Ini Klarifikasi Pj Bupati Intan Jaya Terkait Pernyataan Thomas Sondegau Tentang Kisruh di Kabupaten Intan Jaya

- Jurnalis

Minggu, 4 Juni 2023 - 20:54 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PJ.Bupati Intan Jaya, Apolos Bagau, ST

PJ.Bupati Intan Jaya, Apolos Bagau, ST

SUARA UTAMA, Intan Jaya – Pj Bupati Kabupaten Intan Jaya, Apolos Bagau, ST membantah pernyataan Thomas Sondegau, anggota DPR Provinsi Papua tentang kisruh di Intan jaya yang disampaikan melalui salah satu media online, Kamis, (1/5) lalu.

Dalam kesepakatan yang diterima Suara utama Jumat (2/5), Pj Bupati Kabupaten Intan Jaya Apolos Bagau, ST menyampaikan sejumlah hal, diantaranya adalah: kondisi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di Intan Jaya. Di bawah ini klarisifkasi Pj Bupati Intan Jaya selengkapnya.

1. Bahwa dari tahun 2019 s/d tahun 2022 Kondisi Kabupaten Intan Jaya kurang kondusif akibat gangguan keamanan dan covid-19, Hal ini mengakibatkan Kinerja OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Intan Jaya sangat rendah yang ditandai dengan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik tidak berjalan optimal, Kehadiran Pegawai sangat rendah akibat pimpinan – pimpinan manajemen puncak juga tidak berada di tempat, tidak ada penerapan disiplin PNS, sehingga saya selaku Pj.Bupati harus mengambil langkah-langkah yang konkrit, cepat, tegas dan tuntas agar roda pemerintahan dapat kembali normal di Kabupaten Intan Jaya;

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Ini Klarifikasi Pj Bupati Intan Jaya Terkait Pernyataan Thomas Sondegau Tentang Kisruh di Kabupaten Intan Jaya Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

2. Mutasi, rotasi dan promosi yang dilakukan adalah rangka perekrutan PNS OAP asal Intan Jaya yang telah memenuhi syarat guna merebut jabatan-jabatan pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas semata-mata untuk mempercepat peningkatan kinerja pemerintahan dan pelayanan publik, sejak dilakukan kebijakan di bidang kepegawaian telah mengalami perubahan yang signifikan dan pulihnya kepercayaan publik kepada pemerintahan daerah dan dibuktikan sebagai berikut:

  1. Seluruh pelayanan OPD sudah membuka kantor di Sugapa dengan baik, dan tidak ada lagi pelayanan apapun di Kabupaten Nabire;
  2. Distribusi jabatan dengan pemberdayaan PNS OAP, telah memberikan dampak positif yaitu terciptanya kondisi keamanan menjadi lebih kondusif dan menurunnya intensitas konflik bersenjata serta pendekatan kultural dan kekeluargaan dalam penyelesaian masalah-masalah kemasyarakatan.
  3. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dari tahun 2019 s/d 2022 melakukan Pelayanan di Nabire, sekarang sudah dilakukan pelayanan di Sugapa;
  4.  Kebijakan Di bidang pendidikan semakin melangkah maju melalui berbagai kerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dibidang pendidikan, salah satunya Kerjasama Pemerintah Kabupaten Intan Jaya dengan Yayasan Alirena (Sekolah Anak Indonesia) dan pemberian beasiswa bagi penjelasan pendidikan dasar dan menengah melalui Beasiswa Prestasi, Afresiasi dan Afirmasi .
  5. Pelayanan kesehatan yang selama ini tidak menyentuh sampai tingkat distrik, sekarang mulai melakukan pelayanan sampai distrik-distrik terjauh, melalui kegiatan survei status Gizi dalam rangka intervensi stunting dan mulai dilakukan pembukaan puskesmas di 6 Distrik yang selama ini tidak pernah ada pelayanan.
  6. Pemberian Beasiswa bagi OAP untuk mengikuti pendidikan di bidang kesehatan melalui kerjasama dengan STIKES Imanuel Bandung dan Kerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk melanjutkan jenjang D-III dan S-1 ke Stikes Nabire.
  7. Bantuan sosial yang selama ini tidak tersalurkan sampai di distrik-distrik terjauh, sekarang sudah dapat diserahkan ke seluruh distrik;
  8. Perkembangan ekonomi masyarakat semakin tumbuh dengan kehadiran PNS di Intan Jaya, menjadi pendorong gerak perekonomian daerah; Saya. Koordinasi dengan Forkopimda, Tokoh masyarakat dan tokoh agama, tokoh perempuan dan tokoh pemuda telah dilaksanakan pj. Bupati dengan baik karena selaku pj. Bupati tidak pernah meninggalkan Intan Jaya kecuali dalam rangka kedinasan.
BACA JUGA :  Ini Harapan Pj.Bupati Intan Jaya Usai Pentahbisan Imam Baru di Titigi, Intan Jaya

Saya. Koordinasi dengan Forkopimda, Tokoh masyarakat dan tokoh agama, tokoh perempuan dan tokoh pemuda telah dilaksanakan pj. Bupati dengan baik karena selaku pj. Bupati tidak pernah meninggalkan Intan Jaya kecuali dalam rangka kedinasan.

3.Saya sampaikan bahwa tidak ada kisruh di Kabupaten Intan Jaya seperti yang digemborkan di media pemberitaan online, kondisi kabupaten saat ini aman terkendali.

4. Pj. bupati tidak bermaksud berpolitik untuk membuat perubahan semua aspek program yang dilakukan melalui dinas teknis terkait, namun memberikan kewenangan dinas sesuai tupoksi di setiap bidang fungsi masing-masing, dan Pj. Bupati sama sekali tidak mengintervensi program di setiap dinas, ini adalah program pemerintah pusat yang memberikan tugas kepada Pj.Bupati Intan Jaya untuk wajib dilaksanakan di daerah, terutama penataan dan evaluasi ASN, pengendalian inflasi, pendataan stunting, menjaga dan menangani kamtibmas daerah, dan penyerapan APBD secara sehat dan lega, maka itu kepada semua pihak yang kepentingan berpolitik mohon bersabar, karena politik daerah masih jauh tahun 2024, Pj. Bupati menjalankan dan menghidupkan program pemda yang sudah lama vakum. Saya harap semua pihak untuk memahami hal ini.

5. Saya selaku Pj. Bupati selalu ada di Intan Jaya dan selalu turun di lapangan untuk memantau perkembangan pelayanan publik dan dipastikan tidak ada permasalahan yang menyebabkan terganggunya penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Semua kendala telah dikomunikasikan dan didiskusikan dengan baik dengan melibatkan para pihak, setiap masalah telah diselesaikan dengan baik.

Oleh karena itu, harapan saya kepada khususnya PNS, DPRD dan para Intelektual Putra Asli Daerah Kabupaten Intan Jaya, mari kita saling bahu membahu membangun Kabupaten Intan Jaya dengan memberikan informasi yang benar, berimbang, berdasarkan fakta dan data serta tidak dibayangkan, melakukan pelayanan yang baik , membuat inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat,

SUGAPA, 02 JUNI 2023

Pj. BUPATI INTAN JAYA,

APOLOS BAGAU, ST

Berita Terkait

Pemerintah Nagari Sikabau Laksanakan Musyawarah RKP Nagari Tahun 2025, DU RKP 2026 Dan Rembug Stunting
Antusias Pengunjung Hotel Grand Verona Naik Jelang Iduladha
Perjuangan Pendamping Proses Produk Halal (P3H): Tantangan dan Kontribusi dalam Mendukung Industri Halal di Indonesia
Alami Luka Serius Petambak Bumi Dipasena Lampung Selamat dari Terkaman Buaya Saat Mencari Ikan
Warga Patani Barat Keluhkan Ruas Jalan Yang Rusak dan Tergenang Air
Hari Ketiga Nias Pro 2024 : Peselancar Wanita Asal Australia Dominasi Kategori, Singkirkan Peselancar Lokal
Terkait Isu Kecurangan Distribusi LPG 3 Kg di Beberapa Pangkalan, Ini Kata Dirut PT. Putra Siarang
13 Tahun “Mangkrak” Jadi Temuan BPK, GOR Asahan Sudah habiskan Rp.16,2 Milyar
Berita ini 24 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 17:14 WIB

Pemerintah Nagari Sikabau Laksanakan Musyawarah RKP Nagari Tahun 2025, DU RKP 2026 Dan Rembug Stunting

Rabu, 12 Juni 2024 - 07:29 WIB

Antusias Pengunjung Hotel Grand Verona Naik Jelang Iduladha

Rabu, 12 Juni 2024 - 06:58 WIB

Perjuangan Pendamping Proses Produk Halal (P3H): Tantangan dan Kontribusi dalam Mendukung Industri Halal di Indonesia

Selasa, 11 Juni 2024 - 22:37 WIB

Alami Luka Serius Petambak Bumi Dipasena Lampung Selamat dari Terkaman Buaya Saat Mencari Ikan

Selasa, 11 Juni 2024 - 18:34 WIB

Hari Ketiga Nias Pro 2024 : Peselancar Wanita Asal Australia Dominasi Kategori, Singkirkan Peselancar Lokal

Selasa, 11 Juni 2024 - 16:32 WIB

Terkait Isu Kecurangan Distribusi LPG 3 Kg di Beberapa Pangkalan, Ini Kata Dirut PT. Putra Siarang

Selasa, 11 Juni 2024 - 15:16 WIB

13 Tahun “Mangkrak” Jadi Temuan BPK, GOR Asahan Sudah habiskan Rp.16,2 Milyar

Selasa, 11 Juni 2024 - 10:59 WIB

Isu Korupsi Persatuan Wartawan Indonesia, Pimpinan Media SUARA UTAMA Andre Hariyanto buka Suara ke Dewan Pers

Berita Terbaru

Berita Utama

Antusias Pengunjung Hotel Grand Verona Naik Jelang Iduladha

Rabu, 12 Jun 2024 - 07:29 WIB