Peningkatan Keterampilan Membatik Melalui Metode Demonstrasi Dengan Bahan Alam Sekitar di  Kelompok B TK MDI  Pandeyan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali – Semester I Tahun Ajaran 2022/2023

- Writer

Jumat, 8 Maret 2024 - 12:03 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA, NGAWIPeningkatan Keterampilan Membatik Melalui Metode Demonstrasi Dengan Bahan Alam Sekitar di  Kelompok B TK MDI  Pandeyan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali – Semester I Tahun Ajaran 2022/2023

Yunik 1 Peningkatan Keterampilan Membatik Melalui Metode Demonstrasi Dengan Bahan Alam Sekitar di  Kelompok B TK MDI  Pandeyan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali - Semester I Tahun Ajaran 2022/2023 Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

Bu Yunik Masrukah sedang melakukan kegiatan – Peningkatan Keterampilan Membatik Melalui Metode Demonstrasi Dengan Bahan Alam Sekitar di  Kelompok B TK MDI  Pandeyan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali – Semester I Tahun Ajaran 2022/2023. Foto & Gambar: Dokumentasi Pribadi Bu Yunik Masrukah

 

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Peningkatan Keterampilan Membatik Melalui Metode Demonstrasi Dengan Bahan Alam Sekitar di  Kelompok B TK MDI  Pandeyan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali - Semester I Tahun Ajaran 2022/2023 Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Guru yang Profesional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan mutu Pendidikan yang ada di sekolah, kemampuan guru selalu diperbaharui melalui pengembangan keprofesian , tidak hanya dengan melalui pengembangan keprofesian guru yang professional tetapi juga melakukan  penelitian Tindakan kelas yang ada di sekolah. Kompetensi yang dituntut dari guru profesional adalah memiliki kebiasaan dan kemampuan ilmiah dalam merancang, melaksanakan, menemukan kekuatan dan kelemahan dalam kegiatan pengembangan, serta memanfaatkannya untuk perbaikan kegiatan selanjutnya.

Salah satu aspek terpenting dalam mengembangkan keterampilan anak adalah melakukan olah seni. Karena kesenian merupakan salah satu potensi dasar anak yang juga merupakan salah satu dari bentuk kecerdasan jamak. Jadi mengembangkan potensi seni anak berarti juga mengembangkan kecerdasannya, oleh karena itu guru TK yang berperan sebagai fasilitator dalam pengembangan seni. Sedangkan keberhasilan pembelajaran kesenian dapat terwujud apabila kegiatan belajar mengajar dapat membangkitkan motivasi belajar yang bermakna bagi anak, faktor pembangkitan motivasi belajar yang efektif adalah keingintahuan dan keyakinan akan kemampuan diri, kemampuan imajinasi dan belajar seorang anak sangatlah besar, terutama pada umur Prasekolah. Sebagai guru yang baik harus bisa memberikan dan menyalurkan rasa ingin tahunya melalui cara belajar aktif dan kreatif yang menyenangkan sesuai minat dan kemampuan anak melalui pengembangan seni pada diri anak.

Motorik halus adalah gerakan yang hanya membutuhkan otot-otot kecil dan tidak memerlukan tenaga yang besar, seperti menulis, menggunting, melipat, menempel dan sejenisnya (Hurlock, 1991). Motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih.

Dalam kegiatan belajar mengajar keterampilan motorik halus terutama membatik di   TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali yang mendapatkan hasil baik hanya beberapa anak, selebihnya masih jauh dari kesempurnaan. Dalam kegiatan membatik anak kurang termotivasi, kurang aktif, dan kurang memperhatikan kegiatan membatik. Hal ini dapat dilihat dari setiap anak kurang fokus ketika kegiatan membatik berlangsung. Dengan melihat hal tersebut ada sesuatu yang harus dibenahi sehingga diperlukan suatu metode dan media untuk mengatasinya.

Metode demontrasi yaitu menunjukkan dan menjelaskan cara-cara mengerjakan sesuatu. Melalui demontrasi diharapkan anak dapat mengenal langkah-langkah pelaksanaan. Media adalah sarana untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar sehingga anak didik dapat memahami atau menyerap  materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru sesuai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Benda-benda alami yang dimaksud adalah benda-benda alami yang ada dilingkungan sekitar. Bagi setiap anak, lingkungan merupakan suasana tersendiri yang berpengaruh terhadap perkembangan kepribadian anak. Segala sesuatu dari perkembangan anak itu merupakan produk dari interaksi antara factor hereditas dan faktor lingkungan sosialnya (William Stern).

Oleh kareana itu Penulis menggunakan salah satu metode pembelajaran yaitu metode demonstrasi dengan menggunakan media bahan-bahan alam yang ada di lingkungan sekitar. Dalam kaitannya dengan hal ini, TK kelompok B sebagai landasan utama bagi pengembangan keterampilan motorik halus dan meningkatkan kemampuan membatik anak. Maka Penulis tertarik untuk mengadakan  penulis an dengan judul “Peningkatan Keterampilan Membatik Melalui Metode Demonstrasi Dengan Bahan-Bahan Alam  Sekitar Di Kelompok B   TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023”.

Anak Usia Dini perlu dikenalkan tentang membatik, yaitu agar anak dapat mengenal batik dan juga mencintai budaya batik yang sudah mendunia sejak dini. Membatik yang dikenalkan pada anak usia dini merupakan kegiatan membatik yang sederhana, yaitu menggunakan media yang sederhana dan yang aman bagi anak. Disini kegiatan membatik yang dilaksanakan tidak seperti yang dilakukan pada orang dewasa. Bagi anak usia dini adalah mengoleskan perintang pada kain sebelum diberi warna. Pemberian perintang pada kain untuk anak usia dini dilakukan tidak menggunakan lilin panas karena berbahaya bagi anak. Sehingga digunakan pasta tepung sebagai gantinya (Rahayu, 2010:89).

Pengembangan seni pada anak lebih mengarah pada pelaksanaan kegiatan yang mengasyikkan dan menarik, sehingga melalui kegiatan tersebut seluruh aspek perkembangan dapat berkembang secara optimal. Konsep learning throught atau pembelajaran melalui seni dimaksudkan menjadikan seni sebagai sebuah media atau sarana dalam rangka pembelajaran anak.

BACA JUGA :  Orang Papua membaca buku adalah melawan sistem kolonialisme Indonesia

 

Tujuan yang hendak dicapai dalam  penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui kemampuan motorik halus dalam membatik pada anak kelompok B  TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023.
  2. Untuk mengetahui kemampuan motorik halus dalam membatik dengan media bahan-bahan alam sekitar melalui metode demintrasi pada anak kelompok B   TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023.
  3. Untuk mengetahui dengan media bahan-bahan alam sekitar melalui metode demontrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dalam membatik pada anak kelompok B  TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran2022/2023.

 

Hasil  penelitian Tindakan kelas dengan Peningkatan Keterampilan Membatik Melalui Metode Demontrase Dengan Bahan Alam Sekitar yang telah dilaksanakan melalui beberapa tindakan dari siklus I dan II dan berdasarkan seluruh pembahasan pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa:

Kondisi awal pembelajaran kemampuan motorik halus dalam membatik di Kelompok B   TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali  Tahun Pelajaran2022/2023, masih sangat memprihatinkan. Penulis melihat dan merasakan anak-anak kurang merespon tugas yang diberikan guru.

penulis  kemudian mencari solusi dari permasalahan tersebut dan meminta ijin kepada Kepala   TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali untuk mengadakan  penulis an dengan menerapkan strategi pembelajaran pengembangan motorik halus dalam membatik dengan bahan-bahan alam sekitar melalui metode demonstrasi dengan memilih judul  penelitian Peningkatan Keterampilan Membatik Melalui Metode Demonstrasi Dengan Bahan-Bahan Alam Sekitar Di Kelompok B   TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023

  1. Hasil penelitian pada pra siklus kemampuan motorik halus dalam membatik pada anak Kelompok B   TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali  Tahun Pelajaran2022/2023 sebelum menggunakan media bahan-bahan alam sekitar melalui metode demonstrasi menghasilkan nilai rata-rata 35%. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan anak belum berkembang.
  2. Tahap penelitian kemudian dilanjutkan dengan siklus II yaitu kemampuan motorik halus dalam membatik dengan bahan-bahan alam Sekitar Di Kelompok B   TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023 mendapatkan hasil rata-rata 55%. Hasil ini mengalami peningkatan dari pada pra siklus sebelumnya dan hasil rata-rata ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus dalam membatik dengan bahan-bahan alam sekitar melalui metode demonstrasi sudah mulai berkembang.
  3. Tahap penelitian pada siklus I memang telah mengalami peningkatan namun  penulis  melihat potensi anak masih dapat dikembangkan lagi, maka  penulis  melanjutkan pada siklus II dengan menghasilkan nilai rata-rata 95%. Hal ini menunjukkan kemampuan motorik halus dalam membatik dengan bahan-bahan alam Sekitar Di Kelompok B   TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023 sudah berkembang dengan baik dan  penulis  tidak melanjutkan  penelitian ke siklus berikutnya.

 

Dan Pada kegiatan Refleksi  penelitian Tindakan kelas ini saya merasakan adanya masalah dan kekurangan yang muncul pada saat melakukan  penelitian tndakan kelas sebagai berikut :

  1. Masih banyak anak yang belum menyelesaikan kegiatan membatik.
  2. Anak kurang termotivasi dalam menerima kegiatan membatik.
  3. Anak kurang fokus dalam kegiatan membatik.
  4. Hasil penilaian perkembangan anak sebelum tindakan penulis an yang mendapat hasil baik hanya beberapa anak, selebihnya masih jauh dari kesempunaan.
  5. Anak yang belum dapat menyelesaiakan ketuntasan sebagian besar kurang mengerti cara menggunakannya.
  6. Anak-anak kurang merespon tugas yang di berikan guru
  7. Anak-anak sibuk bermain sendiri dan tidak memperhatikan guru

 

Penyelesaian permasalahan yang terjadi dapat diatasi alternatif dan pemecahan masalah sebagai berikut :

  1. Kemampuan motorik halus dalam membatik dengan kriteria cukup pada anak kelompok B  TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran2022/2023.
  2. Kemampuan motorik halus dalam membatik dengan bahan-bahan alam sekitar melalui metode demonstrasi dengan kriteria baik pada anak kelompok B  TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran2022/2023.

Melalui metode demonstrasi dengan bahan-bahan alam sekitar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dalam membatik pada anak kelompok B   TK MDI Pandeyan , Kecamatan Ngemplak , Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran2022/2023

Sapetendik Indonesia Siapkan Pre Test PPG dan UKMPPG 2023, Ini Langkahnya

Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)

Bangun Peradaban Literasi, Suara Utama Berkomitmen Lawan Hoax dengan SDM Jurnalis baru yang Siap Berjuang. Foto & Gambar: Mas Andre Hariyanto/Saepudin Fikri. Rotasi Pengurus Suara Utama (SUARA UTAMA)

(Sam Foundation) bantu secara Virtual peserta melakukan Konfirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023 Angkatan Ifirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023 Angkatan I

Sam Foundation Bekerja sama dengan Sapetendik Indonesia adakan Kiat Khusus Menghadapi UKM PPG (UP dan UKIN) First Taker dan serta Retaker 2023

Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama
Foto: Dok. Mas Andre Hariyanto. Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Membuka Kesempatan Bergabung Menjadi Kaperwil, Kabiro, Koresponden, Jurnalis/Suara Utama

Berita Terkait

Pembangunan gapura di wilayah RW-09 Suspected manipulatif
Prestasi SSB Anggana Junior Bersinar di Tengah Keluhan Warga soal Pembangunan Stadion Mini
Sejarah Jembatan Ampera
Rapat BPK dan Camat Rawajitu Timur Memanas, Hasilnya Masih Gantung
Al-Qur’an Berbicara tentang Perempuan : Pemahaman Ayat tentang Īlā’
Al-Qur’an Berbicara tentang Perempuan : Pemahaman Ayat tentang Īlā’ Oleh: Abu Mahdi ibn Ibrohim
Kasus Asusila Kepala Kampung Bumi Dipasena Abadi Masih Berlanjut, BPK Kembali Gelar Rapat
Sukses Yaaa…!!! Ingat, Baca Doa dan Jujur, Jangan Ngepek..Jangan Nyontek dan Jangan Kerjasama
Berita ini 33 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 7 Desember 2024 - 13:25 WIB

Pembangunan gapura di wilayah RW-09 Suspected manipulatif

Sabtu, 7 Desember 2024 - 11:34 WIB

Prestasi SSB Anggana Junior Bersinar di Tengah Keluhan Warga soal Pembangunan Stadion Mini

Jumat, 6 Desember 2024 - 21:10 WIB

Sejarah Jembatan Ampera

Jumat, 6 Desember 2024 - 20:41 WIB

Rapat BPK dan Camat Rawajitu Timur Memanas, Hasilnya Masih Gantung

Jumat, 6 Desember 2024 - 16:20 WIB

Al-Qur’an Berbicara tentang Perempuan : Pemahaman Ayat tentang Īlā’ Oleh: Abu Mahdi ibn Ibrohim

Jumat, 6 Desember 2024 - 11:20 WIB

Kasus Asusila Kepala Kampung Bumi Dipasena Abadi Masih Berlanjut, BPK Kembali Gelar Rapat

Jumat, 6 Desember 2024 - 11:13 WIB

Sukses Yaaa…!!! Ingat, Baca Doa dan Jujur, Jangan Ngepek..Jangan Nyontek dan Jangan Kerjasama

Jumat, 6 Desember 2024 - 10:36 WIB

Dari Nol hingga Sukses: Perjalanan Inspiratif Budi Mendirikan Njoo Bakery

Berita Terbaru

Berita Utama

Pembangunan gapura di wilayah RW-09 Suspected manipulatif

Sabtu, 7 Des 2024 - 13:25 WIB

Artikel

Sejarah Jembatan Ampera

Jumat, 6 Des 2024 - 21:10 WIB

Suasana Rapat BPK Kampung Bumi Dipasena Abadi (6/12). Suarautama.id.

Berita Utama

Rapat BPK dan Camat Rawajitu Timur Memanas, Hasilnya Masih Gantung

Jumat, 6 Des 2024 - 20:41 WIB