banner 728x250
Opini  

Sosiologi Ekonomi Lebaran Ketupat

1. kupatan Sosiologi Ekonomi Lebaran Ketupat Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
313 Kali Dibaca

SUARA UTAMA. Lebaran ketupat merupakan filosofi pengakuan akan kesalahan dengan berperilaku lebaran, luberan, leburan dan laburan dengan ikrar untuk tidak mengulangi lagi perbuatan kesalahan yang sama (lepetan). Kupat lepet adalah filosofi taubatan nasuha. Dan tradisi ini mempengaruhi secara signifikan terhadap sosiologi ekonomi masyarakat sekitar.

Dimanapun sebuah tradisi budaya akan menimbulkan efek sosiologi ekonomi yang signifikan terhadap masyarakat.  Lebaran ketupat berefek pada permintaan akan janur dan beras ketan serta kelapa melonjak. Di pasar-pasat janur dijual per ikat  Rp. 60 ribu berisi 100 lembar dari Rp. 30 ribu/100 lembar.  Dan untuk membuat 1 buah kupat dituhkan minimal 2 lembar janur sedangkan untuk membuat lepet dibutuhkan 1 lembar janur, jadi untuk membuat 1 kupat lepet dibutuhkan 3 lembar janur. Apabila diprediksi jumlah keluarga 10 maka dibutuhkankan 30 lembar janur. Sedangkan harga ketan juga mengalami kenaikan  dari harga Rp 14.000 -16.000/kg. menjadi Rp 17.000 -19.000/kg. Untuk membuat kupat lepet diperlukan kesabaran dan keteletenan (tidak semua orang bisa membuatnya) karena diperlukan keterampilan tersendiri. Masyarakat modern akhirnya membeli kupat lepet yang sudah terbentuk dan dirumah tinggal mengisi dan memasaknya (itupun dimasak minimal 2 jam atau menghabiskan 1 kg tabung gas). Dari sinilah sosiologi ekonomi  terbentuk, karena kepentingan sosial dan budaya masyarakat maka ekonomi ikut terpengaruh.

Mengapa lebaran ketupat ini begitu penting ? padahal sangat tidak efektif dalam proses pembuatan bahan bahannya ….

Lebaran ketupat murni berasal dari tanah Jawa, merupakan akulturisasi budaya jawa islam ajaran Sunan Kalijaga dan dipakemkan pemerintahan Paku Boewono IV.  Ketupat dan lepet ini dibuat dengan menggunakan bahan beras dan beras ketan keduanya dibungkus menggunakan janur atau daun kelapa yang masih muda. Ketupat biasanya dikonsumsi dengan lauk opor ayam kental.

Ketupat, dalam filosofi Jawa, merupakan kependekan dari ngaku lepat dengan laku papat (mengakui kesalahan dengan empat perilaku), yaitu lebaran, luberan, leburan dan laburan dan berbahan dasar beras yangmerupakan bahan pokok makanan orang jawa artinya perilaku empat ini wajib dilakukan, yaitu

  1. Lebaran;  Lebar, sudah, usai, atau selesai (kesalahan yang lampau biarkan berlalu)
  2. Luberan; Melebar atau melimpah (melapangkan dada/hati untuk menerima yang diberikan sang hyang widi/gusti Allah atau ikhlas)
  3. Leburan; Lebur atau sudah habis. (memaafkan diri sendiri dan orang lain)
  4. Laburan;  Berasal dari kata ‘labur’ atau kapur yang biasa digunakan untuk menjernihkan air maupun pemutih dinding. (berupaya membentuk pribadii yang bersih tanpa benci, iri dengki, dendam, hasut dan kemarahan).

Lepet, dari kata silep kang rapet (tutup/sembunykan dengan rapat). Berbentuk lonjong (selonjor) yang diikat dengan bahan dasar dari ketan. Ketan adalah salah satu jenis beras yang memiliki tingkat galetin  tinggi dan dianggap sebagai simbol kedekatan antar manusia karena kata-kata ketan, berasal dari istilah kraketan atau ngraketke ikatan dan  juga bisa diartikan mengingatkan  mantan. Jadi setelah mengaku lepat, meminta maaf, menutup kesalahan yang sudah dimaafkan, jangan diulang lagi, agar persaudaraan semakin erat seperti lengketnya ketan dalam lepet.

Kupat dan lepet dingkus dengan janur. Janur berasal dari bahasa arab ; Pertama, janur berasal dari kata ja’a nur yang artinya datangnya cahaya. Kedua,  janur berasal dari kata janatun nur yang artinya cahaya surga. Jadi janur merupakan simbol kebahagiaan dan kecerahan. Untuk kupat lepet janur yang dipakai adalah janur yang masih muda (kuning) disamping janur muda gampang di bentuk dan tidak mudah patah janur muda juga menyimbulkan kebagiaan itu berwarna emas atau kuning atau motivasi/semangat baru.

….. wallahu a’lam bishawab

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90