banner 728x250

Harlah NU Bukti Solid dan Ukhuwah Islamiyah Civil Islam

Harlah NU Bukti Solid dan Ukhuwah Islamiyah Civil Islam

WhatsApp Image 2023 02 07 at 21.14.40 Harlah NU Bukti Solid dan Ukhuwah Islamiyah Civil Islam Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
117 Kali Dibaca

SUARA UTAMA, Sidoarjo (8/2). Ormas-ormas Islam membantu suksesnya acara puncak peringatan Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU). Acara tersebut dihelat Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Presiden Jokowi yang hadir dalam kesempatan itu, berpesan agar generasi muda Nahdliyin menguasai iptek, teknologi dan menjadi profesional-profesional yang unggul.

Kehadiran Presiden Jokowi dan kemeriahan perayaan Harlah 1 Abad NU, di mata Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso menunjukkan kesolidan dan ukhuwah Islamiyah yang terjalin di antara civil Islam. Harlah seabad NU, memberi pesan kontribusi umat Islam, terhadap bangsa dan negara jauh sebelum Indonesia terbentuk.

Menurut KH Chriswanto, dalam Harlah NU, umat Islam seperti tubuh yang satu, “Saling bantu yang menunjukkan nilai-nilai keadaban. Maka civil Islam di negeri ini menunjukkan karakteristik toleran, demokratis, dan menjunjung tinggi adab atau budi pekerti yang luhur,” tuturnya.

Dalam Harlah NU, DPW LDII Jawa Timur, menyumbangkan 12 ribu botol air mineral, yang dibagikan dalam acara Resepsi Puncak Acara Harlah 1 Abad NU (Nahdlatul Ulama) pada hari Selasa (7/2). Bantuan air mineral tersebut dibagikan oleh 150 orang relawan Pemuda LDII Jawa Timur. Mereka disebar di lima titik di sepanjang jalan menuju Stadion Gelora Delta, tempat berlangsungnya kegiatan.

Kordinator Pemuda LDII Jatim, Yerik Sahuri mengatakan, bantuan tersebut merupakan bagian dari peran kecil LDII membantu suksesnya kegiatan Harlah 1 Abad NU. Menurutnya, bantuan itu juga wujud LDII mensyukuri terselenggaranya kegiatan akbar tersebut.

“Karena kegiatan ini skalanya nasional, tentu dari Pemuda LDII Jatim bergerak membantu kegiatan ini dengan menyalurkan air mineral. Selain itu, kami juga bergerak untuk memungut dan mengambil sampah di sepanjang jalan menuju tempat berlangsungnya kegiatan,” ujar Yerik.

Menurut Yerik, kegiatan akbar NU ini menjadi kebanggaan Sidoarjo karena telah ditunjuk menjadi tuan rumah. Tentunya sebagai lokasi perayaan Harlah, masyarakat Sidoarjo termasuk warga LDII, menempatkan diri sebagai tuan rumah yang baik, “Dan inilah momen terbaik kita untuk membantu saudara tua kami (NU),” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPW LDII Jawa Timur Moch. Amrodji Konawi yang turut memantau kegiatan sosial Pemuda LDII Jatim, mengatakan aksi solidaritas Pemuda LDII dalam Harlah NU merupakan wujud kebersamaan dan membangun ukhuwah antar sesama ormas berbasis keagamaan. “Ukhuwah harus tetap dibangun, tetap diperkuat. Apalagi tadi melihat ada teman-teman dari Muhammadiyah juga membantu suksesnya kegiatan ini. Dan yang paling penting, kami dari LDII akan mengambil hikmah besar dari Harlah 1 Abad ini,” harapnya.

Selama kegiatan, Pemuda LDII Jatim juga menyediakan satu unit ambulans beserta tim tenaga medis yang disiagakan untuk membantu warga NU. Untuk mengantisipasi jemaah yang kelelahan. Selain itu, juga dibagikan nasi kotak dan snack kepada para peserta Harlah 1 Abad NU di setiap titik sepanjang jalan menuju Stadion Gelora Delta.

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90