Peningkatan Kemampuan  Bahasa Dengan Meniru Huruf Abjad di Kelompok B TK BHAKTI PERTIWI  SUKAMAJU Kecamatan Kalumpang Selatan Kabupaten Kotabaru – Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023.

- Jurnalis

Minggu, 3 Desember 2023 - 19:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA, NGAWIPeningkatan Kemampuan  Bahasa Dengan Meniru Huruf Abjad di Kelompok B TK BHAKTI PERTIWI  SUKAMAJU Kecamatan Kalumpang Selatan Kabupaten Kotabaru – Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023.

WhatsApp Image 2023 12 04 at 04.39.24 Peningkatan Kemampuan  Bahasa Dengan Meniru Huruf Abjad di Kelompok B TK BHAKTI PERTIWI  SUKAMAJU Kecamatan Kalumpang Selatan Kabupaten Kotabaru - Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

Bu Listiorini sedang mempraktekan – Peningkatan Kemampuan  Bahasa Dengan Meniru Huruf Abjad di Kelompok B TK BHAKTI PERTIWI  SUKAMAJU Kecamatan Kalumpang Selatan Kabupaten Kotabaru – Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Foto & Gambar: Dokumentasi Pribadi Bu Listiorini

 

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Peningkatan Kemampuan  Bahasa Dengan Meniru Huruf Abjad di Kelompok B TK BHAKTI PERTIWI  SUKAMAJU Kecamatan Kalumpang Selatan Kabupaten Kotabaru - Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Guru yang Profesional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan mutu Pendidikan yang ada di sekolah, kemampuan guru selalu diperbaharui melalui pengembangan keprofesian , tidak hanya dengan melalui pengembangan keprofesian guru yang professional tetapi juga melakukan penelitian Tindakan kelas yang ada di sekolah. Kompetensi yang dituntut dari guru profesional adalah memiliki kebiasaan dan kemampuan ilmiah dalam merancang, melaksanakan, menemukan kekuatan dan kelemahan dalam kegiatan pengembangan, serta memanfaatkannya untuk perbaikan kegiatan selanjutnya.

Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi, Bahasa juga dapat dipergunakan untuk berfikir, mengekspresikan perasaan dan melalui bahasa dapat menerima pikiran dan perasaan orang lain. Pengertian Perkembangan Bahasa  Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu aspek dari tahapan perkembangannya. Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi, dapat digunakan untuk berfikir, mengekspresikan perasaan dan melalui bahasa dapat menerima pikiran dan perasaan orang lain.

Perkembangan bahasa dimulai sejak bayi dan mengandalkan perannya pada pengalaman, penguasaan dan pertumbuhan bahasa. Pengembangan kemampuan berbahasa bagi Anak usia Dini bertujuan agar anak mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungannya. Konteks pengembangan bahasa meliputi: mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dini. Dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak, guru dapat memilih strategi dan metode secara bervariasi.   Kegiatan – kegiatan yang dapat dilakukan dalam mengembangkan kemampuan berbahasa adalah kegiatan yang dapat menstimulasi kemampuan mendengarkan, menyimak, berbicara dan menulis.

BACA :  Warga HONGKONG Ikuti Pelatihan Pajak di Lembaga AR Learning Center

Dalam melaksanakan proses belajar mengajar di butuhkan interaksi antar guru dengan peserta didik untuk mencapai kualitas pengajaran yang berkualitas dan bermakna. Strategi dalam pembelajaran diorganisasikan melalui metode yang tepat. Dalam hal ini, pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan keberhasilan dalam suatu proses belajar mengajar.

Membaca atau menceritakan merupakan suatu yang fundamental kehidupan seseorang, karena membaca merupakan pembinaan yang berkesinambungan. Jadi bahasa merupakan alat komunikasi utama bagi anak untuk mengungkapkan berbagai kebutuhannya, termasuk untuk meningkatkan pengetahuannya melalui membaca dan bercerita.

Untuk melakukan pengembangan bahasa anak dalam meniru huruf Abjad di TK Bhakti Pertiwi Desa Sukamaju Kelumpang Selatan Kotabaru diperlukan model pembelajaran yang tepat yaitu belajar seraya bermain, bermain seraya belajar diharapkan dalam bermain seraya belajar anak tidak bosan, senang dalam menerima pembelajaran jadi anak tidak monoton saja sehingga anak lebih mudah menerima pembelajaran yang disampaikan oleh guru TK Bhakti Pertiwi Desaa Sukamaju Kelumpang Selatan Kotabaru .

 

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan pengembangan aspek bahasa dalam meniru huruf pada gambar setelah diterapkan metode demostrasi

BACA :  Lembaga AR Learning Center Beri Nominasi 10 Besar Master Trainer 2022

 

Hasil penelitian Tindakan kelas ini dengan Meniru Huruf Abjad Melalui Metode Demontrasi adalah :

  1. Penggunaaan media /metode demontrasi yang diterapkan di TK Bhakti Pertiwi Desa Sukamaju dapat meningkatkan kemampuan aspek bahasa dalam meniru huruf pada gambar serta memberikan hasil yang sangat baik bagi perkembangan kemampuan anak.
  2. Metode serta prilaku guru dalam menyampaikan materi merupakan kunci efektifnya proses belajar mengajar di TK Bhakti Pertiwi Desa Sukamaju .

 

Dan Pada kegiatan Refleksi penelitian Tindakan kelas ini saya merasakan adanya masalah dan kekurangan yang muncul pada saat melakukan penelitian tndakan kelas sebagai berikut :

  1. Perkembangan bahsa anak dalam menirukan huruf Abjad masih kurang
  2. Anak belum mengenal huruf sepenuhnya
  3. Anak kurang memperhatikan penjelasan guru
  4. Anak tidak minat, kurang antusias dan kurang teratrik seperti ingin cepat-cepat menyelesaikan kegiatan dan ingin bermain di luar
  5. Anak kurang menerima materi yang disampaikan oleh guru

 

Penyelesaian permasalahan yang terjadi dapat diatasi alternatif dan pemecahan masalah Agar anak tertarik dalam pembelajaran maka guru harus merancang semua pembelajaran agar lebih menarik dan meyenangkan pada aspek bahasa dalam kemampuan meniru huruf pada gambar yang ada dalam buku.

Berdasarkan kenyataan diatas, maka peneliti sangat tertarik dalam mengatasi permasalahan yang terjadi melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu menggunakan metode Demonstrasi

Langkah-langkah motode Demonstrasi sebagai berikut:

  1. Guru menyampaikan kompetensi atau tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
  2. Guru menyajikan materi pengantar sebelum kegiatan / gambaran materi yang akan disampaikan .
  3. Guru menyediakan gambar-gambar yang akan digunakan (terkait dengan materi dan menyiapkan bahan atau alat yang di perlukan.
  4. Guru menunjuk siswa secara bergilir untuk mengurutkan atau memasangkan gambar-gambar yang ada dan mendemostrasikannya sesuai skenario yang telah disiapkan.
  5. Seluruh siswa memperhatikan demonstrasi dan menganalisanya
  6. Guru menyakan mengenai alasan/dasar siswa dalam menentukan urutan gambar
  7. Dari alasan/ urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/ materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
  8. Apabila tugas tersebut berupa kelompok, agar diupayakan semua anggota kelompok dapat terlibat secara aktif dalam meyelesaikan tugas.
  9. Guru mengontrol proses penyelesaian tugas yang dikerjakan oleh siswa.
  10. Guru dapat menyimpulkan, Evaluasi dan memberikan penilaian di akhir kegiatan .

Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya

Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)

Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)

(Sam Foundation) bantu secara Virtual peserta melakukan Konfirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023 Angkatan Ifirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023 Angkatan I

Sam Foundation Bekerja sama dengan Sapetendik Indonesia adakan Kiat Khusus Menghadapi UKM PPG (UP dan UKIN) First Taker dan serta Retaker 2023

Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama
Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama

Berita Terkait

Ponpes Wali Barokah Kota Kediri Gelar Penyuluhan Hukum Terpadu
Diduga KKN, Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka SD Dan SMP TA 2023 Di Kampar Tengah Di Lidik Pidsus Kejari Kampar.
“ANEH” MEMANDANG KULIAH SEBAGAI PEDIDIKAN TERSIER: KRITIK ATAS PEMAHAMAN PROGRAM WAJIB BELAJAR
SMA 1 Muara Wis Terbakar, Kerugian Materialnya Tercatat Tinggi
Pentingnya Penataan dan Regulasi yang Pro Tranportasi Publik dan Massal
Hendak Ke Museum Lampung Bus Rombongan Studi Tour MIN Pesisir Barat Terjun ke Jurang di Tanggamus
Hujan dan Angin Kencang Rusak Rumah Petambak Dipasana Lampung
LPKNI Gerudug Kantor Disperindagkop Merangin Imbas Gas LPG 3 Kg Langka
Berita ini 13 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 23:11 WIB

Ponpes Wali Barokah Kota Kediri Gelar Penyuluhan Hukum Terpadu

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:31 WIB

Diduga KKN, Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka SD Dan SMP TA 2023 Di Kampar Tengah Di Lidik Pidsus Kejari Kampar.

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:30 WIB

“ANEH” MEMANDANG KULIAH SEBAGAI PEDIDIKAN TERSIER: KRITIK ATAS PEMAHAMAN PROGRAM WAJIB BELAJAR

Rabu, 22 Mei 2024 - 17:25 WIB

SMA 1 Muara Wis Terbakar, Kerugian Materialnya Tercatat Tinggi

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:12 WIB

Hendak Ke Museum Lampung Bus Rombongan Studi Tour MIN Pesisir Barat Terjun ke Jurang di Tanggamus

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:53 WIB

Hujan dan Angin Kencang Rusak Rumah Petambak Dipasana Lampung

Rabu, 22 Mei 2024 - 08:34 WIB

LPKNI Gerudug Kantor Disperindagkop Merangin Imbas Gas LPG 3 Kg Langka

Rabu, 22 Mei 2024 - 00:39 WIB

Pendiri Hidayatullah Ustadz Hasyim HS Wafat. Andre Hariyanto: Almarhum Guru Terbaik Saya Semasa Mondok

Berita Terbaru

Berita Utama

SMA 1 Muara Wis Terbakar, Kerugian Materialnya Tercatat Tinggi

Rabu, 22 Mei 2024 - 17:25 WIB