KEGIATAN BERMAIN MEMBUAT SINOM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP  LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DITKIT TARUNA SAKINAH SURABAYA

- Jurnalis

Senin, 4 Desember 2023 - 03:45 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA, NGAWI – KEGIATAN BERMAIN MEMBUAT SINOM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP  LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TKIT TARUNA SAKINAH SURABAYA

Oleh Rorik Widiyanti, S.Pd

 

BAB I

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 KEGIATAN BERMAIN MEMBUAT SINOM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP  LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DITKIT TARUNA SAKINAH SURABAYA Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Kegiatan yang telah saya lakukan selama mengikuti PPG  adalah  melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib di ikuti oleh       mahasiswa dan rangka pembentukan kompetensi profesional  merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa untuk program pendidikan tersebut, kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa dalam rangka pembentukan Kompetensi Profesional sehingga melalui kegiatan praktek dalam konteks otentik dapat mengetahui keadaan sebenarnya dalam proses belajar mengajar dibawah bimbingan Dosen Pembimbing.

Kegiatan ini dapat menambah pengalaman mahasiswa khususnya bagi tenaga kependidikan yang menempuh jalur PPG untuk menambah wawasannya di bidang Pendidikan, dengan merancang Program Pendidikan yang telah saya laksanakan berupa Praktik Pembelajaran Inovatif, Zaman semakin berkembang dari waktu ke waktu, terutama dengan semakin canggihnya teknologi yang ada.

Untuk mengantisipasi persaingan yang ada, Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dituntut mempersiapkan diri dengan menimba pengalaman dalam Praktik Pembelajaran Lapangan (PPL) Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) yang Inovatif dan Kreatif, untuk mewujudkan pembelajaran yang berinovasi diperlukan adanya model pembelajaran, media pembelajarann, dan yang paling utama yaitu strategi pembelajaran. Di sisi lain banyak yang  mengembangkan konsep desain pembelajaran dengan menyatakan bahwa desain pembelajaran membantu proses belajar mengajar seseorang, dimana proses itu sendiri memiliki tahapan jangka pendek dan jangka panjang. Menurut mereka proses belajar terjadi karena adanya kondisi-kondisi belajar, internal maupun eksternal.

 

B. RUMUSAH MASALAH

  1. Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran membuat sinom untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep lambang bilangan pada kelompok A di TKIT Taruna Sakinah ?
  2. Apa yang dilakukan dalam mengembangkan konsep lambang bilangan pada kelompok A di TKIT taruna Sakinah?

 

C. TUJUAN KEGIATAN

  1. Melakukan perbaikan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik
  2. Mendalami karakteristik peserta didik dalam rangka memotivasi
  3. Mengidentifikasi permasalahan yang menghambat proses pembelajaran didalam kelas dan mengatasinya secara konsepsional, baik individu maupun
  4. Menerapkan pembelajaran inovatif yang bertolak dari permasalahn pembelajaran
  5. Menilai capaian pembelajaran peserta didik dengan menggunakan instrument yang dapat mengukur berfikir tinggi (Higher Order Thingking Skills).

 

BACA :  YPPN Adakan Halal Bi Halal Secara Virtual 1444 H

 

BAB II

PEMBAHASAN

 A. PENDAMPINGAN INDIVIDU

Dalam PPG memberikan banyak pengalaman bagi saya, materi-materi yang diberikan didalamnya membuka cakrawala pemikiran saya mengenai dunia Pendidikan, bagaimana sosok seorang guru ataupun pendidik harus dapat untuk memkasimalkan sumber daya yang dimilikinya dengan keanegaragaman yang unik dan berbeda-beda satu dengan yang lainya untuk melejitkan potensi yang berupa kelebihan, keahlian, kemampuan para peserta anak didk melalui aktivitas baik didalam maupun diluar pembelajaran dengan memberikan pembelajaran yang bermakna juga menyenangkan dalam arti pembelajaran yang ramah dengan berpihak kepada anak didik atau berpusat kepada anak didik dengan kodrat mereka masing-masing yang dapat mewujudkan generasi emas .

B. Project based learning

Dalam kegiatan pembelajaran Project based learning  kegiatan diawali dengan pertanyaan pemantik  yang mengandung 5 W 1 H, kemuadian anak diajak melihat video pembelajaran tentang topik tanaman obat sub topik kunyit, setelah itu anak diajak melakukan 4 kegiatan yaitu kegiatan pertama anak diajak mengelompokkan jenis tanaman obat kemudian dihitung dan dikelompokkan dengan lambang bilangn, kegiatan ke dua anak diajak menghias botol untuk tempat sinom, kegiatan ke tiga anak diajak membuat sinom, kegiatan ke 4 anak diajak bermain peran.

Dengan model pembelajaran inovatif adalah kerangka konseptual yang berisi langkah-langkah dalam pembelajaran dengan metode baru dan berbeda dengan metode yang digunakan sebelum   nya untuk membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan dapat menumbuhkan motivasi di dalam pembelajaran tersebut.

Pada hakikat motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa atau murid yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung serta mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seorang dalam belajar.

BACA :  Merayakan Ramadhan, Perhutani Dukung Saka Wanabakti KPH Probolinggo Bagi Takjil

 

C. HASIL ANALISIS BEST PRACTICE DENGAN METODE STAR

Dengan memanfaatkan teknik menjadi solusi bagi siswa yang berkesulitan belajar dalam mengingat dan memahami materi-materi serta langkah-langkah untuk memecahkan masalah sehingga siswa tidak lagi mengalami kesulitan berarti ketika dihadapan kepada soal yang membutuhkan kemampuan pemecahan masalah serta Strategi Problem Solving STAR untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Lambang bilangan  Pada Anak yang Berkesulitan Belajar (Learning Disabilities). Sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui penerapan strategi problem solving STAR didalam pembelajarannya, dan meningkatkan aktivitas anak didik dalam belajarnya melalui penerapan strategi problem solving STAR serta mampu mengetahui respon para siswa terhadap pembelajaran dengan strategi problem solving STAR tersebut.

 

BAB III

PENUTUP

 

A. REFLEKSI

Selama praktik mengajar di TKIT Taruna Sakinah ,  saya mendapat banyak  pengetahuan dan pengalaman khususnya dalam Praktik Pembelajaran Inovatif dan penguasaan kelas serta cara menghadapi anak didik, seorang guru harus bisa memfasilitasi semua peserta didik dengan cara memamahi pribadi masing- masing siswa yang berbeda.

Penggunaan metode yang bervariasi dan adanya media dapat membuat siswa termemotivasi serta aktif dan kreatif, tidak pasif dan mandiri dalam arti percaya pada dirinya sendiri. Kegiatan dan komunikasi dengan para siswa di luar jam pelajaran sangat bermanfaat untuk mengenal pribadi siswa lebih dalam lagi akan karakter juga bakat mereak masing-masing, sekaligus untuk menggali informasi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran khususnya mengenai kesulitan– kesulitan yang dihadapi siswa yang perlu diperhatikan dalam desain pembelajaran inovatif dalam proses belajar mengajar adalah mulai dari karakteristik, juga penanaman hal-hal yang bersifat kemasyarakatan seperti norma social, sikap social, adat kebiasaan dan lain-lain (Kurt Lewin dan F.JBrow dalam Santoso, 2010:17).

 B. TINDAK LANJUT

Dengan terlaksananya PPL ini, harapan saya dapat mewujudkan dan merancang praktik baik dalam pembelajaran dilapangan dengan baik dan benar, yang didasari dengan bekal pembelajaran “yang inovatif dimana guru dan siswa masih bisa turut aktif.  Metode pembelajaran STAR yang dapat diintegrasikan ke dalam tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang masukan di dalam RPP juga merupakan suatu unsur yang penting untuk diterapkan terhadap kegiatan pembelajaran dengan mengunakan metode yang mempermudah Siswa berkesulitan belajar dalam memecahkan masalah yang sulit sekalipun.

BACA :  Anton Goo Terpilih Menjadi ketua Panitia Natal Ipmanapandode Jog-lo

 

DAFTAR PUSTAKA 

  1. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6218151/4-kompetensi-guru-yang-harus-dimiliki-tenaga-pendidik-calon-pengajar-bisa-tiru
  2. http://beritamagelang.id/kolom/peran-pendidik-mengembangkan-potensi-dan-kepribadian-peserta-didik-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka
  3. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/47620
  4. Baharun, H., Zamroni, Z., Amir, A., & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak.
  5. https://youtu.be/4Cu1C-luJJc?si=Y1LXbvwdeRrQzBFb
  6.    Model Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Jenis & Macam Contoh – serupa.id
LAMPIRAN FOTO KEGIATAN 

 

Rorik Sinom KEGIATAN BERMAIN MEMBUAT SINOM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP  LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DITKIT TARUNA SAKINAH SURABAYA Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya

Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)

Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)

(Sam Foundation) bantu secara Virtual peserta melakukan Konfirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023 Angkatan Ifirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023 Angkatan I

Sam Foundation Bekerja sama dengan Sapetendik Indonesia adakan Kiat Khusus Menghadapi UKM PPG (UP dan UKIN) First Taker dan serta Retaker 2023

Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama
Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama

Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya

Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)

Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)

(Sam Foundation) bantu secara Virtual peserta melakukan Konfirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023 Angkatan Ifirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023 Angkatan I

Sam Foundation Bekerja sama dengan Sapetendik Indonesia adakan Kiat Khusus Menghadapi UKM PPG (UP dan UKIN) First Taker dan serta Retaker 2023

Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama
Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama

Berita Terkait

Ponpes Wali Barokah Kota Kediri Gelar Penyuluhan Hukum Terpadu
Diduga KKN, Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka SD Dan SMP TA 2023 Di Kampar Tengah Di Lidik Pidsus Kejari Kampar.
“ANEH” MEMANDANG KULIAH SEBAGAI PEDIDIKAN TERSIER: KRITIK ATAS PEMAHAMAN PROGRAM WAJIB BELAJAR
SMA 1 Muara Wis Terbakar, Kerugian Materialnya Tercatat Tinggi
Pentingnya Penataan dan Regulasi yang Pro Tranportasi Publik dan Massal
Hendak Ke Museum Lampung Bus Rombongan Studi Tour MIN Pesisir Barat Terjun ke Jurang di Tanggamus
Hujan dan Angin Kencang Rusak Rumah Petambak Dipasana Lampung
LPKNI Gerudug Kantor Disperindagkop Merangin Imbas Gas LPG 3 Kg Langka
Berita ini 16 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 23:11 WIB

Ponpes Wali Barokah Kota Kediri Gelar Penyuluhan Hukum Terpadu

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:31 WIB

Diduga KKN, Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka SD Dan SMP TA 2023 Di Kampar Tengah Di Lidik Pidsus Kejari Kampar.

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:30 WIB

“ANEH” MEMANDANG KULIAH SEBAGAI PEDIDIKAN TERSIER: KRITIK ATAS PEMAHAMAN PROGRAM WAJIB BELAJAR

Rabu, 22 Mei 2024 - 17:25 WIB

SMA 1 Muara Wis Terbakar, Kerugian Materialnya Tercatat Tinggi

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:12 WIB

Hendak Ke Museum Lampung Bus Rombongan Studi Tour MIN Pesisir Barat Terjun ke Jurang di Tanggamus

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:53 WIB

Hujan dan Angin Kencang Rusak Rumah Petambak Dipasana Lampung

Rabu, 22 Mei 2024 - 08:34 WIB

LPKNI Gerudug Kantor Disperindagkop Merangin Imbas Gas LPG 3 Kg Langka

Rabu, 22 Mei 2024 - 00:39 WIB

Pendiri Hidayatullah Ustadz Hasyim HS Wafat. Andre Hariyanto: Almarhum Guru Terbaik Saya Semasa Mondok

Berita Terbaru

Berita Utama

SMA 1 Muara Wis Terbakar, Kerugian Materialnya Tercatat Tinggi

Rabu, 22 Mei 2024 - 17:25 WIB