Sosiologi Ramadhan

- Jurnalis

Selasa, 28 Maret 2023 - 05:46 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA.  Sekecil apapun tindakan/perbuatan kita akan berakibat makro terhadap kondisi orang (masyarakat) sekitar kita.

Ramadhan adalah ibadah yang diwajibkan untuk semua mukmin. يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa)

Kata “alaikum” (untuk kalian semua) adalah terdiri dari saya, kamu dan kita.  Dari ayat ini faktor individu (person/saya) dengan sasaran internal psikologis individu, kamu sebagai sasaran obyek  “dakwa kepedulian” terhadap orang yang paling dekat (muqorrobin kita; keluarga, teman dekat) dan kita adalah orang (obyek) yang terjangkau dengan kita, yang kita kenal atau tidak dengan sasaran psikologis sosial atau yang kita kenal dengan sosiologi masyarakat.

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Sosiologi Ramadhan Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tujuan utama Ramadhan adalah ketaqwaan (agar kamu bertakwa). Betaqwa adalah kata kerja yang menyerukan dan mengharuskan melakukuakan perbuatan “taqwa”. Menurut Ali bin abi Thalib Radiallahuanhu memberikan definisi taqwa yang lebih rinci, Beliau berkata : التقوى هي الخوف من الجليل و العمل بالتنزيل والرضا بالقليل و الإستعداد ليوم الرحيل (Taqwa adalah takut kepada Allah, beramal sesuai yang diturunkan (Al-Qur’an dan As-sunnah), menerima dengan yang sedikit dan selalu senantiasa bersiap-siap menempuh untuk  hari perjalanan menghadap Allah}. Dari pendapat Sayyidian Ali RA, tersebut ada 2 perlakuan taqwa yaitu pertama beramal sesuai dengan Al-Qur’an dan As-sunnah dan kedua adalah perlakuan persiapan untuk menjemput ajal.

BACA :  Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Berbagai Media di  Kelompok B TK PERMATA HATI PANJI Kabupaten Situbondo Provinsi Jawa Timur - Semester II Tahun Ajaran 2021/2022

Dalam kegiatan perilaku ibadah Ramadan yang kita lakukan sehari hari ada banyak kegiatan ketaqwaan yang secara tidak terasa kita lakukan dan juga kita indakan (tidak kita pedulikan). Kita melakukan berbuka puasa dengan kecukupan disisi lain kita tidak tahu (dan mungkin tidak mau tahu) bahwa saudara kita,  tetangga kita yang juga sedang berpuasa belum bisa berbuka atau dengan berbuka nasi dan garam saja. Kita melakukan taroweh dengan khusu beramai ramai di musholla dan masjid, tapi ada saudara, teman kita yang tidak bisa melakukan taroweh karena tidak punya pakaian yang pantas untuk di bawah sholat berjamaah. Ini seakan arti kesholehan kita “ambigu” terhadap “ketolehan” orang lain.

BACA :  Tasyakuran Pernikahan, Selamat Bahagia Putri Sulung Herwan Widodo bersama Penulis Andre Hariyanto. Ini Momennya

Dalam dunia pendidikan, perilaku tidak taqwa seringkali dilakukan dan ini berakibat sangat fantastis terhadap sosiologi masyarakat. Contoh tidak pedulinya pimpinan struktural terhadap kinerja dosen maupun pegawai tendik yang mungkin sering bolos kerja, mengapa mereka bolos, sebab apa dan seterusnya…. akan berakibat pada daya serap ilmu mahasiswa yang berkurang, akan ada penurunan kwalitas dan kuantitas mahasiswa dan seterusnya. Karena faktor “bolos” ini akan berakibat negatif lainnya dan pada ujungnya menurunnya akreditasi, karena faktor akreditasi menurun berakibat peningkatan kesejahteraan pegawai menurun, karena kesejahteraan menurun, keluarga pegawai kesejahteraannya menurun dan secara luas berakibat masyarakat yang terlibat di dalamnya tempat dunia pendidikan tersebut juga akan menurun. Ini seperti terlihat sepela… seorang dosen atau pegawai yang membolos dan dilakukan secara individu, mengakibatkan kefatalan penurunan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Dalam ramadhan ada contoh tauladan yang dapat diambil hikmahnya secara sosiologis

  1. Puasa dengan waktu yang ditentukan (sahur pada waktu sebelum imsak, berbuka pada waktu maghrib); mempunyai makna kita diwajibkan untuk selalu taat waktu, tepat waktu dan konsisten pada waktu.
  2. Kita disunahkan Jamaah Tarowih; mempunyai makna kita disunahkan melakukan sesuatu (yang tidak harus/sunah) secara bersama-sama dan gotong royong, seperti memberi takjil gratis, santunan sosial dan sebagainya.
  3. Kita diberikankan “iming-iming” lailatul qodar di dalam Ramadan, agar supaya kita dapat memotivasi diri sendiri dan orang lain untuk lebih melakukan “ketaqwaan” untuk mendapatkan yang lebh dari yang diwajibkan dan dibutuhkan tapi yang dunahkan atau yang diinginkan.
  4. Kita diwajibkan zakat fitra (zakat individu) yang dalam pelaksanaannya zakat ini harus diberikan pada orang lain (mustahiq/yang berhak); merupakan cerminan bahwa kita harus membersihkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum terlibat dalam memimpin masyarakat, dalam bahasa UNDARnya melakukan pengabdian kepada mayarakat harus dengan taat, tekun, jujur, sabar dan ikhlas.
BACA :  Berdialog Dengan Ramadhan: Welfare

Wallahu alam bishowab

Berita Terkait

Ini Kiat – Kiat Buah Hati Agar Bisa Menghafal Al-Quran Dengan Mudah
Ada Pesan Toleransi dan Persatuan Menggema dari Ribuan Lokasi Salat Ied di Indonesia
Brigpol Polresta Sidoarjo Rizky Dwi Ikuti Training SDM AR Learning Center
Ipmanapandode Joglo Gelar Turnamen Voli di Jogja Expo Center
Habis Takziyah di Lampung Barat, Mobil Isuzu Panther Milik Warga Dipasena Terbalik di BNIL
Distorsi Akidah Islam 1445 H
Liburan Paskah 2024, Ratusan Siswa Hindu Pasraman Tirta Bhuana Bekasi Kunjungi Pura di Banyuwangi
TK DWK Gedung Karya Jitu Tulang Bawang Gelar Sanlat Ramadhan Perkenalkan Nilai Kebaikan Sejak Dini
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 13 April 2024 - 15:11 WIB

Ini Kiat – Kiat Buah Hati Agar Bisa Menghafal Al-Quran Dengan Mudah

Jumat, 12 April 2024 - 17:52 WIB

Ada Pesan Toleransi dan Persatuan Menggema dari Ribuan Lokasi Salat Ied di Indonesia

Jumat, 12 April 2024 - 13:44 WIB

Brigpol Polresta Sidoarjo Rizky Dwi Ikuti Training SDM AR Learning Center

Rabu, 10 April 2024 - 09:24 WIB

Ipmanapandode Joglo Gelar Turnamen Voli di Jogja Expo Center

Selasa, 9 April 2024 - 10:21 WIB

Habis Takziyah di Lampung Barat, Mobil Isuzu Panther Milik Warga Dipasena Terbalik di BNIL

Minggu, 7 April 2024 - 23:22 WIB

Distorsi Akidah Islam 1445 H

Jumat, 5 April 2024 - 15:55 WIB

Liburan Paskah 2024, Ratusan Siswa Hindu Pasraman Tirta Bhuana Bekasi Kunjungi Pura di Banyuwangi

Kamis, 4 April 2024 - 15:10 WIB

TK DWK Gedung Karya Jitu Tulang Bawang Gelar Sanlat Ramadhan Perkenalkan Nilai Kebaikan Sejak Dini

Berita Terbaru

Illustrasi Stress dan Relax  .Foto:pixabay.com/id/illustrations/search/stress

Artikel

7 Tips Menghindari Stres Pasca Mudik Lebaran Idul Fitri

Senin, 15 Apr 2024 - 20:46 WIB