banner 728x250

Jalan Utama Kota Jombang Tutup Di Malam Tahun Baru 2023

jombang lalin Jalan Utama Kota Jombang Tutup Di Malam Tahun Baru 2023 Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
128 Kali Dibaca

SUARA UTAMA-JOMBANG. Tahun baru merupakan tahun pergantian dengan banyak harapan. Tahun baru juga tahun perpisahan dengan banyak kenangan yang ditinggalkan. Di akhir tahun MACAN AIR ini meninggalkan banyak duka di penghujung Desember 2022, dengan banyaknya bencana alam di wilayah Indonesia dan beberapa negara seluruh dunia. Tahun baru merupakan tahun untuk refleksi dari tahun lama. Tahun baru juga determinasi tahun lama  yang memperoduk kebijakan-kebijakan jangka pendek. Ibaratnya kita adalah produk dari masa lalu untuk hidup dan memperbaiki kesalahan untuk hidup dimasa depan.

Jombang adalah salah satu kota kecil di Jawa Timur.  Jombang memiliki ketinggian 44 meter di atas permukaan laut, dan berjarak 79 km dari barat daya Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Luas wilayah kabupaten Jombang yakni 1.159,50 km². Pada tahun 2021, penduduk Jombang mencapai 1.325.914 jiwa, dengan kepadatan penduduk 1.143 jiwa/km2. Jombang memiliki posisi yang sangat strategis, karena berada di persimpangan jalur lintas utara, dan selatan Pulau Jawa (SurabayaNgawiSoloYogyakarta), jalur Surabaya-Tulungagung, serta jalur MalangTuban. Jombang dikenal dengan sebutan “Santri,” karena banyaknya institusi pendidikan Islam (pondok pesantren) di wilayahnya. Bahkan ada pemeo yang mengatakan Jombang adalah pusat pondok pesantren di tanah Jawa karena hampir seluruh pendiri pesantren di Jawa pasti pernah berguru di Jombang. Di antara pondok pesantren yang terkenal adalah Tebuireng, Denanyar, Tambak Beras, dan Darul Ulum (Rejoso). Dan ada Universitas yang berdiri tahun 1965 yang menyatukan nilai agama dan ilmiah pertama kalinya di Indonesia saat tahun 1965 yang belum ada dari tokoh nasional maupun ulama menyatukan dalam sebuah Perguruan Tinggi; Perguruan Tinggi tersebut adalah Universitas Darul ‘Ulum yang berdiri ditengah-tengah revolosi berkobar yaitu saat rame-ramenya pemberontakan PKI pada tahun 1965.

Pada tahun ini, sejak tanggal 27 Desember 2022 pemerintah Kabupaten Jombang telah mengumumkan penutupan jalan-jalan utama di Kota Jombang. Simpang 4 kawasan Wakhid Hasyim, Simpang Lembaga Pemasyarakatan, Simpang 3 Kebonrojo, Simpang 3 Perhutani, Simpang 4 RSUD Jombang, Simpang 3 Kantor DPRD, Simpang 4 Tugu, Simpang 3 Buya Hamka, Ringin Contong dan sepanjang Jl. Gus Dur, simpang 4 Haya Wuruk dan banyak lagi. Penutupnaini dimulai hari Sabtu tgl 31 Desember 2022 pukul 18.00 WIB sampai dengan Hari Minggu Tanggal 01 Januari 2023 pukul 01.00 WIB. Maka dengan adanya penutupan ini diberlakukan rekayasa lalu lintas yang masuk kota Jombang dari arah Timur melalui Simpang 4 Hayam Wuruk ke selatan. Dan yang masuk dari arah utara melalui simpang 4 Jalan RE Martadinata (Depanpasar Legi ) ke selatan. Sedangkan dari arah selatan masuk melalui simpang 4 Kereta Api Jl. Wakhid Hasyim menuju ke barat Jl. Patimura.

“Penutupan jalan ini dikarenakan ada  pasar malam di sepanjang jalan yang ditutup. Masyarakat dapat berjual beli di area yang telah ditentukan. Pembeli harus belanja dengan berjalan kaki atau bersepeda ontel. Di perkirakan ada 500 UKM lebih sektor jajajan dan minuman yang terlibat untuk meramaikan tahun baru di kota Jombang tahun ini” komentar kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jombang, Hari Utomo.

Disamping itu juga penutupan jalan dikarenakan mengantisipasi prilaku anarki generasi milineal yang biasa melakukan perayaan tahun baru dengan perbuatan yang melanggar hukum di pusat-pusat kota.

“budaya merayakan sesuatu itu wajar, pergantian tahun itu dirayakan karena keinginan melupakan masa lalu dan menggapai harapan dimasa depan untuk lebih baik….” ungkap Prof Tadjoer Sosiolog dari UNDAR Jombang.

Menjelang tahun baru ini ada sebagian teman yang berdoa dan meminta doa sebagai teradisi akhir tahun lewat sebaran Whatshap :

“Assalamualaikum wr.wb selamat tahun baru 2023 semoga di tahun ini kita tetap diberikan kesehatan, kesuksesan dan tetap semangat, lebih baik dari tahun sebelumnya. Aamiin.  Semoga kita selalu diberikan kekuatan ampunan dan ridlo Allah amiin .Dengan penuh kerendahan hati kami mohon maaf atas segala khilaf dan salah secara muril dan materil mohon keikhlasan nya lahir dan batin. Terimakasih

banner 468x60
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90