banner 728x250

KPU Dogiyai gelar rancangan penataan dapil  dan jumlah alokasi kursi anggota DPRD pemilihan umum Tahun 2024 

IMG 20221215 132817 scaled KPU Dogiyai gelar rancangan penataan dapil  dan jumlah alokasi kursi anggota DPRD pemilihan umum Tahun 2024  Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
339 Kali Dibaca

SUARA UTAMA, Dogiyai- uji publik rancangan pemetaan daerah pemilihan (Dapil) Dan jumlah alokasi kursi anggota DPRD pemilihan umum Tahun 2024 di aula klasis Kingmi moanemani  pada Kamis, (15/12/22) di dogiyai Papua.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dogiyai melakukan Uji Publik tentang rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten Dogiyai dalam pemilihan umum Tahun 2024.

Konsultasi publik ini bertujuan untuk mewujudkan daerah pemilihan dengan keterwakilan penduduk sehingga tercipta pengalokasian kursi yang seimbang dan merata,”

Penyusunan daerah pemilihan anggota DPRD Provinsi, kabupaten/kota pada Pemilu 2024 sesuai amanat Undang-Undang No. 7  tahun 2017 Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi  Anggota DPRD KAB/Kota dan Keputusan KPU NO. 457 Tahun 2022 tentang berjumlah kursi Anggota DPRD Prov. Kab/Kota tentang Jumlah Kursi anggota DPRD Pada Pemilu 2024 sehingga penyusunan DAPIL yang kami konsultasikan hari ini menyesuaikan perkembangan jumlah penduduk, perubahan geografi, dan perkembangan wilayah administrasi pemerintahan. “Penyusunan kembali dapil tidak bisa dilakukan hanya berpijak pada Pemilu sebelumnya, tapi harus dimulai dari awal sesuai undang-undang dan prinsip Pemilu demokratis,”

Dalam penyusunan dapil berdasarkan Peraturan KPU No.06 tahun 2022 harus memperhatikan beberapa prinsip yakni kesetaraan nilai suara antar dapil, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, integritas wilayah, cakupan wilayah yang sama, memperhatikan sejarah, sosial, budaya, adat istiadat, dan kelompok minoritas atau dalam istilah yg dipakai KPU Kesetaraan Nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu proporsional, proporsionalitas, ingegritas wilayah, coterminous, kohektivitas dan kesinambungan.

Lebih lanjut, Mantan Kepala Dinas Perindag Kabupaten Dogiyai kini Anggota KPU kabupaten Dogiyai Andreas Gobay menyatakan, daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota dewan perwakilan daerah/kota dalam pemilihan umum Tahun 2024 dibagi dalam Dapil I distrik kamu, Distrik Kamu Utara dan distrik Kamu Timur dengan alokasi 9 kursi.

Penetapan dapil II distrik Kamu Selatan, Distrik Dogiyai dengan alokasi 8 kursi

dan Dapil III distrik Mapia, Distrik Piyaiye, Distrik Sukikai Selatan, Distrik Mapia Barat dan Distrik Mapia Tengah dengan alokasi 8 kursi, jelas Gobay.

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90