banner 728x250

Penjabat Gubernur Papua tengah Resmi Melantik Petrus Agapa Jadi Penjabat Bupati Kabupaten Dogiyai

fa3b0df058b825a2e9c7410fdee7e5df84345087a3e116126f74bb6533daa0bb.0 Penjabat Gubernur Papua tengah Resmi Melantik Petrus Agapa Jadi Penjabat Bupati Kabupaten Dogiyai Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
137 Kali Dibaca

SUARA UTAMA, Nabire- penjabat Gubernur Dr Ribka Haluk, S.Sos, MM resmi melantik Sekretaris Daerah Drs Petrus Agapa, M.Si sebagai Penjabat Bupati Dogiyai dalam prosesi Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Penjabat Bupati Puncak Jaya, Penjabat Bupati Intan Jaya, dan Penjabat Bupati Dogiyai di Aula Kantor Gubernur Papua Tengah, Jalan Merdeka, Nabire, kota Provinsi Papua Tengah, Kamis (29/12) pukul 10.00 WIT.

Prosesi pelantikan Penjabat Bupati Petrus Agapa bersamaan dengan pelantikan Penjabat Bupati Intan Jaya Apolos Bagau, ST yang baru saja dilantik sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua Tengah dan Sekretaris Daerah Puncak Jaya H. Tumiran, S.Sos, MAP sebagai Penjabat Bupati Puncak Jaya.

Petrus Agapa, Sekretaris Daerah Dogiyai, resmi dilantik sebagai Penjabat Bupati Bupati Dogiyai setelah sebelumnya ditunjuk Penjabat Gubernur Ribka Haluk menjadi Pelaksana Harian Bupati pada Jumat (16/12) menggantikan Yakobus Dumupa, SIP, MIP yang berakhir masa jabatannya bersama Wakil Bupati Oskar Makai, SH pada Minggu (18/12).

Ribka melalui Surat Nomor: T-131/00003/PPT dengan klasifikasi amat segera tertanggal 16 Desember 2022 yang ditujukan kepada Sekretaris Daerah Dogiyai, menyampaikan penunjukan Agapa sebagai Pelaksana Harian Bupati Dogiyai sehubungan berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Dogiyai pada Minggu (18/12).

Mantan Bupati Dumupa mengajak masyarakat dan seluruh elemen mendukung Petrus Agapa menjadi penjabat bupati setelah Agapa, putra asli Papua dan birokrat senior yang pernah menjadi kepala distrik (camat) di sejumlah wilayah di Dogiyai.

Menurutnya, Petrus Agapa adalah birokrat senior di Dogiyai yang lama mengabdikan diri di kabupaten di wilayah Meepago tersebut dan memenuhi syarat kualitas dan kapabilitas personal, golongan kepangkatan, dan memiliki rekam jejak, track record mumpuni dalam birokrasi.

“Kepada ASN yang telah diusulkan namanya atau mengusulkan diri untuk menjadi penjabat bupati namun tidak direstui agar berbesar hati dan mendukung Pak Petrus Agapa dalam menjalankan tugasnya,” lanjut Dumupa

“Saya menyampaikan terimakasih kepada Bapak Presiden Republik Indonesia dan Bapak Menteri Dalam Negeri yang telah mempercayakan dan mengangkat Pak Petrus Agapa sebagai Penjabat Bupati Dogiyai. Keputusan tersebut merupakan jawaban atas kerinduan masyarakat untuk memiliki seorang putra asli menjadi pemimpin di daerahnya,” kata Dumupa.

Ketua Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dogiyai Simon Petrus Pekei mengatakan, Petrus Agapa adalah sosok yang tepat dan layak setelah melewati proses usulan sejumlah nama birokrat Dogiyai melalui DPRD Dogiyai, Penjabat Gubernur Papua Tengah, dan Menteri Dalam Negeri sebelum akhirnya Agapa direstui Presiden Joko Widodo.

“Saya berpikir, sosok Penjabat Bupati Pak Petrus Agapa bukan orang asing, tetapi putra asli Papua dari Dogiyai. Pak Petrus juga mengabdikan diri sebagai camat di Dogiyai dalam durasi waktu panjang. Ia merenda karier dari bawah hingga menjadi Sekda Dogiyai. Karena itu, saya berharap agar menerima dan mendukung beliau selama kepemimpinannya hingga terpilih bupati baru pada Pemilu 2024,” kata Simon Petrus Pekei kepada Suara Utama dari Nabire, Papua Tengah, Kamis (29/12).

Simon Pekei menambahkan, Agapa adalah birokrat yang lama mengabdi sebagai camat di Distrik Kamuu sejak Dogiyai belum terbentuk sebagai sebuah daerah otonom baru di Papua. Petrus meyakini, warga masyarakat tentu menerima Agapa sebagai penjabat bupati setelah resmi dilantik Penjabat Gubernur Papua Tengah.

Kepala Kepolisian Resor Dogiyai Kompol Samuel D. Tatiratu, SIK mengapresiasi pelantikan Petrus Agapa sebagai Penjabat Bupati Dogiyai oleh Penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk. Pihaknya mengharapkan agar kerjasama yang harmonis dalam pelaksanaan tugas serta pelayanan masing-masing kepada masyarakat tetap terjalin agar pelayanan dan pengabdian semakin efektif.

“Sebagai Kapolres, saya dan semua anggota mengharapkan agar tetap terjalin kerjasama harmonis agar bekerja sekuat tenaga, bergandengan tangan memulihkan situasi, memberdayakan semua elemen masyarakat agar di masa akan datang Dogiyai semakin maju,” ujar Tatiratu melalui sambungan telepon, Kamis (29/12).

Menurutnya, jajaran Polres Dogiyai juga punya kerinduan besar agar kasih dan damai senantiasa menaungi Dogiyai dan warganya. Karena itu, ia sekali mengucapkan Selamat kepada Penjabat Bupati yang dilantik disertai harapan semoga tugas dan kepercayaan itu membawa berkat bagi warga Dogiyai.

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90