banner 728x250

Ujian Mandiri Masuk PTN Proyektil Pembunuh PTS ?

1. ptsku Ujian Mandiri Masuk PTN Proyektil Pembunuh PTS ? Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
271 Kali Dibaca

SUARA UTAMA. Jalur seleksi masuk PTN, yang ditetapkan pemerintah ada 3 yaitu seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri. Ujian mandiri dilakukan terus menerus oleh PTN dengan ujian mandiri berjilid-jjilid sampai tidak terbatas apabila kuota belum terpenuhi sampai bulan September 2023.

SNMPTN mengacu pada rata-rata nilai rapor dan minat dan bakat siswa. Sementara untuk Ujian Mandiri, disesuikan dengan kuota penerimaan, metode ujian, dan besaran biaya masuk serta penghapuskan tes potensi akademik (TPA), dan hanya menyisakan tes potensi skolastik (TPS) saja. Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah salah satu tes yang akan diujikan dalam ujian tulis berbasis komputer Seleksi nasional berbasis tes (UTBK-SNBT) 2023 penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri yang dimulai Senin, 8 Mei 2023.

Pemerintah mengatur agar seleksi secara mandiri oleh PTN diselenggarakan dengan lebih transparan. PTN diwajibkan mengumumkan sebelum pelaksanaan seleksi mandiri beberapa hal, antara lain: 1. Jumlah calon mahasiswa yang akan diterima masing-masing program studi/fakultas. 2. Metode penilaian calon mahasiswa terdiri atas: Tes secara mandiri, Kerja sama tes melalui konsorsium perguruan tinggi Memanfaatkan nilai dari hasil seleksi nasional berdasarkan tes atau Metode penilaian calon mahasiswa lainnya yang diperlukan. 3. Besaran biaya atau metode penentuan besaran biaya yang dibebankan bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi.

Alasan diselenggarkannya jalur mandiri menurut Nadiem adalah memberikan kesempatan kepada calon siswa yang tidak bergitu tinggi prestasi belajarnya serta tidak mampu dalam finansialnya untuk masuk menikmati pembelajaran di Perguruan tinggi negeri. Karena di PTN sudah terukur keunggulan kualitas pembelajarannya yang rata-rata dengan akreditasi minim Baik Sekali. Dan ada kemudahan tes mandiri yaitu secara on line seperti yang dilakukan oleh beberapa PTN yaitu Unversitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Model Ujian Mandiri yang berjilid jilid jelas mengganggu PTS, dan seakan akan ini merupkan pembunuhan terencana terhadap PTS skala kecil.

“Walaupun tidak semua PTN diberi kebebasan untuk merekrut mahasiswa sebanyak-banyaknya, tapi jalur mandiri yang dibuka bersamaan dengan masa pendaftaran di PTS cukup mengganggu kami,” kata Ketua Aptisi Jabar yang juga Rektor Universitas Pasundan Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU dalam media UNPAS.

Dalam obrolan santai Panitia Penerimaan Universitas Darul ‘Ulum Jombang pada 8/5/2023 ketua panitai Dr. Dwi Ajiatmo mengatakan bahwa turunnya jumlah calon mahasiswa Undar karena banyak faktor; pertama karena UNBK masih berjalan. Kedua terjadi penerimaan mahasiswa PTN yang belum kunjung selesai…… model penerimaan mahasiswa jalur mandiri adalah salah satu faktornya.

“walaupaun jalur mandiri diharapkan ada pengawasan dari masyarakat…. tapi regulasinya ada pada PTN penyelenggara… bisa apa kita…?. Kuota calon mahasiswa bisa saja dibuat-buat dan kita tidak tahu…..  dan ini wajar kalau program Mas Nadiem banyak mendapatkan penolakan karena tidak mendukung PTS secara lugas…” imbuh Dr. Aji (sapaan Ketua PMB Undar 2023)

Kondisi seperti ini seakan pemerintah memberikan kesan bahwa PTS adalah lembaga pendidikan yang harus mengurus “sisa sisa”  dari PTN. Dengan demikian perjuangan PTS semakin berat karena kondisi siswa “sisa” harus dipulihkan dari keterpurukan mental karena tidak diterima di  PTN yang selama dianggap tempat konowledge yang sangat pantas dan prastice.

Akhir kalam… pendidikan adalah media knowledge dan diharapkan berkah untuk membangun masyarakat, akan tetapi proses untuk membentuk high knowledge membutuhkan banyak hal yaitu SDM yang super, jejaring yang kredibel, infrastruktur yang cukup, yang membentuk  kondisi yang kondusif melalui budaya kampus yang diinginkan

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90