banner 728x250

Dihadiri Forpimka Kecamatan Dungkek, Pemdes Romben Guna Salurkan BLT Desa

IMG 20220916 092542 scaled Dihadiri Forpimka Kecamatan Dungkek, Pemdes Romben Guna Salurkan BLT Desa Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
165 Kali Dibaca

SUARA UTAMA, SUMENEP – Jum’at, 16 September 2022, Pemerintah Desa Romben Guna menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa yang dananya bersumber dari Dana Desa tahun Anggaran 2022. Kegiatan yang turut dihadiri Pendamping Desa, dan Forpimka Kecamatan Dungkek ini dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Romben Guna.

BACA JUGA : Ketua Pendidikan Persatuan Wartawan Republik Indonesia, Mas Andre H: Marwah Jurnalisme Ibaratkan Menjaga Harga Diri

Kegiatan penyaluran BLT-Desa ini rutin dilakukan tiap bulan dengan jumlah penerima manfaat mencapai 104 warga. Masing-masing warga setiap bulannya mendapat bantuan sebesar Rp. 300.000. Sasaran penerima BLT-Desa Romben Guna ini adalah warga yang secara perekonomian terdampak Covid-19 yang tidak penerima bantuan PKH, BPNT, BST maupun bantuan lain yang dananya bersumber dari negara.

Foto: Program Kelas Pelatihan/AR Learning Center adalah Pusat Pembelajaran, Pendidikan dan Pengkaderan. Lembaga AR Learning Center/Suara Utama-081232729720/Suara Utama ID
Foto: Program Kelas Pelatihan/AR Learning Center adalah Pusat Pembelajaran, Pendidikan dan Pengkaderan. Lembaga AR Learning Center/Suara Utama-081232729720/Suara Utama ID

Kades Romben Guna, Ibu Yunni Nurfatjrona, yang ditemui suarautama.id di sela-sela acara penyaluran BLT Desa menegaskan bahwa BLT-Desa ini sangat dirasakan manfaatnya oleh warga. Apalagi, Pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya reda menyebabkan banyak warga yang penghasilannya menurun secara signifikan. Tentu kami juga berharap agar Pandemi ini benar-benar segera berakhir dan aktifitas perekonomian warga kembali normal”

Bapak Tris Riyadi, salah satu Pendamping Desa Kecamatan Dungkek yang konsen mendampingi dan mengawal program-program desa menyampaikan bahwa BLT Desa ini merupakan amanah dari Kemendes. Setiap desa wajib mengalokasikan 40% pagu Dana Desa untuk disalurkan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai.

“Untuk Desa Romben Guna dana desa yang digunakan untuk BLT Desa mencapai 370 juta lebih. Ini tentu nominal yang relatif besar, yang disalurkan tunai langsung kepada warga”.

Selain BLT Desa, dihari yang sama, Pemdes Romben Guna juga akan menyalurkan BLT BBM kepada warga yang secara perekonomian lemah. Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk meminimalisir dampak langsung kenaikan BBM akibat pengurangan nilai subsidi. Jumlah penerima BLT BBM, menurut Ibu Kepala Desa, sekitar 400 warga yang rerata merupakan penerima bantuan PKH dan BPNT.

banner 468x60
Penulis: Admin Suara UtamaEditor: Mas Andre Hariyanto
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90