Pentingnya Penataan dan Regulasi yang Pro Tranportasi Publik dan Massal

- Jurnalis

Rabu, 22 Mei 2024 - 15:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gambar AI: Transportasi Publik Aman dan Nyaman | Suara Utama.id

Gambar AI: Transportasi Publik Aman dan Nyaman | Suara Utama.id

SUARA UTAMA, Kecelakaan angkutan umum yang sering terjadi, kelangkaan bahan bakar, kepadatan lalu lintas di jalan-jalan utama dan tingginya tingkat polusi udara perkotaan, mengindikasikan adanya urgensi dalam penataan dan regulasi transportasi publik di setiap provinsi di Indonesia.

Penataan yang baik tidak hanya akan meningkatkan keselamatan dan efisiensi, tetapi juga berkontribusi signifikan terhadap kesejahteraan ekonomi dan lingkungan.

Mengurangi Kecelakaan

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Pentingnya Penataan dan Regulasi yang Pro Tranportasi Publik dan Massal Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kecelakaan bus yang sering terjadi, seperti yang dilaporkan dalam berbagai insiden baru-baru ini, menyoroti pentingnya regulasi ketat terhadap kondisi teknis kendaraan dan kompetensi pengemudi. Tanpa pemeriksaan rutin dan pemeliharaan kendaraan yang baik, risiko kegagalan mekanis seperti rem blong akan terus meningkat, menyebabkan kecelakaan fatal.

Tak kalah penting adalah memberlakukan standar keselamatan yang tinggi, termasuk inspeksi rutin dan sertifikasi berkala bagi kendaraan dan pengemudi angkutan umum dengan dibarengi regulasi yang berpihak kepada perusahaan atau pribadi yang memiliki usaha angkutan transportasi umum, seperti stimulan kredit kendaraan tanpa bunga, waktu pembayaran yang panjang, pembebasan pajak dalam waktu tertentu, sistem mode transportasi dan pembayaran terkoneksi.

Mengatasi Kelangkaan BBM

Kelangkaan bahan bakar yang sering terjadi juga dapat diatasi dengan penataan angkutan umum yang lebih efisien. Transportasi umum yang teratur dan andal dapat mengurangi ketergantungan masyarakat pada kendaraan pribadi, yang pada gilirannya akan menurunkan permintaan bahan bakar. Selain itu, implementasi transportasi massal berbasis energi terbarukan atau kendaraan listrik dapat menjadi solusi jangka panjang untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil.

Mengurai Kepadatan Lalu Lintas

Kemacetan di jalan-jalan utama perkotaan tidak hanya mengurangi produktivitas tetapi juga meningkatkan polusi udara. Dengan menata rute angkutan umum yang efektif dan menyediakan fasilitas yang memadai, pemerintah dapat mendorong lebih banyak orang untuk beralih ke transportasi publik. Ini membutuhkan pengembangan infrastruktur yang baik, seperti jalur bus khusus, kereta api dan sistem penjadwalan yang efisien.

BACA JUGA :  Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam

Regulasi yang mengatur batas muatan dan frekuensi perjalanan juga penting untuk menghindari kelebihan kapasitas dan mengurangi kemacetan.

Mengurangi Polusi Udara

Polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan bermotor, khususnya di perkotaan, memiliki dampak serius terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan. Emisi dari kendaraan pribadi dan angkutan umum yang tidak teratur berkontribusi signifikan terhadap polusi udara, yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan dan kardiovaskular.

Penggunaan angkutan umum yang efisien dan berbasis energi bersih akan mengurangi emisi karbon dioksida dan polutan lainnya, membantu meningkatkan kualitas udara dan mendukung upaya global dalam mitigasi perubahan iklim. Regulasi yang ketat terhadap standar emisi kendaraan juga sangat diperlukan untuk mencapai tujuan ini.

Manfaat Ekonomi

Penataan dan regulasi yang baik terhadap angkutan umum akan memberikan dampak positif pada ekonomi dan lingkungan. Transportasi umum yang efisien dapat menghemat biaya operasional dan waktu bagi pengguna, serta meningkatkan mobilitas tenaga kerja.

Kesimpulan

Penataan dan regulasi transportasi publik yang efektif adalah fondasi bagi kesejahteraan dan keselamatan bersama. Tanpa perhatian yang serius dari pemerintah, berbagai dampak negatif seperti kecelakaan lalu lintas, kelangkaan bahan bakar, dan polusi udara akan terus mengancam kualitas hidup masyarakat. Oleh karena itu, penataan dan regulasi yang tepat tidak hanya mendesak tetapi juga esensial untuk masa depan yang lebih baik.

Penulis : Nafian faiz, Jurnalis,Tinggal di Lampung

Berita Terkait

Pendidikan Profesi Guru dalam Jebakan Kurikulum Pendidikan Indonesia
Juru Parkir Liar : Ikhlas atau Terpaksa ?
UU Penyiaran Mempermudah Sebagian Masyarakat
Efek Perlokusi Baliho Menjelang Pilkada
PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
Basis Nilai Sejarah PKO Bagi RS.PKU
Wartawan Kompeten Adalah Segudang Karya
Tingkatkan Nilai dalam Diri Anda Lewat Public Speaking
Berita ini 51 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 08:07 WIB

Pendidikan Profesi Guru dalam Jebakan Kurikulum Pendidikan Indonesia

Senin, 10 Juni 2024 - 21:50 WIB

Juru Parkir Liar : Ikhlas atau Terpaksa ?

Senin, 10 Juni 2024 - 16:47 WIB

UU Penyiaran Mempermudah Sebagian Masyarakat

Senin, 10 Juni 2024 - 00:28 WIB

Efek Perlokusi Baliho Menjelang Pilkada

Rabu, 22 Mei 2024 - 15:04 WIB

Pentingnya Penataan dan Regulasi yang Pro Tranportasi Publik dan Massal

Senin, 6 Mei 2024 - 17:38 WIB

PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Minggu, 5 Mei 2024 - 21:40 WIB

Basis Nilai Sejarah PKO Bagi RS.PKU

Sabtu, 4 Mei 2024 - 19:55 WIB

Wartawan Kompeten Adalah Segudang Karya

Berita Terbaru

Berita Utama

Antusias Pengunjung Hotel Grand Verona Naik Jelang Iduladha

Rabu, 12 Jun 2024 - 07:29 WIB