Kreasi SMART Desa Literasi dan Tim PKK Ormawa HMPS Pendidikan Matematika FKIP UNA di Desa Air GentingTahun 2023

- Jurnalis

Rabu, 18 Oktober 2023 - 17:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Digitalisasi Desa Air Genting bersama SMART Literasi dan HMPS UNA

Digitalisasi Desa Air Genting bersama SMART Literasi dan HMPS UNA

SUARA UTAMA, Asahan- Menggali kreativitas, memberikan pemahaman dan mendorong serta mengajak  untuk berinovasi dalam dunia digital di era teknologi yang semakin maju saat ini dan menciptakan kegitan ekonomi baru pemuda remaja mesjid, siswa dan masyarakat, Berdampingan dengan hal ini SMART Desa Literasi mengadakan sosialisasi dan membuka kelas penyuluhan pembuatan ecobrik dan Pagelaran pentas seni budaya masyarakat desa dalam rangka Opening Ceremony Program SMART Desa Literasi yang diselenggarakan oleh Tim PPK Ormawa HMPS Pendidikan Matematika Universitas Asahan Tahun 2023 bertempat di Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan,Provinsi Sumatera Utara. Rabu. 18/10/2023.

Festival SMART Literasi dan Ormawa HMPS FKIP UNA

Foto Dokumentasi Desa: Festival SMART Literasi dan Ormawa HMPS FKIP UNA

PPK Oramawa FKIP UNA Buka Kelas Literasi Digital 

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 Kreasi SMART Desa Literasi dan Tim PKK Ormawa HMPS Pendidikan Matematika FKIP UNA di Desa Air GentingTahun 2023 Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kegiatan pelatihan yang menarik dan inovatif telah diadakan di Dusun V Hutaginjang, Desa Air Genting. Yang mana pada era saat ini pemuda/i  tidak asing lagi dengan media canva. Kelas literasi digital dibuka dengan melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang memang pada dasarnya merupakan salah satu program yang digait oleh Tim PPK Ormawa HMPS Pendidikan Matematika FKIP UNA tahun 2023 yang diadakan bertujuan untuk menggali kreativitas, memberikan pemahaman dan mendorong serta mengajak mereka untuk berinovasi dalam dunia digital di era teknologi yang semakin maju saat ini dan menciptakan kegitan ekonomi baru pemuda/i remaja mesjid. Air Genting (15/09/2023)

Pada kegiatan ini, pemuda/i diajak untuk mengenal lebih dekat dengan alat desain grafis canva, salah satu diantara banyaknya platform. Flatform canva digunakan karena ramah dan mudah penggunaannya bagi pemula. Dengan menghadirkan Anil Hakim Syofra, S.Pd., M.Si sebagai  pemateri, membimbing sosialisasi dan pelatihan pemuda/i mengenal fitur-fitur dasar dan mengintegrasikan atau menyelaraskan elemen serta kondimen-kondimen visual untuk menghasilkan karya yang menarik.

“Canva itu asik dan menghibur dengan canva kita dapat menuangkan dan mengeksplorasi kreativitas juga menerapkan keterampilan baru dalam menyampaikan ide dan gagasan dalam bentuk visual. Point penting dalam penggunaan canva ini kita bisa belajar tentang penyesuaian warna, elemen-elemen visual lainnya dengan mempertimbangkan desain yang bersifat estetis dan informatif. Satu hal lagi, ketika kita sudah lihai dalam penggunaannya kita bisa memanfaatkan kemampuan ini sebagai income kita nantinya.”ujar Anil  Hakim Syofra saat pemaparan materi.

BACA : Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi Lepas Kontingen Jambore Nasional Da’i Desa Madani Parmusi Sumatera Utara Tahun 2023

Diakhir, Anil Hakim Syofra menyampaikan harapannya “kalian semua sekarang ini adalah gambaran kelak dimasa yang akan datang, maka dari itu ikuti zamanmu tapi jangan tinggalkan budayamu, jadilah pelopor dalam menggunakan teknologi secara positif dan tunjukkan inovasimu serta tunjukkan bahwa teknologi bukanlah semata mengarah pada hal yang negatif tetapi juga banyak  poin-poin positif yang ada didalamnya.”

Selain mengajarkan tentang desain grafis, kegiatan ini juga mendorong kesadaran pemuda/i akan hal positif dari perkembangan teknologi untuk berinovasi dalam penyampaian ide. Para pemuda/i ini diberdayakan untuk dapat berpikir kreatif, berkreasi dan berpikir out of the box  untuk menciptakan karya yang memiliki nilai estetika dan menginspirasi.

Dengan dibukanya kelas literasi digital yang dilaksanakan melalui sosialisasi dan pelatihan ini menjadi contoh bagaimana pendidikan dapat menjadi wadah untuk menginspirasi generasi muda dan membentuk generasi masa depan yang kreatif dan memiliki daya saing di era digital  yang terus berkembang pesat.

Pentas Seni SMART Literasi dan Ormawa HMPS UNA

Foto Dokumentasi Desa : Pentas Seni SMART Literasi dan Ormawa HMPS UNA

Tim PPK ORMAWA HMPS Pendidikan Matematika FKIP Universitas Asahan Sosialisasi Literasi Digital 

BACA :  Belasan antar Komunitas dan Lembaga gelar Penyerahan Sertifikat untuk Peduli Gempa Bumi Cianjur di Pendopo Wahyun Asror dua Yogyakarta

Tim PPK ORMAWA HMPS Pendidikan Matematika FKIP Universitas Asahan melangsungkan kelas literasi digital dengan mengusung tema mendidik anak di era digital dengan penggunaan aplikasi google dan juga youtube, sasaran yang dituju oleh tim PPK ORMAWA kali ini adalah wali dari siswa salah satu sekolah yang terdapat di Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu. (15/09)

Kelas literasi digital ini merupakan salah satu bentuk kegiatan dari tim PPK ORMAWA, dengan terlaksananya kegiatan ini merupakan salah satu bentuk edukasi terhadap salah satu lapisan masyarakat yang terdapat di Desa Air Genting. Pelaksaan kegiatan ini juga merupakan wujud nyata pengabdian kepada masyarakat oleh tim PPK ORMAWA dan juga mahasiswa Universitas Asahan.

Kegiatan ini berlangsung di sekolah yang terdapat di Desa Air Genting yaitu Yayasan Pendidikan Adinda yang terletak di Dusun Satu Desa Air Genting, sasaran yang di ambil oleh tim PPK ORMAWA adalah wali murid dari siswa/i sekolah tersebut, serta Anil Hakim Syofra, S.Pd, M.Si sebagai Dosen Pembimbing Lapangan dan juga narasumber pada kegiatan kali ini.

“Materi yang saya sampaikan hari ini merupakan materi yang sangat penting dalam proses pendidian anak di era digital saat ini, saat ini tak dapat dielakkan bahwa setiap anak yang tumbuh dan berkembang tidak jauh dari jangkauan gawai ataupun hal hal berbau digital lainnya seperti televisi dan lain lain. Oleh sebab itu peranan orang tua sangat berdampak di dalam hal ini, dan apa yang terjadi dalam tumbuh kembang setiap anak adalah tanggung jawab orang tua” ujar Anil Hakim Syofra

Terlaksananya kelas literasi digital ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh tim PPK ORMAWA dalam mengatasi salah satu permasalahan yang terjadi di Desa Air Genting, salah satu permasalahan yang sangat sering terjadi di Desa Air Genting ini merupakan tingginya tingkat ketergantungan anak pada gawai, oleh sebab itu pengedukasian di lakukan oleh tim PPK ORMAWA kepada seluruh lapisan masyarakat salah satunya yaitu para orang tua. Pada kelas literasi digital yang di langsungkan, narasumber memberi banyak pandangan kepada wali murid mengenai bagaimana dampak dari penggunaan gawai pada anak.

BACA : Sutrisno Dosen dan Alumni Pertama Bergelar Doktor Fakultas Tarbiyah Sampaikan Orasi Ilmiah di IAIDU Asahan Wisuda XXX Tahun 2023

Kelas literasi digital kali ini membahas mengenai aplikasi yang jarang sekali orang tua ketahui manfaat jelas dan pasti aplikasi tersebut, pada kelas yang dilangsungkan kali ini aplikasi yang di bahas oleh narasumber adalah Google Photo dan juga YouTube Kids. Narasumber menjelaskan penggunaan dan manfaat dari aplikasi tersebut.

“Bagaimana upaya para orang tua dalam pembatasan konten konten yang tidak sesuai dengan usia anak yang menggunakan gawai?” ujar Ibu Yanti, salah satu peserta pelatihan. Sambut Anil Hakim Syofra, S.Pd., M.Si selaku narasumber “Perlu diketahui bahwa aplikasi YouTube memiliki salah satu fitur yang bernama YouTube Kids, oleh sebab itu apabila orang tua ingin memberikan izin kepada anak untuk menggunakan gawai maka dalam pendaftaran aplikasi harus menggunakan data yang sesuai dengan umur anak, sehingga aplikasi tersebut akan dengan otomatis membatasi dan menyaring konten konten yang di tampilkan”.

Dengan adanya kelas pelatihan digital kali membuktikan bahwa masyarakat Desa Air Genting memiliki antusias yang sangat tinggi mengenai cara mendidik anak di era digital saat ini, namun para orang tua tidak memiliki wadah untuk mengutarakan pertanyaan yang mereka fikirkan. Oleh karena itu tim PPK ORMAWA sangat di sambut baik oleh seluruh lapisan masyarakat Desa Air Genting dan seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan diikuti dengan sangat baik oleh seluruh masyarakat,

BACA :  Tingkatkan Literasi, Guru SDN 1 BDU dan SMPN Satap 1 RJT Ikuti Bimtek Penulisan Publikasi

Peserta kelas pelatihan digital kali ini banyak yang merupakan ibu ibu muda yang sangat antusias dalam hal mengenal parenting yang berkaitan dengan dunia era digital. Narasumber juga menjelaskan bagaimana cara para ibu mengenal dan mendidik anak dengan era digital namun tetap di dalam jangkauan yang masih dapat mereka batasi.

“Pendidikan seorang anak tidak hanya mereka dapat di area sekolah ataupun lingkungan tempat mereka bersosialisasi, namun perkembangan seorang anak dapat sangat berpengaruh dengan pengunaan gawai yang sudah sangat tidak asing lagi di era digital 4.0 dimana mereka tumbuh. Peranan orang tua kembali lagi sangat berperan penting dalam hal ini, orang tua tidak dapat berelak bahwa zaman tempat anak mereka tumbuh adalah era digital, oleh karena itu orang tua harus bisa membatasi dan juga mengawasi setiap konten yang dikonsumsi oleh anaknya, merupakan konten yang sesuai dengan usia anak, kembali saya tekankan bahwa setiap anak yang tumbuh dan berkembang adalah sebuah awal dari terbentuknya seorang pemimpin” ujar Anil Hakim Syofra di akhir penutup kelas digital.

Tim PPK ORMAWA FKIP UNA Olah Sampah plastik Jadi Ecobrick

Dampak negatif meningkatnya sampah plastik tentu harus diimbangi dengan solusi guna menekan dampak negatif yang akan terjadi. Berdampingan dengan hal ini, tim PPK ORMAWA HMPS Pendidikan Matematika FKIP UNA tahun 2023 bersama dengan program yang diusung SMART Desa Literasi mengadakan sosialisasi dan membuka kelas penyuluhan pembuatan ecobrik di Desa Air Genting sejak bulan Juli 2023 lalu. (19/9)

Kegiatan olah sampah menjadi ecobrik digagas tim PPK ORMAWA karena melihat value yang timbul dengan banyaknya limbah masyarakat yang berbahan plastik dan berserakan di lingkungan masyarakat, tim juga melihat banyaknya sumber daya masyarakat yang terdapat di Desa Air Genting. Maka pengusungan kegiatan olah sampah ini juga disebabkan oleh semkain maraknya isu mengenai lingkungan di Indonesia.

Ecobrick merupakan botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok yang nantinya digunakan kembali, dengan rancangan Tim PPK ORMAWA hasil pemanfaatan nya akan digunakan dalam pembuatan tempat duduk dan meja, maka ecobrick dapat menjadi alternatif bagi blok konvensional dalam pembuatan bangku dan meja menjadi sebuah sofa nantinya. Tim PPK ORMAWA HMPS Pendidikan FKIP UNA mengajarkan bagaimana membuat ecobrick. Pembuatan ecobrick dimulai dengan menyiapkan sampah plastik kemudian memasukkan kedalam botol plastik yang sama besar.

BACA : Pesantren Pertama Di Asahan

Proses sosialisasi kepada masyarakat, Tim membuat contoh produk ecobrick yang mudah dipelajari dengan menyiapkan kumpulan sampah plastik, botol plastik, dan sebuah tongkat. Selanjutnya sampah dimasukkan kedalam botol plastik dan ditekan dengan tongkat. Melalui koordinasi ke setiap rumah khususnya rumah warga yang memiliki usaha berdagang untuk mengumpulkan sampah plastik dan mengutipnya setiap 2 hari sekali, untuk pengerjaannya Tim PPK ORMAWA melibatkan Gen Alpha dan Gen Z Desa Air Genting sekitar serta melibatkan salah satu Yayasan Pendidikan Adinda Air Genting untuk  turut membersamai kegiatan pemanfaatan sampah plastik menjadi Ecobrik  ini.

Valentino Sihombing selaku salah satu Tim PPK ORMAWA HMPS Pendidikan FKIP UNA mengungkapkan bahwa “para warga sangat antusias dengan ilmu mengenai ecobrick. Hal ini sejalan dengan tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini adalah mengembangkan potensi desa agar lebih mandiri serta memberikan alternatif penghasilan yang lain melalui pengolahan sampah plastik menjadi benda yang memiliki nilai jual lebih”.ujarnya.

Edukasi yang di lakukan oleh Tim menimbulkan umpan positif dari masyarakat setempat, hal ini di buktikan dengan munculnya kesadaran diri di beberapa tempat di desa Air Genting untuk mengumpulkan sampah plastik. Dan juga kesadaran diri anak-anak untuk menggunting dan memasukkan setiap sampah plastik kedalam botol, hal ini juga di buktikan dengan tingkat antusias anak anak dengan datang ke posko tempat tinggal tim PPK ORMAWA setelah bermain di sore hari.

BACA :  Eksplorasi Kreativitas Melalui Pelatihan Menulis di SMP IT Citra Insani, Rawajitu Selatan

Dengan kegiatan ecobrik ini di harapkan seluruh lapisan masyarakat lebih meningkatkan kesadaran diri akan sampah yang di hasilkan baik dari limbah rumah tangga maupun konsumsi sehari-hari menimbang dampak negatif yang akan terjadi dan semakin maraknya isu mengenai lingkungan saat.

 

Pentas Seni Anak Sholeh Desa Hessa Air Genting bersama SMART Literasi dan HMPS FKIP UNA

Foto Dokumentasi Desa Air Genting : Pentas Seni Anak Sholeh bersama SMART Literasi dan Tim PPK Ormawa HMPS Pendidikan Matematika UNA 2023

Pagelaran Pentas Seni Budaya Desa Air Genting 

Pagelaran pentas seni budaya masyarakat desa Air Genting dalam rangka Opening Ceremony Program SMART Desa Literasi yang diselenggarakan oleh Tim PPK Ormawa HMPS Pendidikan Matematika Universitas Asahan Tahun 2023 bertempat di Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan memikat penonton yang hadir, Kamis (21/09/2023).

Acara yang dilaksanakan dan diusung oleh Tim PPK Ormawa dan bekerjasama dengan pemuda desa setempat melibatkan Karang Taruna Harapan Air Genting, PPKB Air Genting dan didukung pihak pemerintahan desa, Komunitas Anak Semut, perkumpulan ibu-ibu dan masyarakat dusun Se-Air Genting, PAUD Adinda Desa Air Genting serta anak-anak kelas literasi binaan PPK Ormawa turut hadir dan memeriah kan kegiatan ini yang mana pentas seni  budaya tersebut dikemas dalam bentuk  unjuk bakat dalam rentak gerak, suara dan bakat lainnya.

BACA : Presiden Buka Jamnas DDMP, Kontingen Parmusi Sumut Turut Hadir Tahun 2023

Dimulai sejak pagi hari dengan rangkaian acara yang begitu meriah dengan pelepasan balon udara sebagai simbol peresmian acara Festival SMART Desa Literasi Air Genting kemudian penanda tanganan kerja sama antara Dekan FKIP Universitas Asahan dengan Kepala Desa Air Genting dan TIM PPK Ormawa menyerahan Akta Notaris TBM Tadika Mesra kepada Pengurus Karang Taruna Harapan hingga puncak acara ceremony dan pagelaran pentas seni budaya masyarakat Desa Air Genting  dimulai sejak siang hingga malam hari ini sangat memukau penonton yang hadir. Turut hadir dan membersamai Bapak Anil Hakim Syofra, S.Pd., M.Si selaku Dosen Pembing Lapangan, Bapak Jarrodi S.E., MM selaku Kepala Desa Air Genting, perangkat desa, Bapak/Ibu Kadus Air Genting dan masyarakat yang juga turut memadati lapangan tempat acara diselenggarakkan.

Foto: Program Kelas Pelatihan/AR Learning Center adalah Pusat Pembelajaran, Pendidikan dan Pengkaderan. Lembaga AR Learning Center/Suara Utama-081232729720/Suara Utama ID

Foto: Program Kelas Pelatihan/AR Learning Center adalah Pusat Pembelajaran, Pendidikan dan Pengkaderan. Lembaga AR Learning Center/Suara Utama-081232729720/Suara Utama ID

Pembukaan yang dilaksanakan ini sekaligus memperlihatkan bakat-bakat dan kemampuan anak-anak hingga orang dewasa masyarakat Air Genting juga membuktikan bahwa generasi di desa Air Genting ini sangat mumpuni  untuk tampil di depan umum, ”Kami Tim  PPK Ormawa sejak beberapa bulan lalu sudah turun ke desa ini juga telah membuka kelas-kelas literasi seperti kelas menari, kelas bernyanyi, berpuisi, mendongeng, kampung inggris dan kelas literasi lainnya yang nantinya juga akan sama-sama kita saksikan penampilan mereka”ujar Naimah Ahmad selaku ketua Tim PPK Ormawa HMPS Pendidikan Matematika UNA 2023 dalam sambutannya.

Diakhir, ”semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar hingga selesai nantinya dan program yang telah kami bawa ke desa ini dapat berkelanjutan dihari-hari selanjutnya”tegas Naimah Ahmad.

#Kiriman Dr.Anil Hakim Sofra,M.Pd , SMART Literasi dan Tim PPK Ormawa HMPS Pendidikan Matematika UNA 2023.

Berita Terkait

Satgas Pangan Polres Tulang Bawang Lampung Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Menjelang Idul Adha 1445 H
Selenggarakan Rapim, Pemuda Muhammadiyah Kab. Bekasi Kukuhkan 15 Cabang
Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?
Rumah Zakat Dukung Qurban untuk Gaza
MODENA Peduli Pensiun
Hujan Lebat Berkepanjangan Di Sungai Meriam Membuat Warga Sempat Mengalami Mati Pemadaman Listrik
Dinas Pendidikan Tulang Bawang Larang Kegiatan Study Tour Ke Luar Daerah
532 Peserta Ikut Ujian Tertulis Calon PPS Pemilu Tahun 2024
Berita ini 17 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:07 WIB

Satgas Pangan Polres Tulang Bawang Lampung Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Menjelang Idul Adha 1445 H

Minggu, 19 Mei 2024 - 14:28 WIB

Selenggarakan Rapim, Pemuda Muhammadiyah Kab. Bekasi Kukuhkan 15 Cabang

Minggu, 19 Mei 2024 - 12:15 WIB

Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?

Sabtu, 18 Mei 2024 - 21:02 WIB

Rumah Zakat Dukung Qurban untuk Gaza

Sabtu, 18 Mei 2024 - 19:53 WIB

MODENA Peduli Pensiun

Jumat, 17 Mei 2024 - 15:55 WIB

Hujan Lebat Berkepanjangan Di Sungai Meriam Membuat Warga Sempat Mengalami Mati Pemadaman Listrik

Jumat, 17 Mei 2024 - 11:00 WIB

Dinas Pendidikan Tulang Bawang Larang Kegiatan Study Tour Ke Luar Daerah

Jumat, 17 Mei 2024 - 10:01 WIB

532 Peserta Ikut Ujian Tertulis Calon PPS Pemilu Tahun 2024

Berita Terbaru

Pendidikan

Heboh Tata Kelola Perguruan Tinggi: Apa yang Harus Kita Lakukan?

Minggu, 19 Mei 2024 - 12:15 WIB