banner 728x250

Ini dia Khasiat Biji Jintan Hitam (ḥabbatus-sauda)

Hendaklah kalian mengkonsumsi jintan hitam, karena didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan segala penyakit (HR. Bukhari)

00f1f6e88051587a3a4bd5a5282705e9 Ini dia Khasiat Biji Jintan Hitam (ḥabbatus-sauda) Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
705 Kali Dibaca

SUARA UTAMA Tak ada sesuatu yang diciptakan Allah di dunia ini sepi dari manfaat. Dalam setiap benda, sekecil apa pun dia, pasti banyak mengandung faedah, baik yang berguna untuk benda itu sendiri, manusia, maupun bagi kehidupan dunia secara luas. Satu diantara benda yang dimaksud adalah sebuah biji berwarna hitam (baca: jintan hitam) yang bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Khasiat jintan hitam tersebut, jauh-jauh hari telah dilontarkan Nabi saw. seperti yang diriwayatkan Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah saw mengatakan, “Pada biji hitam terkandung kesembuhan dari segala penyakit kecuali maut”. (HR Bukhari).

Baca juga: Wapimred Suara Utama Ikuti Seleksi Tim Pengembangan Internasional MA

Dilihat dan namanya, wajar bila ia disebut hitam, karena ia adalah jenis biji-bijian yang memang berwarna hitam. Bentuknya seperti wijen. Selain itu ia juga mengandung banyak manfaat karena bisa dijadikan sebagai penawar.

IMG 20220414 WA0099 Ini dia Khasiat Biji Jintan Hitam (ḥabbatus-sauda) Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto: Pamflet Poster Pelatihan & Pengembangan Internal Redaksi Suara Utama/Suara Utama ID

Di Mesir, biji-bijian ini dinamakan habbah barakah (biji yang memiliki berkah),  sedang di Yaman dinamai qahthan.

Sementara di Iran disebut suwainiz, naqna’ al-ghalan dan kadang juga disebut basmah.

Mengapa jintan hitam begitu berkhasiat? Tak lain karena jintan hitam mengandung fosfat, zat besi, fosfor, karbohidrat dan minyak yang mengandung banyak khasiat. Kadar minyak tersebut kira kira 28%.

IMG 20220414 WA0098 Ini dia Khasiat Biji Jintan Hitam (ḥabbatus-sauda) Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto: Pamflet Poster Pelatihan & Pengembangan Internal Redaksi Suara Utama/Suara Utama ID

Jintan hitam juga mengandung antibiotik yang berguna untuk membasmi virus, kuman dan bakteri. Terdapat pula karoten yang bisa berfungsi sebagai anti kanker; hormon-hormon seks yang menguatkan, menyuburkan dan membikin semangat; zat pendorong produksi air seni dan empedu; serta enzim-enzim pencerna dan anti keasaman. selain itu jintan hitam juga memiliki zat penenang sekaligus penyemangat.

Baca juga: KUIPs Malaysia Beri Beasiswa Pendidikan Kuliah untuk Indonesia

Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan jintan hitam diantaranya:

RAMBUT RONTOK

Caranya, aduk tepung hitam, yang terbuat dan jintan hitam, dalam perasan air seledri, satu sendok cuka dan secangkir minyak zaitun. Gosokkan ke kepala setiap sore, kemudian cuci kepala dengan air hangat dan sabun. Lakukan ini setiap hari.

SAKIT KEPALA

Ambil tepung jintan hitam, cengkeh yang dihaluskan separuh, separuh adas manis, lalu diaduk bersama-sama. Ambil satu sendok dari larutan itu dan campurkan ke dalam yoghurt. Selain itu, urut tempat nyeri dengan minyak jintan hitam.

KUTU DAN TELURNYA

Haluskan jintan hitam, lalu campur dalam cuka hingga terlihat seperti salep. Oleskan ke kepala atau oleskan ke pangkal rambut. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih seper empat jam. Rambut jangan dicuci kecuali setelah lima jam. Ulangi cara ini setiap hari selama seminggu.

SAKIT GIGI, AMANDEL DAN PANGKAL TENGGOROKAN

Jintan hitam direbus. Lalu, gunakan air rebusannya untuk berkumur (usahakan air sampai menyentuh pangkal tenggorokan. Ini sangat bermanfaat untuk mengobati segala jenis penyakit mulut dan pangkal tenggorokan. Selain itu, minumlah satu sendok bubuk jintan hitam yang dicampur dengan air hangat.

GONDOK
Ambil bubuk jintan hitam, aduk dengan madu dan beberapa tetes royal jelly, minumlah setiap hari selama satu bulan. Insya Allah Anda akan lihat gondok mengempis secara wajar.

JERAWAT

Ambil bubuk jintan hitam, aduk dengan minyak wijen dan satu sendok tepung gandum. Pada pagi harinya, basuh dengan air hangat dan sabun. Ulang selama satu minggu. Sebaiknya Anda juga mengimbanginya dengan meminum minuman yang panas, yang dicampuri bubuk jintan hitam.

Baca juga: Ramadhan Syahrut Tarbiyah

SEGALA JENIS PENYAKIT KULIT

Ambil minyak yang terbuat dari jintan hitam, minyak mawar dan tepung gandum. Kedua minyak tersebut ukurannya sama, tapi untuk gandum dua kali lipat. Kemudian campur hingga rata sampai menjadi adonan.
Sebelum diobati, bersihkan dulu bagian yang sakit dengan kapas yang dibasahi alkohol kadar rendah, jemur di bawah sinar matahari, kemudian olesi dengan adonan itu setiap hari. Hindari hal-hal yang menyebabkan alergi seperti ikan, telor, mangga dan sejenisnya.

KUTIL

Ambil bubuk jintan hitam, aduk dengan alkohol kemudian gosokkan pada tempat tumbuhnya kutil dengan menggunakan kain wool atau katun setiap pagi dan sore selama seminggu. Atau gosoklah kutil dengan daun jarak. Setelah kering, olesi dengan minyak jintan hitam.

LUKA MEMAR

Rebus hingga matang jintan hitam. Urut pada daerah yang terkena rematik kuat-kuat seakan anda mengurut tulang. Minum pula minyak jintan hitam yang telah dipanaskan itu sambil dicampur sedikit dengan madu, sebelum tidur. Lakukan hal ini terus-menerus.

MENGHANCURKAN DAN MELARUTKAN BATU

Ambil satu cangkir jintan hitam, haluskan, kemudian campur dengan satu gelas madu. Tambahkan tiga siung bawang merah yang telah dicincang cincang. Minumlah sepertiganya sebelum makan setiap han. Ulangi ini setiap hari, namun sebaiknya setelah anda makan.

SUSAH BUANG AIR KECIL

Oleskan minyak jintan hitam pada area antara pangkal kemaluan hingga pusar sebelum tidur. Barengi dengan minum satu gelas jintan hitam yang direbus dan dicampur dengan madu. Lakukan ini setiap hari sebelum tidur.

DIARE

Ambil perasan air seledri, air yang dicampur dengan satu sendok besar air biji jintan hitam yang lelah ditumbuk. Minum tiga kali sehari sampai mampet (diare berhenti). Pada hari kedua hentikan mengkonsumsinya sampai benar-benar tidak terjadi kesulitan buang air.
Beberapa saran pengobatan tersebut tidak ada salahnya dicoba.

Semoga bermanfaat…

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90