banner 728x250

PKKMB Universitas Ibnu Chaldun Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Seksual di Kampus

WhatsApp Image 2023 09 17 at 06.36.07 PKKMB Universitas Ibnu Chaldun Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Seksual di Kampus Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
202 Kali Dibaca

SUARA UTAMA, JAKARTA – Masa PKKMB marak di banyak kampus. PKKMB adalah istilah yang tak asing di kalangan mahasiswa baru. Kegiatan ini dilakukan di seluruh universitas di Indonesia. Dengan tujuan PKKMB adalah memberikan pembekalan bagi mahasiswa baru agar cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Dikutip dari laman Kemdikbud, PKKMB adalah wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

PKKMB adalah syarat penting dan wajib diikuti mahasiswa baru sehingga memperoleh sertifikat yang dapat dicatatkan dan dimuat dalam SKPI atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah ketika lulus menjadi Sarjana nanti.

Dalam masa PKKMB di Universitas Ibnu Chaldun – UIC, mahasiswa diberikan sosialisasi tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan kampus yang diberikan oleh anggota Pansel anti perundungan, pelecehan dan kekerasan seksual Wulansari.,MH., serta dosen FH, Warsito., MH.

Di samping sosialisasi soal pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, mahasiswa baru UIC juga dibekali wawasan kebangsaan yang disampaikan Drs. Dahri Zaenal, M.Si, dosen Pendidikan Pancasila UIC.

Tak ketinggalan, da’i motivator nasional yang juga dosen UIC, Akhirudin DC., MA., menyampaikan kiat-kiat hidup sukses dan mengembangkan karakter hebat kepada mahasiswa baru UIC.

Rektor UIC, Dr. Rahmah Marsinah, SH., MM., MH., menyampaikan bahwa kegiatan PKKMB ini sangat penting untuk pengenalan suasana akademik terhadap mahasiswa baru. Hal ini dikarenakan kuliah tentunya berbeda dengan saat masih sekolah.

“PKKMB harus direncanakan secara matang agar dapat dijadikan momentum bagi para mahasiswa baru untuk mendapat informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non-akademik.”

“Kompetensi-kompetensi mahasiswa harus dibina dengan baik dalam menghadapi era globalisasi dan revolusi industri 4.0 dan society 5.0 yang menuntut kesiapan semua pihak, termasuk mahasiswa baru” pungkasnya.

WhatsApp Image 2023 09 17 at 06.36.05 PKKMB Universitas Ibnu Chaldun Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Seksual di Kampus Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

PKKMB UIC yang digelar dua hari 15-16 September 2023 padat acara dan kegiatan, diantaranya mahasiswa baru ada sesi Ta’aruf Fakultas dan Program Studi. Kegiatan berlangsung meriah, penuh semangat.

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90