Di DPO, Saugas, ada skenario yg sedang dipakai pihak tertentu : Ini pernyataan dan himbau KNPB Dogiyai.

- Jurnalis

Jumat, 27 Mei 2022 - 20:13 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Suara Utama, Jayapura – Tim penyelidik sudah bekerja selama tiga hari sejak tanggal 18 Mei 2022. Dan hasilnya masih di nantikan oleh publik untuk diungkap secara jujur dan transparan atas peristiwa kebakaran yg terjadi 5 kali secara berturut sepanjang bulan Mei dikabupaten Dogiyai.

Siapapun pelakunya harus diungkap secara jujur dan transparan. Ini harapan semua pihak. Terutama oleh seluruh elemen masyarakat kabupaten Dogiyai, mengharapkan kepada tim penyelidik kasus kebakaran dikabupaten Dogiyai agar bekerja secara profesional dan tidak memihak kepada siapa-siapa untuk di ungkapnya.

Hal disampaikan Saugas Goo Ketua KNPB wilayah Dogiyai melalui rilis pers yg diterima Suara Utama, Jumat (27/05/2022).

Menurut keterangan tertulis yg diterima media ini, Goo menjelaskan, masyarakat juga sangat berharap agar hasil akhir dari penyelidikan tim harus di umumkan kepada publik siapapun pelakunya, dan harus dilakukan proses lanjutannya sesuai peraturan dan UU yg berlaku di negara kolonial Indonesia.

“Masyarakat menyatakan bahwa kasus kebakaran yg terjadi secara berturut dikabupaten Dogiyai ini sudah menjadi rahasia umum. Artinya, ada pihak-pihak tertentu yg sengaja bermain dengan api untuk mengacaukan situasi dan kondisi di kabupaten Dogiyai.”

Dirinya juga menyatakan mengaku kesal atas seluruh rentetan peristiwa kebakaran yg terjadi sepanjang bulan Mei.

“Kami sangat kesal atas setiap tindakan yg merugikan orang lain. Apalagi masyarakat kecil yg selalu menjadi korban pembakaran. Mereka hanya cari hidup melalui usaha kios dan lainnya untuk menghidupi keluarganya,”

Kenapa masyarakat kecil (pendatang maupun orang asli) yg selalu menjadi sasaran dari kebiadaban pihak-pihak yg tidak tahu bertanggung jawab,”Anda siapapun, pelaku pembakaran adalah setan yg merusak hidup orang lain,”kata Goo.

Lanjutnya, Goo juga menjelaskan, dirinya selalu memberikan nasehat dan saran kepada anak buahnya untuk menjaga kenyamanan dan kedamaian di Kabupaten Dogiyai.

“Untuk menjaga kenyaman dan kedamaian, kita harus kerja. Kita jangan palang jalan hanya untuk mendapatkan uang agar bisa membeli sebatang rokok.”

Kita punya tugas besar bersama rakyat untuk mengawal agenda-agenda nasional tanpa mengganggu dan merusak hidup orang lain serta menjadi panutan bagi masyarakat,”katanya.

Goo juga membantah tudingan terhadap dirinya hingga di DPO terkait rentetan kebakaran yg terjadi.

Ia menyatakan, “tindakan pembakaran yg terjadi itu bukan dari anak buah saya. Dan bukan atas perintah saya. Apalagi saya yg membakar kios-kios,”tegasnya.

Untuk menghindari tindakan-tindakan yg merugikan orang lain apalagi masyarakat kecil, Goo menyatakan, sebagai pimpinan selalu menyarankan kepada masyarakat agar tetap saling menjaga, dan melindungi.

Kami juga selalu berpesan kepada masyarakat agar Keamanan dan kedamaian harus terus dijaga sebagai sesama warga Dogiyai.

“Saya selalu tekankan kepada pemuda/i Dogiyai untuk bersekolah dan tidak menjadi anak jalanan dengan melakukan pemalangan jalan.”

Kami juga selalu memberi nasehat dan saran supaya kembali kerumah agar berkebun dengan tenaga yg ada untuk mempersiapkan agenda Nasional kita yaitu (MSN) Mogok Sipil Nasional,”tulis Goo.

Jadi siapa pelaku sebenarnya yg melakukan tindakan pembakaran kios-kios para pedagang di Moanemani, Bomomani, Idakebo dan terakhir Minggu(22/05/2022)malam. Siapa pelakunya? Dan tindakan tersebut dilakukan oleh siapa?

“Entah siapa dia, kami mau katakan bahwa ada skenario yg sedang dipakai oleh pihak tertentu terkait dengan insiden kebakaran yg terjadi beberapa kali sepanjang bulan Mei di Kabupaten Dogiyai,”katanya.

Ada beberapa hal mendasar, melihat peristiwa kebakaran yg terjadi secara berturut turut yaitu ;

1. Pihak tertentu membakar kios para pedagang dan rumah milik warga untuk merusak kesatuan dan persatuan masyarakat Dogiyai.

2. Pihak tertentu yg membakar kios pedagang dan rumah milik warga ini agar kehidupan masyarakat Dogiyai tidak aman dan damai.

3. Pihak tertentu yg membakar kios para pedagang dan rumah milik warga ini untuk menghalangi dan menggagalkan agenda nasional kami yaitu Mogo Sipil Nasional(MSN).

4. Pihak tertentu yg membakar kios para pedagang dan rumah milik warga ini untuk memuluskan jalan agar Makodim dan Mapolres hadir di Kabupaten Dogiyai.

5. Pihak tertentu yg membakar kios para pedagang dan rumah milik warga ini untuk mematahkan semangat juang dan nasionalisme orang Dogiyai untuk memperjuangkan kemerdekaannya.

6. Pihak tertentu yg membakar kios para pedagang dan rumah milik warga ini agar Otsu jilid II tetap dilanjutkan di tanah Papua.

7. Pihak tertentu yg membakar kios para pedagang dan rumah milik warga hanya untuk menghadirkan begitu banyak tentara dan polisi di kabupaten Dogiyai dengan maksud agar :
a. Makodim dan Maporles hadir
di Dogiyai.
b. Otsus jilid II tetap berjalan di
tanah papua.
c. Merusak persatuan orang Dogiyai.

Berdasarkan alasan dan ulasan-ulasan yg dikemukakan diatas ini, maka kami KNPB kabupaten Dogiyai dengan tegas menyatakan bahwa :

1. Dengan dasar dan bukti apa anda menetapkan saya Saugas Goo sebagai DPO melalui poster yg ditempel didua tempat yg berbeda di Dogiyai.

2. Rakyat Dogiyai dan semua pihak harus memberikan kesempatan yg besar kepada pihak penyidik kasus kebakaran untuk menyidik dan mengungkap pelaku yg bermain dengan api.

3. Menegaskan bahwa siapapun pelaku dan otak dibalik semua kejadian kebakaran ini harus diungkap sejujurnya.

4. Menyatakan dengan tegas bahwa pelaku dan otak dibalik peristiwa di Dogiyai harus diungkap ke publik siapapun pelakunya.

5. menyatakan dengan tegas siapapun pelakunya dibalik kejadian kebakaran yg merugikan rakyat kecil harus diungkap sejujur-jujurnya dan dihukum sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yg berlaku di negara kolonial Indonesia.

Oleh karenanya kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Dogiyai bahwa ;

Yang pertama, Masyarakat Dogiyai itu pintar( baik pendatang dan asli). Masyarakat Dogiyai tidak terpancing dan tidak terprovokasi dengan poster yg ditempel pada dua tempat yg berbeda oleh pihak yg ingin agar Dogiyai kacau.

Masyarakat yg pintar harus bertahan diri dan menyaksikan berbagai aksi yg dipertontonkan oleh pihak yg tidak tahu bertanggung jawab. Kita harus diam karena kita tidak bersalah. Mereka akan dipermalukan dengan sikap tenang dan sikap diam kita. Kita nonton permainan mereka sambil bekerja ditempat kita masing-masing.

Yang kedua, Persiapkan diri kita masing-masing; simpan energy dan tenaga, bekerja dikebun dengan buka lahan baru, dan persiapkan apa yg perlu dipersiapkan untuk menghadapi agenda nasional kita.

Demikian tanggapan kami atas kasus yg dihadapi masyarakat Dogiyai(pendatang dan orang asli), dan juga terhadap poster yg menyatakan saya, Saugas Goo sebagai DPO(Daftar Pencarian Orang) oleh oknum atau pihak-pihak yg tidak tahu bertanggung jawab. Sekian dan terimakasih.

Dogiyai, 27 Mei 2022



Ketua KNPB
Kabupaten Dogiyai


Saugas Goo

BACA JUGA :  Lebaran : Arus Balik Wonosobo menuju Jakarta dan Semarang

Berita Terkait

Qurban dan Makna Keikhlasan di Universitas Ibnu Chaldun
Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78,  Polres Ngawi Gelar Lomba Hias Perahu di Waduk Sangiran Bringin
Polres Bengkayang Serahkan 5 Ekor Sapi dan 3 Kambing Kurban
Langgar Kesepakatan, Nelayan Tepeleo Hentikan Tuqboat Yang Melintasi Perairan Patani Utara dan Patani Timur
Idul Adha 1445 H : Penyembelihan Hewan Kurban Wujud Taqwa & Syukur
Ta’lim Mutaalim, Bagaimana Mengagungkan Ilmu, Ahli ilmu & Ustadz
Idul Adha 1445H Petambak Dipasena Lampung Sembelih 26 Sapi dan 123 Kambing Kurban 
Masyarakat Samarinda Antusias Berqurban pada Hari Raya Idul Adha 2024
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:26 WIB

Qurban dan Makna Keikhlasan di Universitas Ibnu Chaldun

Selasa, 18 Juni 2024 - 14:56 WIB

Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78,  Polres Ngawi Gelar Lomba Hias Perahu di Waduk Sangiran Bringin

Selasa, 18 Juni 2024 - 12:52 WIB

Polres Bengkayang Serahkan 5 Ekor Sapi dan 3 Kambing Kurban

Selasa, 18 Juni 2024 - 08:31 WIB

Langgar Kesepakatan, Nelayan Tepeleo Hentikan Tuqboat Yang Melintasi Perairan Patani Utara dan Patani Timur

Senin, 17 Juni 2024 - 20:24 WIB

Ta’lim Mutaalim, Bagaimana Mengagungkan Ilmu, Ahli ilmu & Ustadz

Senin, 17 Juni 2024 - 20:12 WIB

Idul Adha 1445H Petambak Dipasena Lampung Sembelih 26 Sapi dan 123 Kambing Kurban 

Senin, 17 Juni 2024 - 19:03 WIB

Masyarakat Samarinda Antusias Berqurban pada Hari Raya Idul Adha 2024

Senin, 17 Juni 2024 - 15:27 WIB

Panitia Qurban Masjid Taqwa Banjar Agung Udik Tanggamus Bagikan 210 Paket Daging Qurban 

Berita Terbaru

Artikel

Qurban dan Makna Keikhlasan di Universitas Ibnu Chaldun

Selasa, 18 Jun 2024 - 15:26 WIB

Berita Utama

Polres Bengkayang Serahkan 5 Ekor Sapi dan 3 Kambing Kurban

Selasa, 18 Jun 2024 - 12:52 WIB