Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Pecahan Melalui Bantuan Alat Peraga Benda Konkrit di Kelas 3 SD Islam At-Taqwa Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023

- Jurnalis

Minggu, 3 Desember 2023 - 20:07 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA, NGAWIUpaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Pecahan Melalui Bantuan Alat Peraga Benda Konkrit di Kelas 3 SD Islam At-Taqwa Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023

 

Bu Irin Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Pecahan Melalui Bantuan Alat Peraga Benda Konkrit di Kelas 3 SD Islam At-Taqwa Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023 Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

Bu Irin Wahyuningtias sedang mempraktekan – Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Pecahan Melalui Bantuan Alat Peraga Benda Konkrit di Kelas 3 SD Islam At-Taqwa Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Foto & Gambar: Dokumentasi Pribadi Bu Irin Wahyuningtias

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Pecahan Melalui Bantuan Alat Peraga Benda Konkrit di Kelas 3 SD Islam At-Taqwa Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023 Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

 

Pendidikan merupakan salah satu cara manusia untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan dalam proses tersebut seseorang haruslah belajar karena hal tersebut sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Melalui pendidikan manusia memperoleh ilmu pengetahuan yang dapat dijadikan tuntunan dalam kehidupan dan dengan pendidikan orang menjadi maju dan mampu mengelola dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya

Keberhasilan proses pembelajaran merupakan hal utama yang didambakan dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Dalam proses pembelajaran komponen utamanya adalah guru dan siswa. Agar proses pembelajaran berhasil, guru harus dapat membimbing siswa, sehingga dapat mengembangkan pengetahuannya. Untuk mencapai keberhasilan tersebut guru harus memahami sepenuhnya materi yang diajarkan. Namun pada kenyataannya siswa cenderung enggan untuk belajar jika materi tidak dapat dipahami, sehingga konsep-konsep baru akan sulit dipahami apabila konsep- konsep yang relevan belum dimiliki oleh siswa.

Pada pembelajaran matematika khususnya materi pecahan, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengenal pecahan, membandingkan pecahan, dan dalam pengoperasiannya, sehingga hasil belajarnya pun tidak maksimal. Padahal materi pecahan pada kelas III SD merupakan konsep dasar yang harus dipahami oleh siswa agar dalam menerima konsep-konsep yang baru pada kelas yang lebih tinggi nantinya tidak mengalami kesulitan.

Oleh sebab itu pada kesempatan ini peneliti menekankan pembelajaran matematika pada penggunaan alat peraga benda konkret untuk membantu mengungkap dan menjelaskan materi pecahan pada siswa kelas

tiga, sehingga diharapkan siswa akan memahami materi pecahan dengan baik dan dapat lebih berkembang. Hal ini dapat diperkuat menurut pendapat John and Rising (dalam Sugiarto dan Isti Hidayah, 2004:5) bahwa pentingnya media atau alat peraga dalam pembelajaran (matematika) menunjukkan, persentase yang diingat dari informasi yang diperoleh dengan kegiatan melihat, mendengar, sekaligus melakukan, lebih besar daripada hanya melihat atau mendengar saja, sehingga hasil belajar akan lebih meningkat.

BACA :  Lahirkan Entrepreneur, SMK Bina Wisata Blitar Sukses Jadikan Alumni Mas Andre Hariyanto Berkarya dan Berwirausaha

 

Untuk itu melalui penelitian tindakan kelas ini peneliti mencoba menanamkan pada siswa tentang konsep pecahan ini melalui bantuan alat peraga benda konkret, sehingga diharapkan siswa memiliki pengetahuan dasar yang kuat khususnya pada konsep pecahan ini.

 

Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan di atas yaitu dengan Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Pecahan  Melalui Bantuan Alat Peraga Benda Konkrit

Dunia ini penuh dengan pecahan. Jika tidak ada pecahan, maka tidak akan bisa berbagi kue dengan orang lain, dan harus membeli semuanya secara utuh atau tidak membeli sama sekali. Apakah pecahan itu? Pecahan adalah salah satu cara untuk menuliskan bilangan. Pecahan menunjukkan bahwa jika sebuah bilangan merupakan bagian dari satu bilangan utuh (Lynette Long dalam John Wiley & Sons, Inc, 2003:1)

Bilangan cacah diadakan untuk menggambarkan salah satu sifat himpunan. Banyaknya anggota setiap himpunan adalah bilangan cacah. Pecahan diadakan untuk menggambarkan satu atau beberapa bagian dari suatu benda. Dengan kata lain pecahan adalah bilangan yang dinyatakan

a  dengan a bilangan bulat, b bilangan bulat, b  0, dan b bukan faktor b dari pembilang.

 

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III semester I SD Islam At-Taqwa  Taman  tahun pelajaran 2022/2023 dalam materi pecahan melalui bantuan alat peraga benda konkret.

  1. Siswa dapat menggunakan konsep, mengenal lambang, dan istilah atau nama, serta menemukan rumus (prinsip) yang terdapat pada pokok
  2. Siswa memiliki keterampilan melakukan operasi yang terdapat pada butir satu di atas, dan mampu

 

menggunakannya pada mata pelajaran lain atau dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Siswa dapat menggunakan konsep matematika untuk mengkomunikasikan suatu gagasan dan untuk menafsirkan suatu data atau
  2. Siswa memiliki sifat kritis, terbuka, dan konsisten, serta mulai memiliki sikap menghargai kegunaan

 

Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan yang disajikan di dalam Bab IV, dapat ditarik simpulan sebagai berikut. Hasil belajar materi pecahan pada siswa kelas III SD Islam At-Taqwa Kecamatan Taman  Kabupaten Sidoarjo , dapat ditingkatkan melalui bantuan alat peraga benda-benda konkret. Telah dibuktikan pada akhir siklus III, skor rata-rata yang diperoleh 8,8 dengan daya serap 87,9%. Ini berarti, alat peraga benda konkret yang peneliti gunakan sebagai media perantara dalam menjelaskan materi pecahan ini, sangat membantu dan dapat menumbuhkan semangat belajar siswa serta memacu guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan proses pembelajaran yang lebih baik lagi. Dengan bantuan alat peraga benda konkret ini telah membuktikan bahwa hasil belajar pada materi pecahan dapat meningkat sesuai dengan yang diharapkan

BACA :  Himpunan Mahasiswa Bidikmisi Dan KIP-Kuliah UIN Alauddin Makassar Hadirkan Pemateri Nasional Pada Kegiatan Seminar Kewirausahaan

 

Dan Pada kegiatan Refleksi penelitian Tindakan kelas ini saya merasakan adanya masalah dan kekurangan yang muncul pada saat melakukan penelitian tndakan kelas sebagai berikut :

  1. Guru kurang dalam memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berhasil menjawab ataupun maju mengerjakan di depan
  2. Tidak ada kesempatan siswa mengalami secara langsung seperti menggunakan media
  3. Dalam mengerjakan LKS waktu yang digunakan terlalu lama karena guru kurang mengingatkan kembali alokasi waktu yang ditentukan
  4. Guru kurang dalam melakukan bimbingan kelompok
  5. Siswa yang menjawab pertanyaan dari guru hanya itu-itu saja, sehingga yang aktif terbatas.
  6. Dalam berdiskusi kelompok terdapat siswa yang mendominasi dalam menjawab, dan menyalahkan apabila terdapat siswa yang
  7. Masih terdapat siswa yang kurang bertanggung jawab terhadap tugasnya saat berkelompok
  8. Guru masih banyak menggunakan kata-kata maupun kalimat yang tidak baku sehingga siswa pun ada yang menggunakan kata-kata maupun kalimat tidak baku ketika berkomunikasi dengan
  9. Guru masih kurang dalam bertanya apakah siswanya sudah paham atau belum dengan materi yang disampaikan
  10. Saat mengajar guru kurang membangkitkan perhatian dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran
  11. Siswa yang kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
  12. Guru cenderung lebih banyak menjelaskan materi kemudian siswa diminta untuk mengerjakan soal.

 

Penyelesaian permasalahan yang terjadi dapat diatasi alternatif dan pemecahan masalah adalah dengan Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan di atas yaitu dengan memberikan pembelajaran menggunakan media tangram pada materi unsur dan sifat bangun datar sederhana. Melalui media tangram diharapkan dapat memberikan perbaikan terhadap prestasi belajar matematika di SD Islam At-Taqwa. Materi mengenai bangun datar termasuk konsep abstrak, sehingga guru dalam menyampaikan materi perlu media. Media tangram ini juga memiliki warna yang menarik untuk siswa, dapat meningkatkan daya kreativitas dan imajinasi anak, serta mengatasi sifat pasif anak

BACA :  Evaluasi Dalam Pendidikan Islam

Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan di atas yaitu dengan memberikan pembelajaran menggunakan media tangram pada materi unsur dan sifat bangun datar sederhana.

Manfaat media tangram diantaranya dapat mengembangkan kreativitas siswa untuk bisa membentuk bangun datar lainnya ataupun bentuk suatu benda dengan menggabungkan beberapa bangun datar serta dapat membangkitkan motivasi dan keinginan untuk belajar dengan menyenangkan melalui warna media yang menarik. Motivasi siswa yang tinggi dalam belajar tentu saja dapat mendukung dalam meningkatkan prestasi belajar mereka.

Media pembelajaran menggunakan tangram dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang konvensional yaitu dengan memberikan pembelajaran menggunakan media tangram pada materi unsur dan sifat bangun datar sederhana.

Aceh Besar Bersama Sam Foundation, Kak Sam Academy dan Sapetendik Indonesia Adakan Pendalaman Materi Paedagogik, Profesional Serta Persiapan Pre Test PPG serta UKIN Tahun 2023

 

 

Pembelajaran AUD Abad 21

 

Sam Foundation adakan Diklat Kupas Tuntas dan kiat-kiat menghadapi Soal Pre Test PPG 2023

 

Sam Foundation Bekerja sama dengan Sapetendik Indonesia adakan Kiat Khusus Menghadapi UKM PPG (UP dan UKIN) First Taker dan serta Retaker 2023

 

Sapetendik Anak Usia Dini Indonesia Ngawi Sukses Gelar Sinau Bareng serta Try Out Pendalaman Materi Pre Test PPG PAUD 2023 di Perpusda Ngawi

(Sam Foundation) bantu secara Virtual peserta melakukan Konfirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023 Angkatan Ifirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023 Angkatan I

Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya

 

Informasi Verval Perpanjangan Waktu Verifikasi dan Validasi Administrasi PPG Dalam Jabatan bagi Guru yang belum Lulus Uji Tulis Nasional atau Uji Kompetensi pada akhir PLPG (Peserta Verval Sasaran 5)

Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)

 

Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama[/caption]

Berita Terkait

Selenggarakan Rapim, Pemuda Muhammadiyah Kab. Bekasi Kukuhkan 15 Cabang
Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?
Rumah Zakat Dukung Qurban untuk Gaza
MODENA Peduli Pensiun
Hujan Lebat Berkepanjangan Di Sungai Meriam Membuat Warga Sempat Mengalami Mati Pemadaman Listrik
Dinas Pendidikan Tulang Bawang Larang Kegiatan Study Tour Ke Luar Daerah
532 Peserta Ikut Ujian Tertulis Calon PPS Pemilu Tahun 2024
MTsN 1 Merangin Tanamkan Siswa Peduli Sosial Religius Anak dengan Pembiasaan Infak
Berita ini 7 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 14:28 WIB

Selenggarakan Rapim, Pemuda Muhammadiyah Kab. Bekasi Kukuhkan 15 Cabang

Minggu, 19 Mei 2024 - 12:15 WIB

Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?

Sabtu, 18 Mei 2024 - 21:02 WIB

Rumah Zakat Dukung Qurban untuk Gaza

Sabtu, 18 Mei 2024 - 19:53 WIB

MODENA Peduli Pensiun

Jumat, 17 Mei 2024 - 15:55 WIB

Hujan Lebat Berkepanjangan Di Sungai Meriam Membuat Warga Sempat Mengalami Mati Pemadaman Listrik

Jumat, 17 Mei 2024 - 11:00 WIB

Dinas Pendidikan Tulang Bawang Larang Kegiatan Study Tour Ke Luar Daerah

Jumat, 17 Mei 2024 - 10:01 WIB

532 Peserta Ikut Ujian Tertulis Calon PPS Pemilu Tahun 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 08:02 WIB

MTsN 1 Merangin Tanamkan Siswa Peduli Sosial Religius Anak dengan Pembiasaan Infak

Berita Terbaru

Pendidikan

Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?

Minggu, 19 Mei 2024 - 12:15 WIB

FOTO : Hewan Sapi/Hikmah dalam Berqurban dalam Mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala (Mas Andre Hariyanto/Suara Utama ID)

Berita Utama

Rumah Zakat Dukung Qurban untuk Gaza

Sabtu, 18 Mei 2024 - 21:02 WIB