Bimtek Literasi Penulisan Publikasi Kegiatan Sekolah dengan Teknologi AI di SMPN Satap 2 Rawajitu Timur

- Jurnalis

Kamis, 8 Februari 2024 - 07:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA, Tulang Bawang- Sekolah SMPN Satap 2 Rawajitu Timur menggelar Bimtek untuk meningkatkan kemampuan penulisan publikasi sekolah dengan memanfaatkan teknologi AI, bertujuan untuk menghadapi tantangan literasi di era digital.

SMPN Satap 2 Rawajitu Timur mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi Penulisan Publikasi Kegiatan Sekolah dengan menggunakan Teknologi Artificial Intelligence (AI) pada Rabu, 7 Februari 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 15 guru dari SDN 01 Bumi Dipasena Agung dan guru SMPN Satap 2 Rawajitu Timur, serta 10 siswa SMPN Satap 2.

FB IMG 1707315531239 Bimtek Literasi Penulisan Publikasi Kegiatan Sekolah dengan Teknologi AI di SMPN Satap 2 Rawajitu Timur Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Pemateri Nafian Faiz Sedang Melakukan Paparan tentang Bimtek Literasi Penulisan Berita Kegaitan Sekolah di Aula SMPN Satap 2 Rawajitu Timur (7/2) Foto : Siska Megawati (Suarautama.id)

Pemateri dalam Bimtek ini adalah Nafian Faiz, seorang Kabiro portal berita online yang berdomisili di Rawajitu Timur. Ia membagikan pengalaman tentang bagaimana menulis berita dengan cepat dan mudah menggunakan aplikasi ChatGPT, sebuah alat bantu penulisan yang berbasis AI.

Kepala Sekolah SDN 01 Bumi Dipasena Agung, merangkap sebagai Kepala Sekolah SMPN Satap 2 Rawajitu Timur, Khusnul Komar, dalam sambutannya menyampaikan harapan agar seluruh peserta Bimtek dapat memaksimalkan kegiatan ini untuk meningkatkan literasi sekolah yang akan berdampak terhadap penyusunan dan penilaian akhir tahunan sekolah.

FB IMG 1707315554814 Bimtek Literasi Penulisan Publikasi Kegiatan Sekolah dengan Teknologi AI di SMPN Satap 2 Rawajitu Timur Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Peserta Bimtek Literasi SMPN Satap 2 Rawajitu Timur (7/2) Foto: Siska Megawati (suarautama.id)

“Kita harus mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita. Dengan menulis dan mempublikasi kegiatan sekolah, kita dapat mempromosikan dan mensosialisasikan hal positif tentang sekolah kita kepada khalayak umum sekaligus meningkatkan keterampilan literasi,” ujar Khusnul Komar.

Sementara itu, Nafian Faiz dalam paparannya menyampaikan bahwa rendahnya literasi disebabkan oleh rendahnya minat membaca dan menulis, terutama di kalangan guru dan siswa. Ia mengatakan bahwa budaya literasi sangat penting untuk menghindari informasi hoaks yang banyak beredar di dunia Maya.

BACA :  Rekonstruksi Tambak Bocor Kunci Utama Membangun Dipasena

“Sekarang ini semua orang pegang HP dan rata-rata punya akun Medsos, tapi budaya literasi masih juga rendah. Betul sih mereka membaca, tapi membaca status WA, status Facebook doang, itu pun yang pendek-pendek. Panjang sedikit pasti diskip. Akibatnya mudah termakan informasi hoaks dan lebih parah menyebarkan informasi hoaks,” ujar Nafian Faiz.

IMG 20240207 WA0128 Bimtek Literasi Penulisan Publikasi Kegiatan Sekolah dengan Teknologi AI di SMPN Satap 2 Rawajitu Timur Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Guru SDN 01 Bumi Dipasana Agung, Rawajitu Timur bersama Pemateri Bimtek (7/2) Foto : Siska Megawati (suarautama.id)

“Kalau guru, siswa dan lembaga pendidikan saja yang menjadi basis kaum intelektual tapi minat baca dan menulisnya rendah, terus bagaimana dengan yang lainnya?” Tanya Nafian Faiz.

Untuk memudahkan menulis Ia menyarankan manfaatkan 3 hal: Bertanyalah kepada Google dengan keluasan informasi yang dimilikinya, gunakan Hati Nurani sebagai keluasan akal budi, dan perintahkan AI (ChatGPT) dengan kecerdasannya untuk membantu pekerjaan kita.

BACA :  Kiat Sukses Beni Kohri Paska, Petambak Dipasena, Rawajitu Timur, Lampung dalam Budidaya Udang di Masa Sulit

“Aplikasi ChatGPT ini sangat canggih dan pintar. Ia dapat membuat naskah berita dari teks prompt yang kita berikan. Ia juga dapat memberikan saran dan koreksi jika ada kesalahan penulisan atau ejaan. Bahkan sangat membantu pekerjaan ibu bapak sebagai guru dalam mempersiapkan bahan ajar di sekolah,” terang Nafian Faiz.

IMG 20240207 WA0125 Bimtek Literasi Penulisan Publikasi Kegiatan Sekolah dengan Teknologi AI di SMPN Satap 2 Rawajitu Timur Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Guru SMPN Satap 2 Rawajitu Timur beserta Pemateri Bimtek Literasi (7/2) Foto: Siska Megawati (suarautama.id)

Kegiatan Bimtek ini berlangsung dengan nyaman dan disambut dengan antusiasme oleh peserta. Setelah mendapatkan materi pelatihan, peserta Bimtek langsung mempraktikkan penulisan berita dengan menggunakan aplikasi ChatGPT. Mereka tampak asyik dan serius dalam membuat naskah berita, termasuk mencoba ChatGPT untuk kepentingan membuat bahan ajar sekolah.

Berita Terkait

Satgas Pangan Polres Tulang Bawang Lampung Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Menjelang Idul Adha 1445 H
Selenggarakan Rapim, Pemuda Muhammadiyah Kab. Bekasi Kukuhkan 15 Cabang
Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?
Rumah Zakat Dukung Qurban untuk Gaza
MODENA Peduli Pensiun
Dinas Pendidikan Tulang Bawang Larang Kegiatan Study Tour Ke Luar Daerah
532 Peserta Ikut Ujian Tertulis Calon PPS Pemilu Tahun 2024
MTsN 1 Merangin Tanamkan Siswa Peduli Sosial Religius Anak dengan Pembiasaan Infak
Berita ini 8 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:07 WIB

Satgas Pangan Polres Tulang Bawang Lampung Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Menjelang Idul Adha 1445 H

Minggu, 19 Mei 2024 - 14:28 WIB

Selenggarakan Rapim, Pemuda Muhammadiyah Kab. Bekasi Kukuhkan 15 Cabang

Minggu, 19 Mei 2024 - 12:15 WIB

Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?

Sabtu, 18 Mei 2024 - 21:02 WIB

Rumah Zakat Dukung Qurban untuk Gaza

Sabtu, 18 Mei 2024 - 19:53 WIB

MODENA Peduli Pensiun

Jumat, 17 Mei 2024 - 11:00 WIB

Dinas Pendidikan Tulang Bawang Larang Kegiatan Study Tour Ke Luar Daerah

Jumat, 17 Mei 2024 - 10:01 WIB

532 Peserta Ikut Ujian Tertulis Calon PPS Pemilu Tahun 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 08:02 WIB

MTsN 1 Merangin Tanamkan Siswa Peduli Sosial Religius Anak dengan Pembiasaan Infak

Berita Terbaru

Pendidikan

Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?

Minggu, 19 Mei 2024 - 12:15 WIB