SUARA UTAMA, NGAWI – KEGIATAN BERMAIN MEMBUAT SINOM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TKIT TARUNA SAKINAH SURABAYA
Oleh Rorik Widiyanti, S.Pd
BAB I
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kegiatan yang telah saya lakukan selama mengikuti PPG adalah melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib di ikuti oleh mahasiswa dan rangka pembentukan kompetensi profesional merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa untuk program pendidikan tersebut, kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa dalam rangka pembentukan Kompetensi Profesional sehingga melalui kegiatan praktek dalam konteks otentik dapat mengetahui keadaan sebenarnya dalam proses belajar mengajar dibawah bimbingan Dosen Pembimbing.
Kegiatan ini dapat menambah pengalaman mahasiswa khususnya bagi tenaga kependidikan yang menempuh jalur PPG untuk menambah wawasannya di bidang Pendidikan, dengan merancang Program Pendidikan yang telah saya laksanakan berupa Praktik Pembelajaran Inovatif, Zaman semakin berkembang dari waktu ke waktu, terutama dengan semakin canggihnya teknologi yang ada.
Untuk mengantisipasi persaingan yang ada, Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dituntut mempersiapkan diri dengan menimba pengalaman dalam Praktik Pembelajaran Lapangan (PPL) Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) yang Inovatif dan Kreatif, untuk mewujudkan pembelajaran yang berinovasi diperlukan adanya model pembelajaran, media pembelajarann, dan yang paling utama yaitu strategi pembelajaran. Di sisi lain banyak yang mengembangkan konsep desain pembelajaran dengan menyatakan bahwa desain pembelajaran membantu proses belajar mengajar seseorang, dimana proses itu sendiri memiliki tahapan jangka pendek dan jangka panjang. Menurut mereka proses belajar terjadi karena adanya kondisi-kondisi belajar, internal maupun eksternal.
B. RUMUSAH MASALAH
- Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran membuat sinom untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep lambang bilangan pada kelompok A di TKIT Taruna Sakinah ?
- Apa yang dilakukan dalam mengembangkan konsep lambang bilangan pada kelompok A di TKIT taruna Sakinah?
C. TUJUAN KEGIATAN
- Melakukan perbaikan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik
- Mendalami karakteristik peserta didik dalam rangka memotivasi
- Mengidentifikasi permasalahan yang menghambat proses pembelajaran didalam kelas dan mengatasinya secara konsepsional, baik individu maupun
- Menerapkan pembelajaran inovatif yang bertolak dari permasalahn pembelajaran
- Menilai capaian pembelajaran peserta didik dengan menggunakan instrument yang dapat mengukur berfikir tinggi (Higher Order Thingking Skills).
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENDAMPINGAN INDIVIDU
Dalam PPG memberikan banyak pengalaman bagi saya, materi-materi yang diberikan didalamnya membuka cakrawala pemikiran saya mengenai dunia Pendidikan, bagaimana sosok seorang guru ataupun pendidik harus dapat untuk memkasimalkan sumber daya yang dimilikinya dengan keanegaragaman yang unik dan berbeda-beda satu dengan yang lainya untuk melejitkan potensi yang berupa kelebihan, keahlian, kemampuan para peserta anak didk melalui aktivitas baik didalam maupun diluar pembelajaran dengan memberikan pembelajaran yang bermakna juga menyenangkan dalam arti pembelajaran yang ramah dengan berpihak kepada anak didik atau berpusat kepada anak didik dengan kodrat mereka masing-masing yang dapat mewujudkan generasi emas .
B. Project based learning
Dalam kegiatan pembelajaran Project based learning kegiatan diawali dengan pertanyaan pemantik yang mengandung 5 W 1 H, kemuadian anak diajak melihat video pembelajaran tentang topik tanaman obat sub topik kunyit, setelah itu anak diajak melakukan 4 kegiatan yaitu kegiatan pertama anak diajak mengelompokkan jenis tanaman obat kemudian dihitung dan dikelompokkan dengan lambang bilangn, kegiatan ke dua anak diajak menghias botol untuk tempat sinom, kegiatan ke tiga anak diajak membuat sinom, kegiatan ke 4 anak diajak bermain peran.
Dengan model pembelajaran inovatif adalah kerangka konseptual yang berisi langkah-langkah dalam pembelajaran dengan metode baru dan berbeda dengan metode yang digunakan sebelum nya untuk membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan dapat menumbuhkan motivasi di dalam pembelajaran tersebut.
Pada hakikat motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa atau murid yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung serta mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seorang dalam belajar.
C. HASIL ANALISIS BEST PRACTICE DENGAN METODE STAR
Dengan memanfaatkan teknik menjadi solusi bagi siswa yang berkesulitan belajar dalam mengingat dan memahami materi-materi serta langkah-langkah untuk memecahkan masalah sehingga siswa tidak lagi mengalami kesulitan berarti ketika dihadapan kepada soal yang membutuhkan kemampuan pemecahan masalah serta Strategi Problem Solving STAR untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Lambang bilangan Pada Anak yang Berkesulitan Belajar (Learning Disabilities). Sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui penerapan strategi problem solving STAR didalam pembelajarannya, dan meningkatkan aktivitas anak didik dalam belajarnya melalui penerapan strategi problem solving STAR serta mampu mengetahui respon para siswa terhadap pembelajaran dengan strategi problem solving STAR tersebut.
BAB III
PENUTUP
A. REFLEKSI
Selama praktik mengajar di TKIT Taruna Sakinah , saya mendapat banyak pengetahuan dan pengalaman khususnya dalam Praktik Pembelajaran Inovatif dan penguasaan kelas serta cara menghadapi anak didik, seorang guru harus bisa memfasilitasi semua peserta didik dengan cara memamahi pribadi masing- masing siswa yang berbeda.
Penggunaan metode yang bervariasi dan adanya media dapat membuat siswa termemotivasi serta aktif dan kreatif, tidak pasif dan mandiri dalam arti percaya pada dirinya sendiri. Kegiatan dan komunikasi dengan para siswa di luar jam pelajaran sangat bermanfaat untuk mengenal pribadi siswa lebih dalam lagi akan karakter juga bakat mereak masing-masing, sekaligus untuk menggali informasi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran khususnya mengenai kesulitan– kesulitan yang dihadapi siswa yang perlu diperhatikan dalam desain pembelajaran inovatif dalam proses belajar mengajar adalah mulai dari karakteristik, juga penanaman hal-hal yang bersifat kemasyarakatan seperti norma social, sikap social, adat kebiasaan dan lain-lain (Kurt Lewin dan F.JBrow dalam Santoso, 2010:17).
B. TINDAK LANJUT
Dengan terlaksananya PPL ini, harapan saya dapat mewujudkan dan merancang praktik baik dalam pembelajaran dilapangan dengan baik dan benar, yang didasari dengan bekal pembelajaran “yang inovatif dimana guru dan siswa masih bisa turut aktif. Metode pembelajaran STAR yang dapat diintegrasikan ke dalam tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang masukan di dalam RPP juga merupakan suatu unsur yang penting untuk diterapkan terhadap kegiatan pembelajaran dengan mengunakan metode yang mempermudah Siswa berkesulitan belajar dalam memecahkan masalah yang sulit sekalipun.
DAFTAR PUSTAKA
- https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6218151/4-kompetensi-guru-yang-harus-dimiliki-tenaga-pendidik-calon-pengajar-bisa-tiru
- http://beritamagelang.id/kolom/peran-pendidik-mengembangkan-potensi-dan-kepribadian-peserta-didik-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka
- https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/47620
- Baharun, H., Zamroni, Z., Amir, A., & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak.
- https://youtu.be/4Cu1C-luJJc?si=Y1LXbvwdeRrQzBFb
- Model Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Jenis & Macam Contoh – serupa.id
LAMPIRAN FOTO KEGIATAN
|
Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya
Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)
Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya
Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)