banner 728x250

Pawai Literasi Berbusana “Kebudayaan” SMA Negeri 1 Dogiyai

IMG 20231128 WA0011 Pawai Literasi Berbusana "Kebudayaan" SMA Negeri 1 Dogiyai Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
841 Kali Dibaca

SUARA UTAMA, Dogiyai – Peserta didik dan Guru SMA Negeri 1 Dogiyai mengikuti Pawai Literasi yang bertemakan “Kebudayaan” yang diselenggarakan di kota Moanemani hari ini (27/11/23).

Unik dan elok seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Dogiyai yang mengikuti kegiatan ini mengenakan busana tradisional sepanjang pawai itu berlangsung, menelusuri jalan kabupaten Dogiyai yang langsung didampingi oleh Kepala Sekolah dan Guru-guru lainnya.

Rute untuk pawai ini dimulai dari sekolah masing-masing, mengelilingi kota Moanemani kemudian kembali berkumpul kekantor Bupati Dogiyai, untuk menunjukkan dan memamerkan hasil persiapan-kesiapannya.

Persiapan dan kesiapan dari peserta didik SMA Negeri 1 Dogiyai, mulai dari atribut kebudayaan, nyanyian kebudayaan sudah sangat lengkap. Ditambah lagi pohon literasi, lambang Tut Wuri Handayani yang di tancapkan pada rumah adat MEE, itu memiliki makna yang sangat dalam.

Atribut yang disediakan dan dipakai oleh peserta didik SMA Negeri 1 Dogiyai adalah, Simbol rumah adat MEE, Koteka/Bobe dan Mogee, Ukaa dan Mapega sebagai identitas suku MEE. Pawai literasi bersemboyan “Kebudayaan” ini bertujuan untuk menunjukkan identitas Orang Asli Papua, terlebih khusus Budaya Suku MEE.

Semua sekolah yang ada di Kabupaten Dogiyai telah turut berpartisipasi untuk mengikuti kegiatan ini, segala persiapan sudah matang sebab semua disediakan dari 2 hari jauh sebelum pelaksanaan.

Namun disayangkan kegiatan ini tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan direncanakan. Hal itu karena pimpinan satuan dinas penyelenggara kegiatan ini tidak sempatkan waktu untuk hadir dalam kegiatan ini.

Akhirnya semua guru dari seluruh sekolah yang ada di Dogiyai menyayangkan kegiatan yang Bermakna ini tidak berjalan sebagai mana mestinya. Begitupun semua peserta didik dari SD hingga SMA/SMK yang sempatkan waktu mengikuti kegiatan ini menyesali hal itu.

Reporter : Jhon Minggus Keiya

banner 468x60
Penulis: Jhon M KeiyaEditor: Dianus You
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90