Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Stick Angka di TK BHAKTI PERTIWI  SUKAMAJU Kecamatan Kalumpang Selatan Kabupaten Kotabaru – Semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022

- Jurnalis

Rabu, 29 November 2023 - 06:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA, NGAWIMeningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Stick Angka di TK BHAKTI PERTIWI  SUKAMAJU Kecamatan Kalumpang Selatan Kabupaten Kotabaru – Semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022

image029 Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Stick Angka di TK BHAKTI PERTIWI  SUKAMAJU Kecamatan Kalumpang Selatan Kabupaten Kotabaru - Semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022 Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

Bu Listiorini sedang mempraktekan –  Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Stick Angka di TK Bhakti Pertiwi Sukamaju Kecamatan Kalumpang Selatan Kabupaten Kotabaru  – Semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022. Foto & Gambar: Dokumentasi Pribadi Bu Listiorini

 

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Stick Angka di TK BHAKTI PERTIWI  SUKAMAJU Kecamatan Kalumpang Selatan Kabupaten Kotabaru - Semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022 Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Guru yang Profesional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan mutu Pendidikan yang ada di sekolah, kemampuan guru selalu diperbaharui melalui pengembangan keprofesian , tidak hanya dengan melalui pengembangan keprofesian guru yang professional tetapi juga melakukan penelitian Tindakan kelas yang ada di sekolah. Kompetensi yang dituntut dari guru profesional adalah memiliki kebiasaan dan kemampuan ilmiah dalam merancang, melaksanakan, menemukan kekuatan dan kelemahan dalam kegiatan pengembangan, serta memanfaatkannya untuk perbaikan kegiatan selanjutnya.

Media yang digunakan dalam peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak pada dasarnya haruslah media yang tidak berbahaya bagi anak dan tentunya menyenangkan. Dalam lingkup sekolah, guru sebagai sumber informasi dan penerimanya adalah anak. Oleh karena itu, guru dapat memanfaatkan dan menggunakan media sebagai perantara dalam menyampaikan informasi kepada anak dalam kegiatan pembelajaran. Hasil positif dalam kegiatan pembelajaran akan didapat apabila media pembelajaran direncanakan dengan baik dalam penggunaan dikelas.Dunia anak adalah dunia bermain, bermain terungkap dalam berbagai bentuk. Oleh karena itu guru perlu menggunakan media permainan dalam peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak untuk menarik perhatian anak dan memudahkan anak dalam kegiatan disekolah. Melalui bermain anak mampu meningkatkan kemampuan berhitungnya. Melalui bermain pula anak secara tidak langsung mampu mengaktifkan gerakan fisik sehingga meningkatkan perkembangan kognitif yang berdampak pada kecerdasan anak. Salah satu bentuk permainan yang dapat untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan yaitu melalui permainan stick angka.

BACA :  Gebyar Hari Buku Sedunia 2024

Permainan stick angka adalah suatu bentuk media pembelajaran berbasis permainan untuk menyampaikan suatu materi pembelajaran pada anak usia dini. Penggunaan permainan stick angka diharapkan lebih mudah untuk membantu anak memahami konsep berhitung agar lebih termotivasi dalam belajar berhitung permulaan.

 

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui bagaimana proses permainan stick angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini dikembangkan di TK Bhakti Pertiwi Sukamaju .
  2. Untuk mengetahui apakah kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A TK Bhakti Pertiwi Sukamaju meningkat setelah menggunakan media permaian stick

Hasil penelitian Tindakan kelas ini dengan penggunaan media Permainan Stick Angka

  1. Kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok A di TK Bhakti Pertiwi Sukamaju sebelum menggunakan media permainan stick angka masih belum optimal. Hal tersebut terlihat dari pengamatan awal peneliti selama melaksanakan kegiatan praktek lapangan. Dengan begitu perlu diperbaiki melalui pemberian bantuan berupa media permainan stick angka kepada anak kelompok A.
  2. Kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok A di TK Bhakti Pertiwi Sukamaju setelah menggunakan media permainan stick angka terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari antusias, respon, kemampuan berpikir, sikap ataupun tindakan anak yang dilakukan selama mengikuti suatu permainan. Siklus I anak terlihat antusias dan merespon kegiatan berhitung permulaan melalui media permainan stick angka, namun masih ada beberapa siswa yang belum mengerti dan kebingungan dalam memainkan setiap permainan dengan media stick angka.. Pada siklus terakhir yakni siklus II anak-anak terlihat begitu sudah menguasai media permainan berhitung, dari mulai menyebutkan lambang bilangan (1-5), menggunakan lambang bilangan untuk menghitung, dan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangannya. Sehingga pada siklus III ini anak sudah baik dan terlihat peningkatannya dalam berhitung permulaan melalui media permainan stick angka.
  3. Adapun pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini melalui media permainan stick angka dilakukan berhasil jika pembelajaran minimal mencapai rata-rata persentase keberhasilan yang diharapkan adalah ≥ 75% atau berkembang sesuai harapan (BSH) dari sejumlah anak yang ada di kelas.Meningkatnya kemampuan berhitung permulaan anak terjadi setiap siklusnya. Peningkatan terjadi disetiap siklus, dilihat dari perolehan skor BSB. Capaian penilaian bintang empat yang didapat dari siklus pertama sebesar 50,33%, siklus kedua sebesar 70%, siklus tiga sebesar 90,00%.
BACA :  SDN 01 Bumi Dipasena Agung, Rawajitu Timur, Adakan Bazar Pembelajaran Praktis Implementasi P5

 

Dan Pada kegiatan Refleksi penelitian Tindakan kelas ini saya merasakan adanya masalah dan kekurangan yang muncul pada saat melakukan penelitian tndakan kelas sebagai berikut :

  1. Kemampuan mengenal lambang bilangan masih sangat kurang, rata-rata nak sudah bisa membilang namun belum mengetahui konsep angka.
  2. Anak merasa bosan dengan pembelajaran yang monoton
  3. Media serta teknik pembelajaran yang digunakan belum bisa membuat anak aktif dalam pembelajaran
  4. Anak belum bisa konsentrasi dan lebih sering bercanda dengan teman-temannya
BACA :  Gratis Makan Siang, Penulis Muda Andre Hariyanto Incip Roemah Makan Rakjat RMR Kepanjen

 

Penyelesaian permasalahan yang terjadi dapat diatasi alternatif dan pemecahan masalah sebagai berikut :

  1. Penting bagi anak memahami kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10.
  2. Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 dirasa perlu untuk anak usia dini.
  3. Pendidik dipandang perlu membuat terobosan media/metode.
  4. Media Stick Angka angka dianggap efektif dalam meningkatkan pemahaman mengenal lambang bilangan pada anak.

 

Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya

Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)

Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)

(Sam Foundation) bantu secara Virtual peserta melakukan Konfirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023 Angkatan Ifirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023 Angkatan I

Sam Foundation Bekerja sama dengan Sapetendik Indonesia adakan Kiat Khusus Menghadapi UKM PPG (UP dan UKIN) First Taker dan serta Retaker 2023

Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama
Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama

Berita Terkait

Ponpes Wali Barokah Kota Kediri Gelar Penyuluhan Hukum Terpadu
Diduga KKN, Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka SD Dan SMP TA 2023 Di Kampar Tengah Di Lidik Pidsus Kejari Kampar.
“ANEH” MEMANDANG KULIAH SEBAGAI PEDIDIKAN TERSIER: KRITIK ATAS PEMAHAMAN PROGRAM WAJIB BELAJAR
SMA 1 Muara Wis Terbakar, Kerugian Materialnya Tercatat Tinggi
Hendak Ke Museum Lampung Bus Rombongan Studi Tour MIN Pesisir Barat Terjun ke Jurang di Tanggamus
Hujan dan Angin Kencang Rusak Rumah Petambak Dipasana Lampung
LPKNI Gerudug Kantor Disperindagkop Merangin Imbas Gas LPG 3 Kg Langka
Pendiri Hidayatullah Ustadz Hasyim HS Wafat. Andre Hariyanto: Almarhum Guru Terbaik Saya Semasa Mondok
Berita ini 14 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 23:11 WIB

Ponpes Wali Barokah Kota Kediri Gelar Penyuluhan Hukum Terpadu

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:31 WIB

Diduga KKN, Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka SD Dan SMP TA 2023 Di Kampar Tengah Di Lidik Pidsus Kejari Kampar.

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:30 WIB

“ANEH” MEMANDANG KULIAH SEBAGAI PEDIDIKAN TERSIER: KRITIK ATAS PEMAHAMAN PROGRAM WAJIB BELAJAR

Rabu, 22 Mei 2024 - 17:25 WIB

SMA 1 Muara Wis Terbakar, Kerugian Materialnya Tercatat Tinggi

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:12 WIB

Hendak Ke Museum Lampung Bus Rombongan Studi Tour MIN Pesisir Barat Terjun ke Jurang di Tanggamus

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:53 WIB

Hujan dan Angin Kencang Rusak Rumah Petambak Dipasana Lampung

Rabu, 22 Mei 2024 - 08:34 WIB

LPKNI Gerudug Kantor Disperindagkop Merangin Imbas Gas LPG 3 Kg Langka

Rabu, 22 Mei 2024 - 00:39 WIB

Pendiri Hidayatullah Ustadz Hasyim HS Wafat. Andre Hariyanto: Almarhum Guru Terbaik Saya Semasa Mondok

Berita Terbaru

Berita Utama

SMA 1 Muara Wis Terbakar, Kerugian Materialnya Tercatat Tinggi

Rabu, 22 Mei 2024 - 17:25 WIB