Smart Matematika dengan Alat Peraga

- Jurnalis

Jumat, 23 Juni 2023 - 05:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA, Jombang. Matematika merupkaan pelajaran menakutkan untuk sebagaian orang, karena matematika adalah ilmu logika dan merupakan bahasa simbolis dengan fungsi untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif bernalar deduktif, dengan tidak melupakan cara bernalar induktif.. hemmm bingungkan…!. Dari pengertiannya saja matematika membingungkan .. tapi benarkah matemaitka itu sulit, membingungkan….? ohh.. tidak …… ada cara smart untuk belajar matematika salah satunya adalah dengan alat peraga.

Ingat film Ipin Upin…..  Episode belajar matematika dengan mudah….?. ya… Kak Ros yang berperan sebagai guru mengajari adeknya, Upin Ipin dengan cara menggali hobi mereka kemudian  mengaplikasikannya dengan pelajaran matematika; penjumlahan, pengurangan dan pembagian dengan media gambar makanan, karena hobi kedua adeknya adalah ayam goreng…. lain halnya dengan teman Ipin Upin yaitu Ikhsan yang terkenal sangat “dedel” dengan pelajaran matematika. Ditangan kak Ros, Ikhsan menjadi jagoan berhitung karena belajar menggunakan media mainan tentara pasukan perang.

Apa saja kendala belajar matematika?. Hasil penelitian Safitri, M., Casmudi, C., & Pratama, R. A. (2019). Menunjukan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika adalah, kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan perhitungan, kesulitan memecahkan masalah, kesulitan memahami simbol, dan penggunaan proses yang keliru. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika secara umum ada dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya, sikap belajar matematika siswa, minat belajar matematika siswa, motivasi belajar matematika siswa dan kemampuan penginderaan serta kesehatan tubuh. Faktor eksternal diantaranya penggunaan media pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah, dan lingkungan keluarga. Hambatan dalam mengenali penyebab kesulitan belajar siswa adalah lingkungan sekolah serta motivasi dan sikap.

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Smart Matematika dengan Alat Peraga Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Matematika itu mudah karena tanpa kita sadari, kita selalu mempraktekkan hitung-hitungan matematika dasar di kehidupan sehari-hari. Seperti menghitung kembalian uang sehabis belanja, menghitung kuota yang dibutuhkan kalau mau main game online, dan menghitung mundur lampu lalu lintas, melihat jam dan seterusnya masih banyak lagi.

Selain itu, ada banyak fungsi dan kegunaan belajar matematika. Dalam sekolahmuridmerdeka.id menyebutkan ada lima manfaat besar yang bisa didapatkan oleh anak ketika belajar matematika, yaitu:

  1. Baik untuk Perkembangan Otak, yang dibuktikan dengan Riset oleh  Tanya Evans dari Universitas Stanford pada 2015, memperlihatkan bagaimana proses belajar matematika mendorong perkembangan otak anak. Dalam riset tersebut, terungkap kalau anak yang belajar matematika mempunyai perkembangan otak lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak belajar matematika. Tingkat perkembangan otak pada anak yang belajar matematika itu secara khusus berkaitan erat dengan berbagai kemampuan kognitif. Beberapa di antaranya adalah terkait kemampuan mengambil keputusan serta memfokuskan pikiran pada objek tertentu.
  2. Membantu Belajar Mengelola Keuangan. Ketika anak belajar matematika, mereka akan memiliki kemampuan berhitung yang baik. Pengetahuan ini, selanjutnya dapat membantu mereka dalam proses belajar mengelola keuangan pribadi. Mereka punya kemampuan untuk mengatur agar pengeluaran tidak lebih besar dibanding yang yang dimiliki. Pengelolaan keuangan pribadi adalah kemampuan penting yang harus dimiliki oleh anak. Keahlian ini dapat membantu anak untuk menjaga agar keuangan pribadi tetap sehat. Beban utang yang mereka punyai juga sangat minim dan tidak akan terlalu berdampak pada kondisi keuangan secara menyeluruh.
  3. Mendorong Kemampuan Problem Solving. Manfaat belajar matematika bagi anak yang tidak kalah penting adalah mendorong kemampuan mereka dalam menyelesaikan sebuah permasalahan atau problem solving. Belajar matematika membantu anak untuk terbiasa melakukan analisis dan mencari solusi yang terbaik untuk sebuah permasalahan. . Kemampuan analisis berkaitan erat dengan cara berpikir anak secara kritis dalam memandang setiap permasalahan di sekitar. Di waktu yang sama, matematika mendorong si kecil untuk mengembangkan kemampuan berpikir yang logis dalam setiap menghadapi setiap problem. . Kemampuan berpikir logis mempunyai kaitan yang sangat erat dengan problem solving. Anak yang terbiasa berpikir secara logis akan memilih untuk membagi permasalahan dalam skala yang lebih kecil. Selanjutnya, mereka bisa mencari setiap solusi atas masing-masing permasalahan. Cara berpikir seperti ini membuat anak bisa mencoba cara yang kreatif dalam setiap penyelesaian masalah. Dengan begitu, mereka akan terbiasa untuk mencari sebuah solusi secara kreatif dan cerdas.
  4. Matematika Dibutuhkan dalam Kehidupan Sehari-hari. Manfaat belajar matematika tidak hanya dibutuhkan ketika anak bercita-cita menjadi seorang ahli matematika atau ilmuwan. Anak juga memerlukan keahlian matematika ketika mereka menjalani karier lain di masa depan. Setidaknya, mereka perlu memahami konsep matematika dasar. Contohnya, seorang programmer harus mempunyai cara berpikir yang logis dan kerap memerlukan kemampuan berhitung dalam proses pembangunan sebuah software. Demikian pula seorang tenaga arsitek atau ahli sipil yang perlu memiliki dasar matematika yang kuat agar dapat menghasilkan desain bangunan yang estetis dan berkualitas.
  5. Meningkatkan Kemampuan Logika. Manfaat terakhir dan tidak kalah penting adalah terkait dengan pengembangan kemampuan berpikir logis. Hal ini berkaitan erat dengan tujuan pembelajaran matematika dalam memahami sebuah pola yang terlihat abstrak. Awalnya, anak akan belajar dengan pola yang terlihat sederhana dan dapat mereka selesaikan dengan mudah. Seiring waktu, anak bakal memiliki kemampuan untuk mengenali serta menyelesaikan problem dengan pola yang rumit.
BACA :  Tujuan dan Asas-Asas Pendidikan Dalam Persfektive Filsafat Pendidikan Islam

Sebenarnya mempelajari matematika itu mudah, selaras dengan apa yang dilakukan Kak Ros terhadap Ipin, Upin dan Ikhsan yaitu dengan alat peraga. Alat peraga matematika dapat diartikan sebagai suatu perangkat benda konkrit yang dirancang, dibuat, dan disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan dan memahami konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam matematika. Dalam memahami konsep matematika yang abstrak, anak memerlukan alat peraga seperti benda-benda konkrit (riil) sebagai perantara atau visualisasinya. Dalam pembelajaran matematika, penggunaan alat peraga juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Alat peraga pembelajaran matematika merupakan bagian dari media pembelajaran. Levie & Lentz dalam Azhar Arsyad, mengemukakan terdapat empat fungsi media pembelajaran menggunakan alat peraga, khususnya media visual , yaitu (a) fungsi atensi, (b) fungsi afektif, (c) fingsi kognitif, (d) fungsi kompensatoris. Macam-macam alat peraga yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah alat peraga kekekalan luas, alat peraga kekekalan panjang, alat peraga kekekalan volume, alat peraga kekekalan banyak, alat peraga untuk Percobaan dalam Teori Kemungkinan, alat peraga untuk pengukuran dalam Matematika, bangun-bangun geometri, alat peraga untuk permaianan. Alat peraga tersebut digunakan dalam pembelajaran matematika disesuaikan dengan materi, tujuan, dan siswa itu sendiri.

BACA :  Sidak Setelah Mudik Masih Efektifkah?

Berikut ini 7 tips mudah belajar matematika smart agar dapat membangun rasa penasaran dan siapa tahu akan jatuh cinta dengan pelajaran matematika ini yang dilansir dari laman gokampus.com.

  1. Ubah mindset bahwa matematika itu rumit

Buang jauh-jauh pikiran kalau matematika itu sulit. Penting untuk mengubah mindset dan meyakinkan diri sendiri bahwa matematika itu tidak rumit dan bisa dipahami. Sugesti yang positif tentunya bisa bikin lebih termotivasi untuk belajar matematika dan tidak gampang menyerah kalau menemukan materi yang sulit. Ingat juga kalau matematika dibutuhkan buat hidup sehari-hari, sehingga matematika pun butuh dipelajari.

  1. Cari atau buat suasana belajar jadi menyenangkan

Lingkungan belajar yang nyaman pasti bisa meningkatkan konsentrasi untuk belajar matematika. Cari suasana baru seperti belajar di coffee shop, perpustakaan, coworking space, atau bahkan alam terbuka. Jika tidak memungkinkan untuk pergi ke luar rumah, bisa dengan membuat kamar atau meja belajar menjadi rapi dan senyaman mungkin supaya lebih semangat belajar.

  1. Buat catatan rumus dengan rapi

Buat catatan rumus dengan rapi dalam buku catatan favorit menjadi tips ketiga. Ada studi yang menyatakan kalau mencatat dapat melatih daya ingat, karena adanya proses mengolah materi yang diterima menjadi catatan dalam bahasa kita sendiri. Selain itu, proses belajar yang dilalui pasti lebih efektif karena tidak perlu bolak-balik halaman buku materi hanya untuk cari satu baris rumus.

BACA :  Diaspora Kader dan High Politic Muhammadiyah

Supaya catatan lebih cantik dan enak dilihat, bisa pakai penanda warna-warni atau highlighter, stiker atau gambar yang relevan, dan juga font-font menarik untuk penamaan judul di awal.

  1. Pahami rumus, bukan hafal rumus

Banyak yang merasa kesulitan saat mengerjakan matematika karena yang dilakukan adalah menghafal rumus, bukan memahami rumus. Menghafal rumus hanya bisa bertahan dalam jangka pendek karena ada kemungkinan tidak bisa mengingat rumusnya dalam waktu yang lama. Berusaha untuk memahami rumus akan melatih otak untuk berpikir dan mengetahui bagaimana rumus diperoleh, sehingga kamu tetap mengerti dan bisa cari solusi kalau jenis soalnya dibolak-balik. Dengan memahami rumus, pasti kamu juga akan sekaligus hafal rumus dengan sendirinya.

  1. Cari trik untuk mengerjakan soal

Biasanya matematika jadi mata pelajaran yang bikin malas karena proses hitung yang rumit dan panjang. Padahal, ada cara mudah belajar matematika dengan mengetahui banyak trik untuk menghitung cepat yang bisa dipraktekkan supaya proses menghitungnya jadi lebih gampang. Trik seperti ini ada banyak jenisnya, seperti menghitung perkalian atau pembagian pakai tangan atau tabel, sampai menghitung permutasi. Cari tahu banyak trik menghitung cepat seperti ini dari guru matematika di sekolah atau lewat internet.

  1. Kerjakan latihan soal dengan teratur

Paham materi tidak cukup untuk siap mengerjakan soal matematika. Karena diperlukan berlatih mengerjakan contoh soal dengan teratur, dimulai dari soal yang paling mudah hingga yang kompleks. Mengerjakan soal berkali-kali bisa bikin kamu berlatih untuk memecahkan berbagai variasi soal untuk rumus tertentu.

Selain itu juga bisa mengetahui seberapa jauh pemahaman mengenai materi yang sedang dipelajari. Dengan sering berlatih dan menyelesaikan banyak soal, pastinya jadi lebih siap untuk menghadapi ujian yang biasanya soalnya tidak ketebak.

  1. Jangan ragu tanya guru atau teman

Ketika dihadapkan dengan soal yang rumit, jangan dihadapi sendirian dan jadi stres sendiri. Tanya ke guru atau diskusi dengan teman selalu bisa jadi solusi kalau ketemu soal yang bikin stuck sehingga bisa dapat masukan atau cara baru untuk memecahkan soal yang belum diketahui sebelumnya.

 

Selamat mencoba ….

Berita Terkait

MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DENGAN KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN MEDIA DAUN KERING PADA ANAK TK AL HUDA KRIKILAN – MASARAN – SRAGEN
Pencegahan Penularan Virus Covid-19 Dengan Mengoptimalisasi Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Tk Islam Al Huda Krikilan – Masaran – Sragen
SOLUSI CERDAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DENGAN PENGADAAN PERPUSTAKAAN KELILING PADA ANAK TK ISLAM AL HUDA KRIKILAN – MASARAN – SRAGEN  
Sidak Setelah Mudik Masih Efektifkah?
7 Tips Menghindari Stres Pasca Mudik Lebaran Idul Fitri
6 Tantangan Jurnalis dalam Mempertahankan Integritas dan Kebenaran
Ini Kiat – Kiat Buah Hati Agar Bisa Menghafal Al-Quran Dengan Mudah
Wartawan Senior Andre Hariyanto, Komitmen dan Ketaatan adalah Klimaks Keikhlasan Teratas
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 18 April 2024 - 07:41 WIB

MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DENGAN KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN MEDIA DAUN KERING PADA ANAK TK AL HUDA KRIKILAN – MASARAN – SRAGEN

Rabu, 17 April 2024 - 19:19 WIB

Pencegahan Penularan Virus Covid-19 Dengan Mengoptimalisasi Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Tk Islam Al Huda Krikilan – Masaran – Sragen

Rabu, 17 April 2024 - 19:07 WIB

SOLUSI CERDAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DENGAN PENGADAAN PERPUSTAKAAN KELILING PADA ANAK TK ISLAM AL HUDA KRIKILAN – MASARAN – SRAGEN  

Rabu, 17 April 2024 - 12:00 WIB

Sidak Setelah Mudik Masih Efektifkah?

Senin, 15 April 2024 - 20:46 WIB

7 Tips Menghindari Stres Pasca Mudik Lebaran Idul Fitri

Senin, 15 April 2024 - 06:14 WIB

6 Tantangan Jurnalis dalam Mempertahankan Integritas dan Kebenaran

Sabtu, 13 April 2024 - 15:11 WIB

Ini Kiat – Kiat Buah Hati Agar Bisa Menghafal Al-Quran Dengan Mudah

Rabu, 3 April 2024 - 10:55 WIB

Wartawan Senior Andre Hariyanto, Komitmen dan Ketaatan adalah Klimaks Keikhlasan Teratas

Berita Terbaru