan beberapa arahan.

BACA : MM RSU Resmi Dibentuk, Ilham Akbar Pimpin Mudzakarah Jurnalis Anti Hoax di Suara Utama

KKN Mahasiswa UIN SuskaRiau merupakan berkah tersendiri bagi masyarakat Gading sari hal ini menjadi cemeti untuk meningkatkan taraf pendidikan masyarakat serta wadah pengenalan Desa dalam rangka sosialisasi untuk dapat diperkenalkan ke khalayak ramai atau publik bahwa Masyarakat Desa menerima keterbukaan dalam rangka Tridarma perguruan Tinggi. Dan berharap menjadi I’tibar bagi Desa lainnya.

Masyarakat Desa Gading Sari Sambut Hangat Kedatangan Mahasiswa KKN UIN Suska Riau

Foto Dokumentasi Mas Andre Hariyanto, AR.Learning Center, C.PW

Foto Dokumentasi Mas Andre Hariyanto, AR.Learning Center, C.PW

Perangkat Desa Gading Sari mengucapkan selamat datang kepada mahasiwa Kuliah Kerja Nyata. Tasmanto Tarigan Selaku Kepala Desa mengatakan, bahwa desa sangat terbuka untuk mahasiwa-mahasiswa kuliah kerja nyata untuk menyalurkan ide-ide kreatifnya di desa ini.

BACA : Purnatugas KKN Mahasiswa IAIDU Asahan di Desa Pematang Sei Baru

“Adik- adik mahasiswa jangan sungkan meminta bantuan kepada perangkat desa mengenai hal -hal yang dibutuhkan. ” kata Kades Tasmanto sebagaimana rilis diterima dapur redaksi SUARA UTAMA ID, Jum’at (07/07/2023).

Beliau juga ikut memberikan beberapa saran mengenai kegiatan yang bertemakan kearifan lokal yang berada di Desa Gading Sari sesuai dengan tema kuliah kerja nyata dari UIN Suska Riau.

Desa Gading Sari merupakan Daerah Eks Transmigrasi tahun 1990/1991 yang dulunya berada dalam Kecamatan Siak hulu Kabupaten Kampar, merasakan geliat Pembangunan sejak adanya Otonomi Desa dan beberapa Proyek Pembangunan Yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Masyarakat Desa Gading Sari Sambut Hangat Kedatangan Mahasiswa KKN UIN Suska Riau

Happy Milad Mubarak Lembaga AR Learning Center yang ke 3 tahun 07 Juni 2020 - 07 Juni 2023. Foto: Mas Andre Hariyanto (SUARA UTAMA)

Happy Milad Mubarak Lembaga AR Learning Center yang ke 3 tahun 07 Juni 2020 – 07 Juni 2023. Foto: Mas Andre Hariyanto (SUARA UTAMA)

Otonomi Desa Merupakan kebijakan Pembangunan Kabupaten Kampar untuk Mengangkat Ketertinggalan dan kesenjangan Pembangunan Desa, baik antara Desa Dengan Pusat Pemerintahan Maupun antar Desa.

Otonomi Desa merupakan kewenangan yang di berikan Kepada Desa untuk mengatur dan Mengurus Rumah tangganya sendiri, kewenangan ini di berikan untuk memanfaatkan Potensi dan menyelesaikan masalah – masalah yang timbul di tengah masyarakat di Pedesaan, Semenjak otonomi Desa di gulirkan, terasa geliat Pembangunan di Pedesaan khususnya Desa Gading Sari,  Masyakat Desa dalam hal ini di tuntut untuk lebih berperan dalam Pembangunan baik dalam hal Pembangunan, Pemeliharaan dan Pengawasan terutama Sumbangsih Masyarakat dalam hal Swadaya.

BACA : Pelatihan Keterampilan Agama Dan Tabligh Akbar Di Desa Teluk Dalam

Memanfaatkan Potensi sumber daya alam yang ada,tidak lain adalah untuk meningkatkan  penghasilan Masyarakat Desa,  namun upaya memanfaatkan sumber daya yang ada tersebut untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa harus di tunjang oleh ketersediaan infrastruktur yang memadai ,dalam hal ini yang sangat di perlukan Oleh masyarakat Desa adalah adanya Pengerasan jalan  Desa dan Program pemberdayaan yang pro rakyat miskin

Kuliah Kerja Nyata ini dimulai dari tanggal 03 Juli sampai dengan 31 Agustus 2023. Muhammad Rohman Selaku koordinator masyarakat berharap agar kegiatan mahasiswa KKN ini dapat memberi dampak Positif.

Masyarakat Desa Gading Sari Sambut Hangat Kedatangan Mahasiswa KKN UIN Suska Riau

Foto Dokumentasi Mas. AR. Heriyanto dan AR.Learning Center CHR.

Foto Dokumentasi Mas. AR. Heriyanto dan AR.Learning Center CHR.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat dan sebagai wadah untuk adik adik mahasiwa kuliah kerja nyata dalam menimba ilmu secara sosial.” ujarnya.

Sebelum dikirimkan kelokasi KKN Seluruh Mahasiswa telah diberi pembekalan agar setibanya di lokasi yang dituju bisa menyesuaikan diri atau beradabtasi dengan masyarakat sehingga keberadaan para mahasisiwa bisa memberikan warna dan sepirit bagi masyarakat, serta bagi mahasiswa mendapatkan pengelaman menarik dan berharga untuk menatap masa depan yang cerah.

BACA : Kaidah Pendidikan Menurut Islam

Sedangkan Aditya Fajar Octama selaku Humas di kelompok KKN Gading sari, siap bersama kawan-kawan KKN untuk Memberikan yang terbaik di Masyarakat.

“Insyaallah kami sebagai Mahasiswa KKN disini tentu, akan selalu Memberikan Edukasi yang terbaik kepada Masyarakat. Dan kami juga akan membuat kegiatan-kegiatan yang mendukung Masyarakat selama kami KKN disini.” papar Aditya. */Kiriman Sarwan, Riau.

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90